MENU TUTUP
Hari Air Dunia

Aksi Tanam Pohon BWS Papua di Pantai Water Basis Pangkalan AL Biak

Jumat, 10 Maret 2023 | 12:18 WIB / Andi Riri
Aksi Tanam Pohon BWS Papua di Pantai Water Basis Pangkalan AL Biak Penyerahan simbolis bibit kelapa hibrida dari Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen kepada Danlanal Biak, Kolonel (Mar) Karlos Deda/dok:

BIAK, wartaplus.com - Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-31 yang jatuh pada 22 Maret 2023, Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua menggelar kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai, berlokasi di pantai Water Basis Pangkalan Angkatan Laut Biak, Jumat (10/03) pagi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Biak Numfor yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan, Lot L Yensenem.

Hadir dalam kegiatan Komandan Lanal Biak, Kolonel Marinir Karlos Deda M.Tr.hanla, pejabat Guskamla Koarmada 3, Lanudal, Wing 3, Wakapolres Biak, Kadis PUPR Biak, Komunitas Jelajah Biak, para pejabat dan staf BWS Papua, serta ibu paguyuban BWS Papua.

Dalam sambutannya, Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen ST.MT mengatakan, peringatan Hari Air sedunia tahun ini mengangkat tema "Be the change, you want to see in the world" atau jadilah perubahan yang ingin anda lihat di dunia.

"Sesuai arahan dari panitia pusat semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian PUPR di daerah harus melibatkan semua stakeholders, seperti penanaman pohon, opembuatan biopori yang bertujuan untuk menampung air dan mencegah banjir serta kegiatan lainnya yang melibatkan semua stakeholder," ujar Nimbrot.

Di tahun 2023, Balai Wilayah Sungai Papua sebagai salah satu UPT Kementerian PUPR di bidang pengelolaan sumber daya air, bersama dengan pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan pangkalan Angkatan Laut Biak melaksanakan kegiatan pembersihan pantai dan penanaman pohon.

"Kita juga akan menggelar pertandingan olahraga gate ball antara tim gate ball Kabupaten biak Numfor dan BWS Papua," terangnya.

Lanjut kata Nimbrot, selain untuk memperingati Hari Air Dunia juga sebagai pelaksanaan gerakan nasional kemitraan penyelamatan air (GN-KPA) yang melibatkan semua stakeholder dari berbagai Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan TNI Polri. 

"Gerakan ini bertujuan untuk mengembalikan siklus hidrologi pada suatu wilayah Sungai, khususnya pada bantaran sungai dan pantai sehingga sumber-sumber air yang ada dapat terjaga kuantitas dan kualitas airnya" jelas Nimbrot.

Jaga Kelestarian Sumber Air

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mengingatkan kita semua akan pentingnya menjaga kelestarian sumber-sumber air.

"Perubahan kecil yang kita lakukan hari ini, pastinya akan merubah dunia di masa depan ke arah yang lebih baik," tukasnya.

Untuk tahun anggaran 2023, sebut Nimbrot, Balai Wilayah Sungai akan menanam sekitar 254 bibit pohon kelapa hibrida yang disiapkan atas bantuan bidang perkebunan Dinas Pertanian, dan Pangan Provinsi Papua.

"Saya juga berharap semua yang hadir juga bisa ikut mensukseskan acara pembersihan pantai," pinta Nimbrot.

"Semoga apa yang kita buat dapat bermanfaat untuk melestarikan alam, dan untuk menjaga ketersediaan air di lingkungan kita," harapnya.

Danlanal Biak, Kolonel Mar Karlos Deda menyampaikan ucapan terima kasih kepada BWS Papua dan Pemkab Biak Nufor atas kegiatan penanaman pohon ini.

"Semoga ini akan jadi sumber air untuk menampung air hujan, dan disini akan banyak sumber-sumber air yang akan muncul.Selain itu untuk membuat pantai basis water ini lebih rimbun, tidak panas. Apalagi pantai ini merupakan salah satu tempat wisata pantai di Biak," jelasnya.

"Semoga apa yang dilakukan hari ini menjadi berkat untuk kita semuanya, baik kami yang berada di pangkalan TNI Angkatan Laut ini, maupun warga Biak secara keseluruhan.

Ucapan yang sama juga disampaikan Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan, Lot L Yensenem.

"Kami dari pemerintah Kabupaten Biak, berharap kegiatan positif ini bukan hanya seremonial, tapi bisa terus berlanjut di waktu yang akan datang," harapnya.**


BACA JUGA

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

Rabu, 24 April 2024 | 17:06 WIB

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

Rabu, 24 April 2024 | 09:20 WIB

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

Rabu, 24 April 2024 | 05:17 WIB

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

Selasa, 23 April 2024 | 14:28 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB
TERKINI

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

6 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

21 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

1 Hari yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

1 Hari yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com