MENU TUTUP

Dandim 1702/JYW Tinjau Lahan Tidur yang Bakal Dijadikan Persawahan di Distrik Assolokobal

Selasa, 20 September 2022 | 10:16 WIB / Andi Riri
Dandim 1702/JYW Tinjau Lahan Tidur yang Bakal Dijadikan Persawahan di Distrik Assolokobal Dandim 1702/jayawijaya saat meninjau lahan tidur yang akan ditanami padi di Distrik Assolokobal/dok:Penrem172

WAMENA, wartaplus.com - Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Cpn Athenius Murip, S.H.,M.H, meninjau lahan tidur yang akan dijadikan sebagai lahan persawahan untuk ditanami padi, di Desa Helaluwa, Distrik Assolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Senin (19/09). 

Penanaman padi ini guna menunjang program Swasembada Pangan di Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dilakukan seiring dengan program pemerintah untuk menjamin kesediaan pangan di Provinsi Papua Khususnya Kabupaten Jayawijaya.

Dandim berharap kepada masyarakat yang berada di distrik Assolokobal untuk memberdayakan lahan tidur (kosong,red) dan dijadikan sebagai lahan pertanian. 

“Dimana daerah yang banyak air (irigasi) akan ditanami tanaman padi dan untuk daerah yang agak kering akan ditanam produk pertanian lainnya seperti Jagung, cabai dan kedelai serta hipere (ubi) yang selama ini menjadi produk unggulan di kawasan Pegunungan Tengah Papua,” ujarnya.

Selain meninjau lahan yang akan dijadikan lahan pertanian, Dandim beserta rombongan juga melihat secara langsung tempat penggilingan padi yang ada di Distrik tersebut, penggilingan ini digunakan untuk menggiling padi hasil pertanian masyarakat setempat.

“Kodim 1702/JWY nantinya akan bekerjasama dengan pihak pertanian Kab. Jayawijaya guna membantu petani setempat,” kata Dandim.

Ia menambahkan, Kodim 1702/JWY akan menyalurkan benih padi kepada kelompok tani yang ada di Distrik Assolokobal. 

“Saya berharap para petani tidak menggunakan pupuk kimia, karena akan merusak unsur hara yang ada pada tanah, tanah di Wamena ini sudah cukup subur jadi tidak perlu menggunakan pupuk. Untuk pembukaan lahan nanti, kita akan dukung mesin babat rumput agar mempermudah proses pembersihan,” ungkapnya.

Salah satu petani, Poli Kosi, menyampaikan terima kasih dan menyambut baik niat dari pihak TNI AD melalui Kodim 1702/Jayawijaya, yang mana progam ini akan sangat membantu para petani guna memperoleh hasil panen yang berlimpah dan dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat petani setempat.

"Kami masyarakat Distrik Assolokobal sangat membuka diri dalam upaya kemajuan sistem pertanian di daerah kami demi ketahanan pangan di Distrik kami,” ucapnya.**

 

 


BACA JUGA

Peduli Ketahanan Pangan, Dandim Jayawijaya Lakukan Pendampingan Tanam Padi di Distrik Pisugi

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 06:06 WIB

Tinjau Kesiapan TMMD di Distrik Tailarek, Dandim Jayawijaya: Jangan Terprovokasi Isu tak Membangun!

Kamis, 29 September 2022 | 07:17 WIB

Sambut HUT TNI ke-77, Kodim Jayawijaya Gelar Turnamen Voli

Selasa, 20 September 2022 | 10:12 WIB

Ini Pesan Dandim Jayawijaya Kepada Prajurit yang Pindah Satuan

Kamis, 15 September 2022 | 13:01 WIB
TERKINI

Pekerjaan Jalan Moskona Timur Barat Pasca Pembantaian KKB Tetap Dilanjutkan 

20 Jam yang lalu
Kepala Dinas PUPR PB, Yohanis Momot:

4 Jenazah Pembantaian KKB di Teluk Bintuni Dikirim Pulang Kampung

20 Jam yang lalu

Partai Pelita Papua Ultimatum DPP

22 Jam yang lalu
Video Pernyataan TPNPB OPm

Pembakaran Kantor Distrik Kebo Paniai Diusut Polisi, TPNPB OPM  Bertanggungjawab

1 Hari yang lalu

Rocktober Manjakan Pencinta Musik

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com