MENU TUTUP

PWI Minta Rakyat Papua Jaga Keselamatan Wartawan

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:43 WIB / Andi Riri
PWI Minta Rakyat Papua Jaga Keselamatan Wartawan Sejumlah jurnalis Papua saat melakukan aksi unjuk rasa RKUHP yang baru beberapa waktu lalu/dok:Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyerukan seluruh elemen masyarakat di Tanah Papua, terlebih khusus meminta Orang Asli Papua (OAP) berperan aktif menjaga keselamatan wartawan. Pasalnya, aksi teror dan kekerasan terhadap jurnalis terus meningkat dari tahun ke tahun. 

“PWI menyerukan OAP untuk menjaga wartawan di Papua. Secara khusus keselamatan wartawan-wartawan asli Papua. Karena, teror dan kekerasan terhadap wartawan asli Papua meningkat,”pinta Ketua PWI Papua, Hans Bisay, dalam rilisnya, Selasa (24/01/2023) menginteraksi aksi teror diduga bom rakitan terhadap jurnalis Papua Viktor Mambor.

Kata Hans, teror terhadap jurnalis Viktor Mambor di kediamannya Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, pada Senin (23/01/2023) dini hari, merupakan upaya menghambat kebebasan pers di Tanah Papua dan sekaligus intimidasi dan teror terhadap wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Teror terhadap saudara Viktor Mambor dan jurnalis asli Papua terus meningkat dan pelaku terornya tidak pernah terungkap. PWI mencatat teror terhadap Viktor terus berulang dan pelakunya tidak pernah terungkap. Aksi serupa juga terjadi terhadap Ketua AJI Jayapura dan para jurnalis lainnya. Makanya kita minta seluruh elemen masyarakat Papua, terlebih khusus OAP membantu jurnalis Papua dengan memberikan informasi apabila mengetahui pelakunya,”ungkap Hans.

110 Kasus Teror

Kepala Divisi Hukum dan Advokasi PWI Papua, Ronal P Manurung SH menambahkan, kasus kekerasan terhadap jurnalis di Papua terus meningkat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Terhitung sejak tahun 2000 hingga 2021, terdapat kurang lebih 110 kasus teror dan kekerasan terjadi terhadap wartawan yang bertugas di tanah Papua.

“Kasus teror dan kekerasan terhadap insan pers terus terjadi dan pelakunya tidak terungkap. Maka itu, kami minta pemerintah serius melindungi jurnalis di Papua,”tegas Manurung.

PWI Papua mendesak Kapolda Papua beserta jajaran agar segera mengungkap pelaku teror dan intimidasi yang kembali terjadi terhadap jurnalis Viktor Mambor. “PWI minta Pak Kapolda, pak Kapolresta Jayapura dan jajaran dapat mengungkap kasus teror bom ini dengan segera.”

Teror terhadap Jurnalis Senior Papua, Victor Mambor yang juga pengurus  Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) terjadi pada Senin (23/1/2023). Bom meledak di pinggiran jalan yang berjarak sekitar tiga meter dari dinding rumahnya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIT. 

Sudah dua kali aksi teror yang dialami Victor. Kasus yang pertama terjadi pada tanggal 21 April tahun 2021. Mobil Isuzu D-Max (Double Cabin) milik Victor yang diparkir di tepi jalan di samping rumahnya dirusak orang tak dikenal.  Diduga aksi teror ini terkait produk jurnalistik yang dihasilkan media Jubi. Victor sebagai pemimpin umum perusahaan media Jubi.**


BACA JUGA

Pengurus PWI Papua Diharapkan Bekerjasama dengan Pemerintah Bangun Bumi Cenderawasih

Senin, 10 Juli 2023 | 18:25 WIB

Tiga Tahun Jabat Plt, Hans Bisay Kini Resmi Terpilih Ketua PWI Papua

Kamis, 22 Desember 2022 | 18:28 WIB

Hans Bisay Ditunjuk Sebagai Plt Ketua PWI Papua

Kamis, 27 Agustus 2020 | 16:10 WIB

PWI Bersama SKK Migas Gelar Pelatihan Karya Jurnalistik di Kampus Unipa Manokwari

Jumat, 13 Maret 2020 | 19:47 WIB
TERKINI

Babinsa Pos Ramil Fawi Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Gereja

14 Jam yang lalu

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

15 Jam yang lalu

Kawal Pilkada Serentak 2024 di Tanah Papua, PERADI Jayapura Bentuk Satgas Hukum

15 Jam yang lalu

Pantau Tumbuh Kembang Anak, TP-PKK Puncak Jaya Rutin Gelar Posyandu

21 Jam yang lalu

Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktavianus Sogalrey telah Dimakamkan di TMP Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com