MENU TUTUP

Diduga Korsleting Listrik, Ruang IGD RSUD Abepura Terbakar

Selasa, 09 Mei 2023 | 16:49 WIB / Andy
Diduga Korsleting Listrik, Ruang IGD RSUD Abepura Terbakar Polisi melakukan evakuasi pasien RSUD Abepura yang terbakar, Selasa (09/05) siang/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kebakaran hebat melanda Rumah Sakit Umum Daerah Abepura, Kota Jayapura pada Selasa (10/05) siang.

Dari keterangan saksi mata, api pertama terlihat sekitar pukul 14.30 WIT dari lantai dua ruang logistik rawat inap dan merembet ke ruangan lainnya.

Sejumlah petugas rumah sakit bersama masyarakat sekitar berupaya memadamkan api, namun angin kencang membuat api semakin membesar.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul dua siang, api pertama terlihat dari lantai dua ruang logistik rawat inap. Saat itu kami langsung mengevakuasi pasien ke lapangan,” kata Kepala Ruang IGD RSUD Abepura, Korona Womsiwor kepada wartawan di halaman parkir rumah sakit.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, seluruh pasien di ruang IGD, ruang rawat inap beserta peralatan medis dan dukumen penting dievakuasi keluar ruangan.

“Semua pasien dievakuasi baik dari IGD, ruang anak, ruang wanita juga dievakuasi. Begitu juga sejumlah alat medis milik rumah sakit dan dokumen penting turut diamankan keluar ruangan,” terangnya.

Korona mengaku kebakaran ini sangat berpengaruh pada pelayanan di RSUD Abepura. 

“ Kebakaran ini sangat berpengaruh karena semua bahan untuk pasien rawat inap yang dibutuhkan berada digedung itu (ruang logistic,red),” imbuhnya.

Sementara itu, untuk memadamkan api, lima mobil pemadam kebakaran dan tiga unit mobil water canon milik polda papua dikerahkan untuk memadamkan api. Kurang lebih satu jam kemudian api berhasil dipadamkan.

“Untuk memadamkan api kami menurunkan lima mobil pemadam dibantu mobil AWC dari Polresta, Brimob dan Polda Papua untuk memadamkan api,” kata Kabid Damkar Kota Jayapura, Margaretha Veronika Kirana di lokasi kejadian.

Ia menduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik, namun menurutnya penyebab kebakaran akan diumumkan oleh pihak kepolisian.

“Kebakaran terjadi dari lantai dua yang merupakan gudang penyimpanan barang. Ada indikasi kebakaran terjadi karena korsleting, namun tentunya harus menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian,” tuturnya.

Sementara dari pantauan di lokasi kebakaran, sejumlah pasien masih bertahan di lapangan parkir. Tampak personil brimob Polda Papua mendirikan tenda darurat bagi para pasien. (**)


BACA JUGA

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

Jumat, 26 April 2024 | 21:08 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB
TERKINI

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

10 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

18 Jam yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

22 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com