MENU TUTUP
Berkontribusi Secara Signifikan 

Terbaik Penanganan Covid-19, Presiden Serahkan Penghargaan Kepada RS Freeport

Jumat, 24 Maret 2023 | 14:55 WIB / Roberth
Terbaik Penanganan Covid-19, Presiden Serahkan Penghargaan Kepada RS Freeport Presiden RI Joko Widodo berfoto bersama kepada berbagai pihak yang dinilai telah berkontribusi secara signifikan dalam penanganan pandemi Covid-19/Istimewa

JAKARTA,wartaplus.com - Rumah Sakit (RS) PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih dua PPKM Award (Penghargaan Penanganan Covid-19), yaitu Rumah Sakit dengan Performa Tata Kelola Covid-19 Terbaik dan Laboratorium dengan Performa Pemeriksaan Covid-19 Terbaik, masing-masing untuk regional Maluku, Nusa Tenggara, Papua.

Penghargaan diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada berbagai pihak yang dinilai telah berkontribusi secara signifikan dalam penanganan pandemi Covid-19. Penghargaan diterima langsung oleh dr. Darma Irawan SpAn, Kepala Rumah Sakit Freeport di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Jakarta, pada Senin (20/3).


Keberhasilan Indonesia dalam penanganan Covid-19 yang mendapat pengakuan dari berbagai negara, termasuk dari World Health Organization dan John Hopkins University ini, tidak lepas dari kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak bersama Pemerintah, bersatu demi kepentingan Bangsa dan Negara.

Keterlibatan RS Freeport dalam penanganan pandemi Covid-19 merupakan wujud komitmen PTFI mendukung pemerintah dalam upaya mitigasi, pengendalian dan penanggulangan wabah Covid-19 di wilayah Papua, khususnya Kabupaten Mimika. Kontribusi PTFI melalui RS Freeport melibatkan seluruh tim medis, serta berbagai divisi di lingkungan PTFI.

Direktur RS PT Freeport Indonesia dr. Darma Irawan SpAn, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah kepada RS Freeport dalam hal dukungan dan kontribusinya dalam penanganan Covid-19.

“Bagaimana kami mengelola 3 T (testing, tracing dan treatment) Covid-19 untuk komunitas tertutup seperti tambang PTFI sehingga aktifitas perusahaan tidak terganggu. Dukungan dari perusahaan dalam menyediakan fasilitas karantina, peralatan diagnostik, pengaturan karyawan yg beresiko tinggi dan screening mobilisasi karyawan sangat membantu terkontrolnya jumlah infeksi di area kerja perusahaan," jelas dr. Darma.

Sejak awal pandemi PTFI juga telah meningkatkan pelayanan medis perusahaan dengan memperluas jangkauan pemeriksaan agar dapat mengidentifikasi kasus positif secara lebih cepat dan melakukan tracing. PTFI juga membantu masyarakat dengan menggunakan mesin Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dan laboratoriumnya untuk menganalisa sampel tes swab Covid-19 dari rumah sakit di Mimika dan kabupaten sekitar Mimika di Papua.

Melalui penghargaan ini, pemerintah berharap dapat menjadi inspirasi dan motivasi seluruh pihak untuk bersatu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintah juga berharap sinergitas, kolaborasi dan koordinasi yang sudah terbangun dapat terus berlanjut guna mendukung penanganan masalah kesehatan lainnya.

Penghargaan diberikan kepada lebih dari 800 penerima. Dari semua kategori, ditetapkan pemenang berdasarkan kawasan yakni Kawasan Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, Papua.*


BACA JUGA

Elimelek Edowai Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Deiyai

Sabtu, 24 Februari 2024 | 18:18 WIB

Pemprov Papua Pegunungan Salurkan Bantuan Pangan Untuk Masyarakat di 8 Kabupaten

Sabtu, 24 Februari 2024 | 09:28 WIB

Wakapolda Papua Tinjau Persiapan PSU di 94 TPS Jayawijaya

Sabtu, 24 Februari 2024 | 09:09 WIB

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:30 WIB

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:08 WIB
TERKINI

Elimelek Edowai Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Deiyai

3 Jam yang lalu

KKB yang Ditembak Mati di Kali Braza Yahukimo, Ternyata Punya Seabrek Catatan Kriminal

12 Jam yang lalu

Pemprov Papua Pegunungan Salurkan Bantuan Pangan Untuk Masyarakat di 8 Kabupaten

12 Jam yang lalu

Wakapolda Papua Tinjau Persiapan PSU di 94 TPS Jayawijaya

12 Jam yang lalu

Razia Aparat Gabungan di Puncak Jaya Berhasil Amankan Puluhan Sajam dan Panah

12 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com