MENU TUTUP

128 Tahun Penantian, Akhirnya Anak Asli Papua Dipilih Menjadi Uskup

Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:10 WIB / Roberth
128 Tahun Penantian, Akhirnya Anak Asli Papua Dipilih Menjadi Uskup Uskup Leo Laba Ladjar bersama Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr yang ditunjuk Paus Fransiskus sebagai Uskup Jayapura yang baru/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Paus Fransiskus mengangkat Biarawan Orang Asli Papua (OAP) Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr sebagai Uskup Jayapura yang baru.

Paus Fransiskus mengumumkan pengangkatan Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You sebagai Uskup Jayapura dalam Bahasa Italia, yang disiarkan secara live streaming di YouTube.

Gereja Katolik masuk di tanah Papua pada 22 Mei 1894 (128 tahun) terpilihnya Uskup Orang Papua merupakan doa dan harapan umat Katolik bahkan dedominasi Gereja di tanah Papua selama ini.

Ucapan selamat Kepada Uskup baru banyak terbaca di media sosial. Uskup Terpilih ini bukan sembarang orang melainkan ia merupakan salah satu pastor senior yang lama hidup ditengah umat dipedalaman Papua hingga di paroki kota. Ia benar-benar pastor lapangan yang kaya dengan pelangalaman Pastoral.

Setelah lama dilapangan sebagai pastor Paroki, pada 10 tahun belakangan ini, ia mulai fokus dengan studi kemudian menjadi ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur (STFT FT). Ia melanjutkan jabatan sebelumnya yang telah ditinggalkan oleh P. Dr. Neles Tebay pada 2019.

Yanuarius You dilahirkan di Uwebutu Paniai pada 1 Januari 1969, anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan Lukas You dan Rosalina Tatogo.

Ia menempuh pendidikan formal SD YPPK St. Don Bosco Uwebutu, SMP YPPK St. Fransiskus Assisi Epouto, SPG Taruan Bakti Waena, Sekolah Tinggi Teologi Katolik (STTK) (sekarang Sekolah Tinggi Filsafat Teologi-STFT) Fajar Timur, Program Magister Universitas Gadjah Mada, dan Program Pascasarjana Doktor Ilmu Sosial Universitas Cenderawasih.

Yanuarius You pernah bekerja sebagai pelayan umat di Paroki Kristus Sahabat Kita di Nabire. Ia menjadi figur guru di SMA Adiluhur Nabire selama tiga tahun dan Bapak Perintis Asrama Taruna Karsa Nabire.

Ia berkarya di Paroki Sta. Maria Bintang Laut Kokonau (1983), Paroki Kristus Sahabat Kita Nabire (1987-1990), Tahun Rohani Pondok Emaus Tateli Manado (1986/1987), dan menjalani masa diakonat di Paroki Kristus Sahabat Kita Nabire (1990-1991).

Pada 16 Juni 1991, ia ditahbis menjadi pastor dengan tugas pertama sebagai Pastor Paroki Kristus Terang Dunia, Jiwika Kurulu Wamena sampai 1998. Ia menjadi Pastor Paroki St Wilbrodus Arso Keerom di perbatasan Indonesia dan Papua Newguinea serta menjadi Pastor Dekan (1998-2002).

Ia mendapat tugas pelayan untuk melayani umat sebagai pastor Paroki di Katedral Kristus Raja dan Vikarius Jendral (Vikjen) di Keuskupan Jayapura (2002-2007).

Menapaki usia kepala empat ia menempuh pendidikan magister di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada selama dua tahun (2008-2010) dengan tesis berjudul
"Efektifitas Pendidikan Seksualitas untuk Peningkatan Kontrol Diri atas Perilaku Seksual Bagi Remaja Seminari".

Selama dua tahun itu pula, banyak pendidikan ekstra ia tempuh, yaitu: pelatihan jurnalistik oleh Lembaga Pelatihan Jurnalistik Bernas (LPJB), Pendidikan Seksualitas Remaja, kursus teknik pendampingan konseling, psikospiritual, aneka terapi psikologis, psikotes, dan statistik.

Tidak cukup magister, ia menempuh pendidikan pada Program Pascasarjana Doktor Ilmu Sosial Universitas Cenderawasih Jayapura (2015-2018) dengan disertasi berjudul “Laki-Laki Hubula dalam Perspektif Gender pada Masa Dulu dan Kini di Lembah Balim Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua."

Jabatan terakhir Sang Uskup terpilih, Dr. Drs. Yanuarius You, MA. adalah dosen Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur dan Sekolah Tinggi Pastoral Katektik (STPK) Yohanes Rasul Waena, pembina para calon imam Keuskupan Jayapura, dan sejak 2015 hingga 16 September 2019 menjadi Ketua Yayasan STTK Papua. Tugas terkini sejak September diangkat sebagai Ketua STFT Fajar Timur Abepura Papua.*


BACA JUGA

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

Rabu, 30 November 2022 | 21:12 WIB

Antisipasi Korupsi Dana Otsus Jilid Dua, Aktivis Antikorupsi Papua Siap Jadi Mitra KPK

Rabu, 30 November 2022 | 07:36 WIB
Kunker Papua

Wapres Mengapresiasi Sinergitas Pemda, MRP dan DPR Papua Dalam Pengelolaan Otsus

Selasa, 29 November 2022 | 14:42 WIB

Jangan Lagi Ada Tindakan Makar, Mari Bangun Papua Untuk Masa Depan

Selasa, 29 November 2022 | 08:06 WIB

Ingin Papua Bersih dari Korupsi, Ini Harapan Pemuka Agama dari Keerom

Selasa, 29 November 2022 | 07:18 WIB
TERKINI

Jelang Hut OPM 1 Desember, Dandim Jayawijaya: Jangan Ada Bendera Berkibar Selain Merah Putih

10 Jam yang lalu

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

10 Jam yang lalu

Wujud Kepedulian TNI Terhadap Rakyat, Posramil Kanggime Bantu Warga Bangun Honai

10 Jam yang lalu

Sinergitas TNI Polri dan Pemkab Pegubin Wujudkan Keinginan Warga Kiwirok Kembali ke Kampung Halamannya

13 Jam yang lalu

Resmikan Kantor Klasis Gurage, Bupati Yuni Tekankan Ini ke Masyarakat

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com