MENU TUTUP

Ketua LMA Mee Pago: Pemekaran DOB Seharusnya Sejalan Dengan Visi Misi Pembangunan

Rabu, 27 April 2022 | 11:18 WIB / Cholid
Ketua LMA  Mee Pago: Pemekaran DOB Seharusnya Sejalan Dengan Visi Misi Pembangunan Ketua LMA Mee Pago Germanus Goo/Istimewa

NABIRE,wartaplus.com - Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Mee Pago menyatakan sikap mendukung pemekaran daerah otonom baru (DOB) guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua.

Demikian pernyataan ini disampaikan oleh Ketua LMA Mee Pago Germanus Goo di Nabire, Senin (26/4/2022) guna menyikapi persoalan kekinian terkait pemekaran DOB di Bumi Cenderawasih. "Kami dukung DOB," katanya.

Namun, kata dia, pemekaran DOB seharusnya sejalan dengan visi misi pembangunan yang digaungkan, dimana para kepala daerah atau bupati dan wali kota lebih dekat dengan masyarakat sehingga bisa memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

"Misalnya, masih ada jalan dan jembatan yang perlu dibangun, gedung sekolah dan sarana kesehatan," katanya mencontohkan.

Soal adanya penolakan terkait DOB, Germanus Goo sampaikan itu merupakan hal yang lumrah dalam negara demokrasi, sehingga setiap orang berhak mengemukakan aspirasi atau pendapat dan tak perlu dipandang sebagai hal yang tidak sejalan.

"Bisa saja, kami juga ingin sampaikan sejumlah kekurangan karena pemekaran atau DOB butuh banyak saran dan masukan, sehingga apa yang akan dijalankan bisa maksimal," ujarnya.

"Kami juga mendukung pembangunan di Kabupaten Dogiyai dan pemekaran wilayah. Selain itu, kami ingin dorong agar ada Kantor Polres Dogiyai segera dibangun serta kesiapan SDM-nya untuk mendukung dan menjaga keamanan di Monamani," tambah Germanus Goo.

Senada itu, Anadatus Goo salah sagu tokoh pemuda yang vokal juga mengaku mendukung pemekaran DOB dan meminta pihak keamanan untuk memberantas peredaran minuman beralkohol ilegal di Moenamni, "Karena alkohol atau minuman keras telah  merusak generasi muda saat mabuk dapat bertindak kriminal," pinta Anadatus Goo.

Belum lama ini, DPR RI telah menyetujui pemekaran DOB di Provinsi Papua dengan memekarkan menjadi Provinsi Papua Tengah, Provinsi Pegunungan Tengah dan Provinsi Papua Selatan.*


BACA JUGA

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

Kamis, 18 April 2024 | 18:59 WIB

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

Kamis, 18 April 2024 | 18:48 WIB

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

Kamis, 18 April 2024 | 04:58 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

22 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com