MENU TUTUP

Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura Telan Anggaran Sebesar Rp 9,3 Milliar

Senin, 11 Juli 2022 | 11:16 WIB / Andy
Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura Telan Anggaran Sebesar Rp 9,3 Milliar Asisten III Pemerintah Provinsi Papua, Derek Hegemur didampingi Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat membuka Porkab II di Stadion Barnabas Youwe Sentani pada Minggu sore/Istimewa

SENTANI,wartaplus.com - Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura II resmi dibuka oleh Asisten III Pemerintah Provinsi Papua, Derek Hegemur didampingi Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di Stadion Barnabas Youwe Sentani pada Minggu (10/07/2022) sore.

Mewakili Gubernur Lukas Enembe, Derek Hegemur memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang menggelar Porkab II tahun 2022. Menurutnya, Porkab II yang dilakukan merupakan bagian dari komitmen bersama untuk menjadikan provinsi papua sebagai provinsi olahraga.

“ Sejak dulu atlet asal Papua terkenal karena memiliki bakat alam dalam bidang olahraga, oleh karena itu, bakat alam itu harus mendapat sentuhan iptek supaya yang tadinya hanya memiliki bakat alam berubah menjadi atlet yang tangguh dan memenuhi standar olahraga internasional,” ujarnya.

“Pemprov terus berkomitmen untuk memajukan olahraga di Papua karena kedepan kita ingin memperkenalkan papua melalui olahraga, seni dan budaya,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Mathius Awoitauw, menyebut Porkab II ini sabagai wadah untuk menjaring atlet-atlet potensial untuk dipersiapkan menuju Porprov bulan November mendatang.

“ Ini ajang yang harus kita lestarikan setiap saat untuk terus mempersiapkan atlet-atlet muda terbaik dari Bumi Khenambay Umbay untuk Papua dan Indonesia,” ujarnya.

Bupati mengakui, Porkab ini baru kembali digelar setelah sembilan tahun vakum karena banyak hal yang terjadi di Kabupaten Jayapura.

“ Terakhir digelar tahun 2013. Jadi kurang lebih 9 tahun lamanya baru kita kembali menggelar Porkab ke-II. Ada waktu yang cukup panjang untuk kita kembali menggelar event olahraga seperti ini karena banyak hal yang terjadi di kabupaten ini. Mulai dengan bencana banjir bandang dan Covid-19 yang menyita perhatian kita, sehingga tidak melaksanakan agenda seperti ini di tahun-tahun sebelumnya,” bebernya.

Untuk itu, Bupati Awoitauw berharap Porkab II ini menjadi momentum untuk membangkitkan industry olahraga di Kabupaten Jayapura.

“Selain persiapan menuju Porprov, kita juga persiapan menuju PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh. Saya yakin bahwa dari atlet-atlet yang hadir hari ini sebagai peserta Porkab II, diantara mereka akan ada yang mewakili Papua menuju Sumatera Utara dan Aceh,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pekan Olahraga Kabupaten Jayapura II, Rudi Bukanaung menyampaikan, dana yang digunakan untuk kegiatan Porkab II ini sebesar Rp 9,3 milliar yang bersumber dari dana hibah melalui KONI Kabupaten Jayapura. 

"Sumber dana berasal dari dana hibah melalui KONI Kabupaten Jayapura sebesar Rp 9 milliar san sponsorship Bank Papua sebesar Rp 250 juta, serta sponship dari PT. Papua Maju Bersama sebesar Rp 100 juta, sehingga total dana yang ada sebesar Rp 9,3 milliar," bebernya.

Meski begitu, Rudi mengaku bahwa dana Rp 9,3 milliar itu masih kurang dan membutuhkan tambahan dana untuk kegiatan akbar tersebut.

"Untuk penyelenggaraan Porkab ini, panitia masih mengalami defisit anggatan sekitar Rp 1,6 milliar. Besar harapan kami Pemprov Papua bisa mendukung kami dalam hal ini," pintanya.

Porkab II tahun 2022 digelar sejak tanggal 8-18 Juli dan diikuti 1.472 atlet dari 19 kontingan distrik dan akan memperebutkan 788 medali dari 17 cabor dan 62 nomor pertandingan. *


BACA JUGA

Seorang Anak Balita di Jayapura Dianiaya Secara Keji oleh Ayah Kandungnya

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:47 WIB

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:09 WIB

Bocah 12 Tahun Nyaris Jadi Korban Penculikan di Sentani

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:54 WIB

Lagu Gerejawi Musik Akustik Dilombakan, Gubernur Waterpauw: Pemuda Papua Barat Penggerak Pembangunan

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:21 WIB

Jasad Pria Paruh Baya Ditemukan Terapung di Perairan Werf Jayapura

Jumat, 27 Januari 2023 | 07:40 WIB
TERKINI

Seorang Anak Balita di Jayapura Dianiaya Secara Keji oleh Ayah Kandungnya

6 Jam yang lalu

Tali Jembatan Gantung Putus, 4 Anggota TNI-Polri Terjatuh ke Sungai Digoel

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

1 Hari yang lalu

Polisi Bersama Komunitas Cap Panah Merah, Panen Cabai dan Tomat di Merauke

1 Hari yang lalu

Bocah 12 Tahun Nyaris Jadi Korban Penculikan di Sentani

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com