MENU TUTUP

Rapat Evakuasi: Masyarakat Lokal Diminta Bantuan Cek Kebenaran Tewasnya 8 Karyawan PTT di Puncak

Sabtu, 05 Maret 2022 | 07:49 WIB / Andi Riri
Rapat Evakuasi: Masyarakat Lokal Diminta Bantuan Cek Kebenaran Tewasnya 8 Karyawan PTT di Puncak Rapat evakuasi penyelamatan dan pengamanan 9 karyawan PTT yang dipimpin Ka Ops Satgas Nemangkawi dan Dandim 1714/PJ beserta jajaran di Timika, Jumat (04/03)/dok:Pendam17

TIMIKAwartaplus.com - Aparat TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz menggelar rapat evakuasi penyelamatan dan pengamanan terhadap 9 karyawan PT.Palapa Timur Telematika (PTT) yang diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Kago, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (02/03) dini hari.

Dalam insiden tersebut, delapan orang dikabarkan tewas dan satu lainnya selamat.

Kepala Operasi (Ka Ops) Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol M.Firman kepada wartawan usai memimpin rapat di Timika, Jumat (04/03) mengatakan, pihaknya tengah menyusun skenario evakuasi penyelamatan. Namun pihaknya harus memastikan dulu kondisi para korban.  

"Melalui Kapolda Papua dan juga Bupati Puncak, kita sudah meminta masyarakat lokal disana untuk membantu menyisir lokasi kejadian, untuk mengecek kebenaran adanya korban meninggal dan selamat," ungkap Firman.

Pihaknya juga telah menggelar rapat bersama perusahaan PTT untuk proses evakuasinya. Menurut Firman, faktor cuaca, medan yang berat di ketinggian 3000 Mdpl dan jaringan komunikasi yang sulit menjadi kendala evakuasi. 

"Medannya tidak bisa ditempuh dengan jalur darat, hanya bisa menggunakan pesawat. Memang ada beberapa skenario, ini juga masih kita rapatkan untuk evakuasinya," jelasnya.

"Kalau betul ada korban meninggal 8 orang, maka kita ada satu mobilisasi evakuasi kita juga pastikan perlu penambahan personil," jelasnya lagi.

Firman juga mengaku belum bisa berkomunikasi dengan satu orang yang dinyatakan selamat.

Sementara itu terkait situasi terkini di lokasi kejadian, Firman mengaku relatif terkendali. Sudah ada pasukan gabungan TNI Polri yang digeser ke lokasi untuk menutup pergerakan kelompok kriminal bersenjata ini.

Diberitakan sebelumnya, terjadi penyerangan terhadap karyawan PTT yang tengah mengerjakan proyek perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan persnya, Kamis (03/03) mengatakan bahwa penyerangan tersebut diketahui ketika salah satu karyawan PTT yang kemudian menghubungi aparat keamanan via telpon.

"Penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap karyawan Palaparing Timur Telematika (PTT) terjadi pada Rabu 2 Maret 2022 di Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel "CO 53M 756085 9585257" di Wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, namun baru diketahui hari ini," kata Kamal.

Ia menjelaskan, dari sembilan pekerja seorang diantaranya berhasil selamat karena saat kejadian sedang tidak berada di Kamp.

"Saat kembali dia melihat rekan-rekannya sudah meninggal dunia, sekira pukul 13.00 WIT saksi meminta bantuan penyelamatan melalui CCTV Tower BTS 3. Kemudian pukul 16.00 WIT baru termonitor di CCTV Pusat PTT di Jakarta,” jelasnya.

Dari penyerangan tersebut delapan orang di laporkan meninggal dunia dan satu orang selamat. "Korban yang meninggal dunia yakni berinisial B, R, BN, BT, J, E, S dan PD. Sedangkan satu korban selamat berinisial NS," ujar Kabid Humas.

Saat ini para korban masih berada di lokasi kejadian, dan belum bisa dilakukan evakuasi dikarenakan terkendala cuaca. Karena untuk sampai di lokasi hanya bisa melalui jalur udara.

“Pihak Perusahaan PT. Palapa Timur Telematika (PTT) sudah mengevakuasi karyawan yang berada di BTS 4. Sedangkan untuk di BTS 3 belum bisa dilakukan karena terkendala cuaca,” kata Kamal.

Pihak Polres Puncak saat ini sudah membentuk tim untuk menuju ke lokasi kejadian, guna membantu proses evakuasi dan melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait kasus tersebut.**

 


BACA JUGA

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Malam Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 di Kota Solo

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:49 WIB

KKB Kembali Berulah, Tembak Mati Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jumat, 17 Mei 2024 | 23:29 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Puncak Perayaan Hut Dekranas dan HKG di Solo

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:52 WIB

Terungkap Pelaku Pembunuh Danramil Aradide Sering Dibantu Sembako oleh Korban

Senin, 13 Mei 2024 | 10:15 WIB

Trauma dengan Teror KKB di Pegunungan Bintang, Puluhan Warga Mengamankan Diri ke Jayapura

Sabtu, 11 Mei 2024 | 19:07 WIB
TERKINI

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Malam Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 di Kota Solo

5 Jam yang lalu

Aksi Penghijauan di Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di Kabupaten Mimika

14 Jam yang lalu

Faturachman Resmi Dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua

16 Jam yang lalu

Hak-Hak Masyarakat Hukum Adat di Wilayah Tanah Papua

18 Jam yang lalu

KKB Kembali Berulah, Tembak Mati Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com