MENU TUTUP

Organisasi Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Terbentuk, Siap Deklarasi Tahun Ini

Senin, 21 November 2022 | 16:48 WIB / Andi Riri
Organisasi Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Terbentuk, Siap Deklarasi Tahun Ini Ketua Umum PPNP-RI Jack J. Puraro, S.Pak., M.Si (baju merah) bersama pengurus yang baru terbentuk /Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Silaturahmi digelar para perwakilan dari masing-masing Paguyuban, tokoh pemuda dan tokoh adat yang ada di wilayah Adat Tabi, bertempat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (21/11). 

Dari pertemuan tersebut dicetuskan lahirnya sebuah Organisasi Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Republik Indonesia yang disingkat PPNP - RI. 

Kepengurusan Organisasi PPNP-RI akan dipimpin Jack J. Puraro,  S.Pak., M.Si. selaku Ketua Umum,  Sekretaris Umum dijabat oleh Muhammad Mizriyanto dan Bendahara oleh Fredrika Mince Pawere.

Jack J. Puraro menuturkan bahwa tugas pertamanya adalah mempersiapkan deklarasi yang dijadwalkan akan dilakukan sebelum perayaan natal tahun ini. 

“PPNP ini adalah sebuah organisasi dan di dalamnya ada pemuda-pemuda yang berjiwa merakyat selain aspek lainnya dengan kebutuhan masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah membentuk pemuda yang solid di Wilayah Tabi ini untuk bersama-sama dengan  pemerintah dalam membangun tanah Papua,” kata Jack. 

"Visi dan misi serta hal lainnya akan kami sampaikan pada deklarasi nanti. Yang jelas organisasi ini hadir agar para pemuda dapat dituntun sebab peran pemuda sangat penting untuk masa depan Papua sehingga mempunyai sebuah tujuan yang mulia, baik untuk Papua dan Indonesia," sambungnya. 

Adapun beberapa usulan dari anggota yang hadir dalam rapat tersebut yaitu pertama, segera melakukan pembentukan organisasi di tingkat wilayah Kota/kabupaten dan mengisi kepengurusan pada tingkat Provinsi sesuai dengan kebutuhan organisasi. 

Kedua, Perlunya keterlibatan PPNP dalam mengawali segala bentuk program pemerintah terlebih Otsus di Tanah Papua. 

Ketiga, PPNP harus dilibatkan dalam mengindetifikasi awal apa yang menjadi kegagalan pada Otsus jilid 1 sebagai langkah dalam mengambil solusi dalam menghadapi Otsus jilid 2.

"Hal ini akan kita bahas secara bersama-sama pada Deklarasi mendatang," tutur Jack. 

Sementara itu terkait situasi dan kondisi keamanan di Tanah Papua secara khusus di tanah adat Tabi, Jack sebagai salah satu tokoh Pemuda menegaskan  bahwa seluruh komponen masyarakat di tanah adat Tabi menyatakan sikap bahwa Papua adalah bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah sah dan final secara hukum International dan Mendukung pelaksanaan otonomi khusus di tanah Papua.

"Kami juga mendukung Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Daerah Otonomi Baru di tanah Papua (DOB). Kami menolak segala bentuk demonstrasi penolakan otonomi khusus dan DOB di atas tanah Tabi dengan mengatas namakan orang Papua, sebab kami masyarakat adat Tabi menerima pelaksanaan otonomi khusus dan DOB, jika ingin melakukan demonstrasi silahkan lakukan di wilayah adat masing-masing jangan di atas tanah Tabi," tegasnya.**

 


BACA JUGA

TERKINI

Jelang Hut OPM 1 Desember, Dandim Jayawijaya: Jangan Ada Bendera Berkibar Selain Merah Putih

9 Jam yang lalu

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

9 Jam yang lalu

Wujud Kepedulian TNI Terhadap Rakyat, Posramil Kanggime Bantu Warga Bangun Honai

9 Jam yang lalu

Sinergitas TNI Polri dan Pemkab Pegubin Wujudkan Keinginan Warga Kiwirok Kembali ke Kampung Halamannya

12 Jam yang lalu

Resmikan Kantor Klasis Gurage, Bupati Yuni Tekankan Ini ke Masyarakat

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com