MENU TUTUP

Penjabat Gubernur Papua Barat Melaksanakan Ibadah Syukur di Pulau Mansinam

Minggu, 22 Mei 2022 | 08:12 WIB / Roberth
Penjabat Gubernur Papua Barat Melaksanakan Ibadah Syukur di Pulau Mansinam Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw, M.Si dan ibu Roma Megawanti Pasaribu mengikuti ibadah syukur di Gereja  Lahai Roi Mansinam, Minggu (22/5/2022) pagi/Tim Media PJGPB

MANSINAM,wartaplus.com -  Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw, M.Si dan ibu Roma Megawanti Pasaribu melaksanakan ibadah syukur atas pelantikan jugabsertijab yang sudah dilalui yang dihadiri ratusan jemaat. Ibadah dilaksanakan di Gereja  Lahai Roi Mansinam, Minggu (22/5/2022) pagi. 

Walau hujan mewarnai ibadah syukur ini jemaat tetap khusyuk menjalankan ibadah. Hadir juga Fokompinda, pimpinan organisasi perangkat daerah,  para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan masyarakat yang mendiami pulau Mansinam.


Foto: Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw memegang payung berjalan ditengah hujan  menuju tempat ibadah/Tim Media PJGPB

Pulau yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Manokwari adalah saksi sejarah dimana sebuah peradaban baru dimulai di pulau ini, Manokwari, dan pada akhirnya menyebar hingga ke seluruh daratan Papua. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Papua tidak akan mengenal modernisasi bila para misionaris tidak menginjakkan kaki di Pulau Mansinam.

Pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang misionaris asal Jerman yang bernama Carl Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki di wilayah Papua untuk pertama kalinya.

Mereka sampai di pulau Mansinam setelah sebelumnya melakukan pelayaran panjang dan singgah di Batavia, Makasar, serta Ternate.

Sebagai misionaris, tugas utama mereka adalah memberitakan kabar baik yang tertulis di dalam Injil, namun di dalam pelaksanaannya mereka dituntut juga untuk dapat beradaptasi dan membaur dengan masyarakat setempat yang ketika itu masih sangat primitif. Hari demi hari pun berlalu dan pelayanan kasih Ottouw-Geissler terus berlanjut, hingga mereka benar-benar jatuh hati pada Mansinam serta penduduknya.

Banyak peninggalan bersejarah terkait keberadaan Ottouw-Geissler yang dapat ditemui di Pulau Mansinam. Dimulai dari sebuah salib tugu peringatan masuknya Injil di tanah Papua, ia berdiri begitu indah dan mempunyai prasasti bertuliskan bahasa Jerman dengan penjelasan bahwa Ottouw-Geissler adalah misionaris pertama yang tiba di Mansinam pada tanggal 5 Februari 1855.

Setiap tahun pada tanggal 5 Februari, ribuan orang dari penjuru Papua datang ke tempat ini untuk mengadakan perayaan memperingati kedatangan Ottow dan Geissler.*









BACA JUGA

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB

Ratusan ASN Pemprov Papua Berunjuk Rasa Tuntut Penjabat Gubernur dan Penjabat Sekda Papua Dicopot

Selasa, 26 Maret 2024 | 00:47 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB

Calon Gubernur Papua Harus Sosok Yang Peka Terhadap Kondisi Masyarakat Baik Ekonomi Hingga Sosial

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:10 WIB
TERKINI

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

7 Menit yang lalu

Perempuan Tangguh di Garda Terdepan Pertambangan PTFI

2 Jam yang lalu

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

6 Jam yang lalu

Danlanud Silas Papare Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara

6 Jam yang lalu

Bantu Kembangkan UMKM Mama Papua, Polres Jayapura Bangun Galeri Kerajinan Noken

7 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com