MENU TUTUP

Kasrem 172/PWY Ajak Masyarakat Papua Kembali ke Pangan Lokal Sagu

Senin, 22 Juni 2020 | 04:15 WIB / Andi Riri
Kasrem 172/PWY Ajak Masyarakat Papua Kembali ke Pangan Lokal Sagu Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi berpose bersama Kadis KLH Papua, Jan Jap Ormuseray dan Ketua Komunitas Pegiat Sagu, Marshal Suebu, Minggu (21/6)/ dok.Penrem172

SENTANIwartaplus.com – Sejumlah aktivis lingkungan di Papua menggagas  21 Juni sebagai perayaan Hari Sagu yang sudah dimulai sejak tahun 2017. Pada perayaan yang ke-IV tahun ini diselenggarakan di Lahan Wisata Alam Hirosi, Distrik Sentani , Kabupaten Jayapura, Minggu (21/6).

Mewakili Danrem 172/PWY, Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi, S.IP., M.M. saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan agar masyarakat Papua dapat memanfaatkan pangan lokal.

“Dimasa Pandemi covid-19 ini, berdampak pula dengan kelangkaan dan harga bahan makanan pokok di pasaran. Hal ini seharusnya tidak menjadi permasalahan bagi masyarakat Papua. Karena kita memiliki hasil kekayaan alam yang melimpah," ujar Kasrem.

Menurutnya, Papua memiliki lahan yang sangat luas sehingga masyarakat perlu diedukasi untuk kembali bertani menanam bibit-bibit pangan lokal, baik yang berjangka panjang maupun berjangka pendek.

Selaras dengan tema perayaan hari sagu IV tahun ini Kembali Ke Sagu, pihaknya mengajak masyarakat kembali memanfaatkan pangan lokal khususnya Sagu. 

“Sagu merupakan makanan pokok sejak dulu bagi masyarakat Papua. Sagu juga merupakan sandang, pangan, papan, air dan energy. Untuk itu mari kita bukan hanya menebang, namun juga menanam untuk anak cucu kita di masa depan," kata Kasrem. 

Pihaknya berharap agar masyarakat juga dapat mengembangkan sagu sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Kita harus bisa memperkenalkan bahkan mengembangkan sagu sehingga bisa di jual ke daerah lain atau bisa di ekspor dan menjadikan sagu sebagai daya tarik dari Papua”, ujar Kasrem.  

“Saya juga berharap hal baik ini bisa menjadi perhatian bagi para anak muda sebagai generasi penerus untuk bisa mencintai dan mengembangkan potensi dari daerah khususnya sagu untuk ketahanan pangan di Papua”, tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Yan Yap L. Ormusrray, S.H., M.Si., mengatakan dukungan dari pemerintah provinsi Papua untuk sagu sangat besar karena sagu dianggap sebagai tanaman yang hidup di hutan alam, sehingga sagu menjadi prioritas utama di bidang pertanian.

“Jangan malu dengan sagu karena sagu ini luar biasa, saat ini sagu sudah dikembangkan di bagian selatan Papua, Merauke, Mappi yang bibitnya diambil dari hutan sagu. Jika kita menanam sagu kita bisa mendapatkan banyak air berbeda dengan kelapa sawit yang banyak menghisap air. Jadi mari kita tanam sagu supaya kita tidak mengalami kekeringan”, ujar Yan.

Turut hadir, Kepala BPTP Papua Dr. Ir. Martina Sri Lestari MP,  Kasibinjas Dispers Lanud Silas Papare Letkol Kes Alwi, Kasatbimnas Polres Jayapaura AKP Sutardi,  S.H., M.H., Ketua Komunitas Penggiat Sagu Marshal Suebu, S.Sos, M.Si.**


BACA JUGA

Peringati Hut ke-78, Persit KCK Koorcab Rem 172 Sumbang 519 Kantong Darah

Selasa, 05 Maret 2024 | 19:18 WIB

Kompetisi Liga Topskor U-15 Papua Resmi Digelar

Minggu, 19 November 2023 | 11:07 WIB

Hadiri Syukuran HUT ke-60 Korem 172/PWY, Pangdam Tekankan Antisipasi Ancaman Krisis Pangan

Selasa, 07 November 2023 | 19:06 WIB

Aksi Donor Darah Korem 172/PWY, Peringati Hut ke-60

Jumat, 03 November 2023 | 19:11 WIB

Korem 172/PWY Gelar Pelatihan Kader Warga Terlatih Untuk Generasi Muda Papua

Selasa, 24 Oktober 2023 | 14:19 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

6 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

6 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

8 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

9 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

9 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com