MENU TUTUP

Kebersamaan Perayaan Ramadhan di Wilayah Operasional Freeport, Tony Wenas: Ini Tradisi Dari Tahun ke Tahun

Jumat, 21 April 2023 | 18:31 WIB / Roberth
Kebersamaan Perayaan Ramadhan di Wilayah Operasional Freeport, Tony Wenas: Ini Tradisi Dari Tahun ke Tahun Takjil on The Road juga menjadi salah satu cara khas PTFI merayakan kebersamaan Ramadan di Tembagapura. Jelang adzan Magrib, Yayasan Masyarakat Muslim (YMM) Tembagapura dan keluarga karyawan akan menyajikan takjil berupa kurma, kolak, kue kering, dan minuman bagi para karyawan yang sedang dalam perjalanan pergantian jadwal shift kerja agar dapat berbuka puasa/Istimewa

MIMIKA,wartaplus.com - Ramadhan merupakan momen besar yang begitu berarti bagi umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam biasanya menyambut datangnya bulan penuh berkah dan kemuliaan ini dengan merayakan kebersamaan dan kebahagiaan, tak terkecuali para karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama masyarakat setempat di Mimika.

Setelah sempat menyesuaikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan Ramadhan akibat pandemi Covid -19, PTFI sejak tahun 2022 kembali menggencarkan berbagai kegiatan rutin perayaan bulan Ramadan di Tembagapura dan Kuala Kencana. Beberapa kegiatan tersebut mencakup tarhib Ramadhan berupa kajian dan salat berjamaah yang diisi oleh ustaz tamu dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta buka puasa bersama setiap hari sepanjang bulan Ramadhan.

Perayaan bulan Ramadhan di wilayah operasional PTFI jalan beriringan dengan kegiatan operasional perusahaan. Di area tambang bawah tanah, PTFI menyesuaikan jadwal gilir kerja agar karyawan dapat berbuka puasa tepat waktu sekaligus menjalankan salat maghrib, salat isya, dan tarawih secara rutin di masjid-masjid seluruh area Jobsite, termasuk untuk salat di masjid bawah tanah Jami' Baabul Munawwar.


Karyawan PT Freeport berbuka puasa di masjid bawah tanah Jami' Baabul Munawwar/Istimewa

“Merayakan Ramadhan dalam kebersamaan adalah tradisi yang telah berlangsung dari tahun ke tahun di wilayah operasional PTFI. Sebagai bagian dari Papua, kami bersyukur karena tahun ini kami dapat kembali menyambut bulan suci ini tidak hanya di ruang lingkup internal, tetapi juga bersama masyarakat Mimika, sejalan dengan nilai SINCERE perusahaan,”ujar Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.

Takjil on The Road juga menjadi salah satu cara khas PTFI merayakan kebersamaan Ramadhan di Tembagapura. Jelang adzan Magrib, Yayasan Masyarakat Muslim (YMM) Tembagapura dan keluarga karyawan akan menyajikan takjil berupa kurma, kolak, kue kering, dan minuman bagi para karyawan yang sedang dalam perjalanan pergantian jadwal shift kerja agar dapat berbuka puasa. Dalam suasana kebersamaan dan semangat berbagi, PTFI juga mengajak masyarakat sekitar dan karyawan lain yang ingin merasakan suasana Ramadhan untuk bersama-sama menikmati takjil yang tersedia seperti yang dilakukan di Masjid Kuala Kencana.

Berbagi Kebaikan

Menurut Ketua YMM sekaligus Vice President Operations Maintenance PTFI Ayep Dirmawan, kegiatan Takjil on The Road dan berbagai kegiatan Ramadhan lainnya menjadi bagian dari upaya PTFI untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan dengan karyawan dan masyarakat sekitar selama bulan suci Ramadhan.

"Kami ingin memperkuat semangat kebersamaan, kepedulian, dan toleransi antarkaryawan dan masyarakat selama bulan suci Ramadhan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat silaturahmi kami dengan masyarakat, menginspirasi, dan membawa manfaat," kata Ayep.

Kebersamaan dan kebahagiaan Ramadhan juga PTFI rayakan bersama anak-anak karyawan dan masyarakat umum di Tembagapura melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit). Peserta Mabit yang terdiri dari anak sekolah TK hingga SMP akan berkumpul di masjid selama satu malam untuk mengikuti tausiyah, kultum, dan kuis berhadiah.

Tak hanya di Tembagapura, PTFI juga mengadakan berbagai kegiatan untuk merayakan bulan Ramadhan bersama masyarakat di Kuala Kencana. Salah satunya adalah Ramadan Anak Ceria yang PTFI adakan di Masjid Baiturrahim setiap pukul 5 sore. Melalui kegiatan ini, PTFI menyediakan lingkungan bermain bagi anak-anak dan mengajarkan nilai-nilai agama Islam sejak dini. Peserta kegiatan yang terdiri dari anak karyawan PTFI dan masyarakat umum mengikuti aktivitas mengaji, menggambar, mendengarkan dongeng kisah islami, serta berbuka puasa bersama.*


BACA JUGA

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

Rabu, 24 April 2024 | 17:06 WIB

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

Rabu, 24 April 2024 | 09:20 WIB

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

Rabu, 24 April 2024 | 05:17 WIB

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

Selasa, 23 April 2024 | 14:28 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB
TERKINI

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

1 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

15 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

20 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

23 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com