MENU TUTUP

Dandim 1702/JYW Tinjau Lahan Tidur yang Bakal Dijadikan Persawahan di Distrik Assolokobal

Selasa, 20 September 2022 | 10:16 WIB / Andi Riri
Dandim 1702/JYW Tinjau Lahan Tidur yang Bakal Dijadikan Persawahan di Distrik Assolokobal Dandim 1702/jayawijaya saat meninjau lahan tidur yang akan ditanami padi di Distrik Assolokobal/dok:Penrem172

WAMENA, wartaplus.com - Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Cpn Athenius Murip, S.H.,M.H, meninjau lahan tidur yang akan dijadikan sebagai lahan persawahan untuk ditanami padi, di Desa Helaluwa, Distrik Assolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Senin (19/09). 

Penanaman padi ini guna menunjang program Swasembada Pangan di Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dilakukan seiring dengan program pemerintah untuk menjamin kesediaan pangan di Provinsi Papua Khususnya Kabupaten Jayawijaya.

Dandim berharap kepada masyarakat yang berada di distrik Assolokobal untuk memberdayakan lahan tidur (kosong,red) dan dijadikan sebagai lahan pertanian. 

“Dimana daerah yang banyak air (irigasi) akan ditanami tanaman padi dan untuk daerah yang agak kering akan ditanam produk pertanian lainnya seperti Jagung, cabai dan kedelai serta hipere (ubi) yang selama ini menjadi produk unggulan di kawasan Pegunungan Tengah Papua,” ujarnya.

Selain meninjau lahan yang akan dijadikan lahan pertanian, Dandim beserta rombongan juga melihat secara langsung tempat penggilingan padi yang ada di Distrik tersebut, penggilingan ini digunakan untuk menggiling padi hasil pertanian masyarakat setempat.

“Kodim 1702/JWY nantinya akan bekerjasama dengan pihak pertanian Kab. Jayawijaya guna membantu petani setempat,” kata Dandim.

Ia menambahkan, Kodim 1702/JWY akan menyalurkan benih padi kepada kelompok tani yang ada di Distrik Assolokobal. 

“Saya berharap para petani tidak menggunakan pupuk kimia, karena akan merusak unsur hara yang ada pada tanah, tanah di Wamena ini sudah cukup subur jadi tidak perlu menggunakan pupuk. Untuk pembukaan lahan nanti, kita akan dukung mesin babat rumput agar mempermudah proses pembersihan,” ungkapnya.

Salah satu petani, Poli Kosi, menyampaikan terima kasih dan menyambut baik niat dari pihak TNI AD melalui Kodim 1702/Jayawijaya, yang mana progam ini akan sangat membantu para petani guna memperoleh hasil panen yang berlimpah dan dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat petani setempat.

"Kami masyarakat Distrik Assolokobal sangat membuka diri dalam upaya kemajuan sistem pertanian di daerah kami demi ketahanan pangan di Distrik kami,” ucapnya.**

 

 


BACA JUGA

TNI Peduli, Kodim Jayawijaya Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Konflik Sosial

Kamis, 04 Januari 2024 | 07:52 WIB

Dandim Jayawijaya Jenguk Korban Tanah Longsor di RSUD Wamena

Jumat, 12 Mei 2023 | 07:00 WIB

Dukung Kinerja Para Danramil, DandimJayawijaya Serahkan Bantuan Laptop

Rabu, 10 Mei 2023 | 05:29 WIB

Ini Harapan Pasi Ter Kodim Saat Hadiri Pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Jayawijaya

Minggu, 07 Mei 2023 | 20:20 WIB

Dandim 1702/JWY Hadiri Launching Logo Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan

Minggu, 07 Mei 2023 | 20:18 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

8 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

9 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

9 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

16 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com