MENU TUTUP

Pimpin Apel Siaga Bencana, Kapolres Puncak Jaya Tekankan Hal Ini

Rabu, 11 November 2020 | 19:29 WIB / Andi Riri
Pimpin Apel Siaga Bencana, Kapolres Puncak Jaya Tekankan Hal Ini Kapolres Puncak Jaya, AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM pimpin apel siaga bencana, Rabu (11/11)/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Guna menghadapi dan mengantisipasi terjadinya bencana alam jelang akhir tahun, Polres Puncak Jaya gelar Apel Kesiapsiagaan dipimpin Kapolres AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM, berlangsung di halaman apel Mapolres Puncak Jaya, Pagaleme, Rabu (11/11).

Hadir dalam apel, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, M.AP, MM, bersama jajaran Muspida setempat, para pejabat Eselon, perwakilan TNI Polri, ormas, denominasi gereja dan masjid, serta para pelajar.

Kapolres Puncak Jaya AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM dalam amanatnya mengatakan kegiatan apel berdasarkan telegram Kapolda Papua Nomor ST/982/XI/Ops.2/2020 tanggal 6 November 2020 tentang pelaksanaan Apel kesiapsiagaan bencana alam.

Kegiatan ini merupakan wujud kesiagaan Puncak Jaya dalam mengantisipasi potensi bencana alam terutama memasuki akhir tahun dengan ancaman badai "la nina" dan intensitas curah hujan yang tinggi. 

Dengan Medan yang berada di ketinggian seperti banjir maupun tanah longsor, Puncak Jaya juga tercatat memiliki peluang bencana alam. 

“Secara geografis Kabupaten Puncak Jaya yang berbukit atau berupa lembah-lembah yang dimana curah hujan yang tinggi tidak menutup kemungkinan dapat terjadinya bencana alam baik berupa banjir ataupun tanah longsor," kata Kapolres

Apalagi ditambah karakteristik masyakat dalam hal berkebun atau membuka lahan kebun masih seringkali dengan cara membakar dan menebang hutan, hal ini memang masih dilematis. 

Melalui kegiatan apel ini, semua pihak termasuk elemen masyarakat bahkan rekanan/kontraktor baik PT. Modern, PT. Irwan Sejahtera, PT. Nikita yang memiliki alat berat dengan harapan semua komponen ini ada kesatuan tindak, ada satu persepsi yang sama dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam

Peran tokoh agama dari berbagai Denominasi Gereja dan Masjid juga berperan dengan senantiasa memberi dukungan do'a agar di daerah ini terhindar dari bencana. 

"Disaat ini juga kita harus bersyukur bahwa sampai saat ini daerah kita masih tergolong zona hijau dari Covid-19 dan diharapkan kedepannya akan terus seperti ini" ucapnya. 

Kapolres juga berharap dan meminta kepada seluruh Kepala Distrik dan jajarannya serta personil BPBD agar segera memetakan dan mengidentifikasi wilayah ataupun lokasi-lokasi yang rawan bencana alam. Dirinya meminta sinergi aktif dari semua pemangku kepentingan yang jadi 

"Mari kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga lewat kuasanya Daerah kita dibebaskan dari segala marabahaya dan dimudahkan dalam mengantisipasi bencana. Tingkatkan dan terus pertahankan sinergitas antara para pemangku kepentingan yang sudah berjalan dengan baik," tutup Kapolres. (Adv)

 

 


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

1 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

15 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

16 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

16 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

23 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com