MENU TUTUP

Polres Merauke Latih Warga Membuat Kancing Baju dari Batok Kelapa

Senin, 16 November 2020 | 20:49 WIB / Andi Riri
Polres Merauke Latih Warga Membuat Kancing Baju dari Batok Kelapa Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum megajarkan warga cara membuat kancing pakaian dari batok kelapa/dok.Humas Polda Papua

MERAUKEwartaplus.com – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum bersama sejumlah anggota memberikan pelatihan home industri cara membuat kancing pakaian dari bahan baku batok kelapa kepada warga setempat.

Pelatihan berlangsung di rumah dinas Kapolres, Senin (16/11)

Kegiatan pelatihan home industry ini bertujuan untuk mensejahterakan warga Merauke khususnya orang asli Papua.

Kapolres Merauke dalam kesempatanya mengajak warga di Merauke untuk mengasah keterampilan dengan memanfaatkan limbah kelapa menjadi kancing baju. 

"Dalam pelaksanaanya saya turun langsung mengajarkan warga cara membuat kancing pakaian dari limbah kelapa agar menjadi produk unggulan," ujar Kapolres.

Pemanfaatan limbah itu dengan mengajak warga untuk terlibat di dalamnya. Satu buah kelapa dapat memiliki nilai jual hingga Rp500.000 bila memiliki corak yang bagus.

"Kancing pakaian (baju) yang terbuat dari limbah kelapa itu mempunyai nilai jual yang tinggi bahkan mempunyai nilai ekspor.  Kita akan kembangkan usaha ini yang melibatkan warga Papua," terang Kapolres. 

Dalam pelatihan dasar, diajarkan cara membuat kancing pakaian, mulai dari membersihkan batok kelapa, hingga mencetak batok menjadi sebuah kancing pakaian. 

Sementara itu, warga saat antusias mengikuti pelatihan dan memberikan apresiasi kepada Kapolres Merauke yang dengan rendah hati mau mengajarkan pelatihan home industry.Semoga usaha home industry ini tetap berlanjut dan menambah kesejahteraan warga di Merauke.**

 

 


BACA JUGA

TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

17 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com