MENU TUTUP

Lima Dewan Adat Sentani Siap Dukung Billy Suwae di Pilkada Jayapura 2022

Selasa, 26 Januari 2021 | 18:46 WIB / Andi Riri
Lima Dewan Adat Sentani Siap Dukung Billy Suwae di Pilkada Jayapura 2022 Billy Tonny Yan Zacheus Suwae (depan baju biru) bersama perwakilan lima dewan adat sentani saat memberikan keterangan pers, Selasa (26/01)/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Lima Dewan Adat Suku Sentani (DASS) di Kabupaten Jayapura, Papua memberikan dukungan kepada Billy Yan Tonny Zacheus Suwae untuk maju sebagai calon Bupati Kabupaten Jayapura periode 2022 - 2026.

Sebelumnya, sejumlah tokoh masyarakat adat di wilayah pesisir Tanah Merah juga bersepakat mendukung Billy yang diketahui merupakan anak mantan Bupati Jayapura dua periode, Habel Melkias Suwae

Pernyataan sikap dukungan Dewan Adat Suku Sentani (DASS) di Kabupaten Jayapura disampaikan dalam konferensi pers,  Selasa (26/01) di Sentani.

“Kami yang bertandatangan dibawah ini adalah Dewan Adat Suku Sentani (DASS) Distrik Kaureh, Diskrtik Yapsy, Distrik Unurum Guay, Distrik Airu dan Distrik Moi Kabupaten Jayapura, dengan ini menyatakan siap mendukung anak kami Billy Tonny Yan Zacheus Suwae untuk maju sebagai calo Bupati Jayapura 2022 – 2026,” tegas Ketua DASS Distrik Yapsi, Robertus Urumban

Ia menjelaskan, Billy Suwae adalah putra keempat dari almarhum Dr Habel Melkias Suwae, SSos, MM, mantan Bupati Jayapura periode 2001 – 2011 yang diyakini dan dipercaya dapat melanjutkan apa yang pernah dikerjakan oleh almarhum bapaknya sewaktu menjabat sebagai Bupati Jayapura dua periode. 

Pernyataan sikap itu, ditandatangani oleh Ketua DAS Kau Kabaku Distrik Airu, Koreneles Hurahuran, Ketua DASS Distrik Yapsy, Robertus Urumban, Ketua DASS Distrik Kaureh, Matius Bogogo, Ketua DASS Orya, Matias Sanggra dan Ketua DAS Moi, Nicodemus Yoboisembut. 

Ketua DASS Kaukabaku Distrik Airu, Korneles Hurahuran menambahkan, jika pihaknya siap mendukung Billy Suwae untuk maju dalam Pilkada di Kabupaten Jayapura. 

“Billy Suwae adalah anak adat Sentani. Dia adalah anak dari Tokoh Pemberdayaan Kampung dan Bapak Pembangunan Kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae,” kata Korneles. 

Senada disampaikan Robertus Urumban, Ketua DASS Distrik Yapsy mendukung putra HMS itu untuk mencalonkan sebagai Bupati Jayapura periode 2022 – 2026. 

“Selaku ketua DASS tetap memberikan dukungan kepada anak-anak Tabi yang punya niat untuk membangun wilayah Kabupaten Jayapura ini, melalui hati,” ujarnya. 

Lanjutkan Visi Misi HMS

Robertus menjelaskan sebagai Dewan Adat Sentani siap memberikan dukungan Billy Suwae untuk melanjutkan visi misi dari HMS dan Bupati Matius Awoitauw untuk meneruskan jati diri adat, sehingga adat betul-betul diakui di pusat.

“Kami melihat HMS dan Matius Awoitauw sebagai anak asli Jayapura sudah teruji dan terbukti membangun daerah ini, baik wilayah 1, 2, 3 dan 4. Artinya, anak asli Jayapura mampu menjadi tuan di negerinya sendiri, sehingga apa yang dirintis oleh HMS, dapat dilanjutkan oleh Billy Suwae dan sinkron dengan visi misi Bupati Awoitauw, sehingga akan lebih mempertajam lagi,” jelas Robertus panjang lebar

Ketua DASS Kaureh, Matius Bogogo memberikan dukungan kepada putra keempat tokoh Papua, HMS ini untuk maju dalam bursa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jayapura pada 2022.

“Saya pribadi dan secara adat, kami mendukung penuh kepada Billy Suwae untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura pada Pilkada nanti,” ujarnya. 

Ia berharap Billy Suwae dapat melanjutkan program pemberdayaan kampung yang telah dirintis oleh ayahnya, HMS dan pembangunan tanaman kakao. 

Matius juga berharap Billy Suwae dapat melanjutkan program yang juga telah dirintis oleh Bupati Mathius Awoitauw yakni program kampung adat, membangun jati diri adat di Kabupaten Jayapura ke depan.

“Kalau anak-anak dari tempat lain, tentu tidak akan dapat meneruskan itu. Tapi khususnya anak-anak Tabi, dia akan melanjutkan program itu, baik program pemberdayaan kakao, pemberdayaan hak masyarakat adat ditindaklanjuti dan kampung adat, sehingga sebagai tokoh adat kami mendukung anak Billy Suwae,” imbuhnya. 

Ketua DASS Orya Distrik Unurum Guay, Matias Sanggra juga mendukung Billy Suwae untuk maju sebagai calon Bupati Jayapura agar dapat melanjutkan visi misi dari Bupati Mathius Awoitauw dan HMS. 

“Kami harap ini bisa dilanjutkan, baik pembangunan kampung maupun adat serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui gerakan menanam kakao,” ujarnya. 

Ia berharap nantinya bisa meningkatkan kinerja para kepala distrik dan ASN, tidak hanya makan uang negara saja, tetapi harus menunjukkan kinerja dalam pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan di Bumi Kenambay Umbay, agar lebih maju ke depan.**


BACA JUGA

TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

22 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

22 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com