MENU TUTUP

Kantor Berita Antara Biro Papua Gelar Aksi Pembersihan Sampah Plastik di Pantai Holtekamp Jayapura

Jumat, 19 Mei 2023 | 18:50 WIB / Andi Riri
Kantor Berita Antara Biro Papua Gelar Aksi Pembersihan Sampah Plastik di Pantai Holtekamp Jayapura Sebanyak 56 kantong berisi sampah plastik berhasil dikumpulkan di sepanjang pinggiran pantai Holtekamp/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Kantor Berita Antara Biro Papua menggandeng Rumah Bakau Jayapura melakukan aksi bersih bersih sampah plastik disepanjang bibir pantai Holtekamp, Kota Jayapura, Papua, Jumat,19 Mei 2023 pagi.

Kepala Kantor Berita Antara Biro Papua Hendrina Dian Kandipi di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan membersihkan sampah plastik merupakan salah satu bentuk kepedulian Antara terhadap lingkungan sekitarnya.

Kepala Kantor Berita Antara Biro Papua Hendrina Dian Kandipi kepada wartawan mengatakan, kegiatan membersihkan sampah plastik merupakan salah satu bentuk kepedulian Antara terhadap lingkungan sekitarnya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi trigger (Pemicu) bagi yang lain untuk ikut membersihkan lingkungan khususnya di wilayah pesisir pantai," harapnya.

Dari aksi bersih bersih ini, sedikitnya ada 56 kantong berisi sampah plastik yag berhasil dikumpulkan.

"Pantai Holtekamp menjadi lokasi pembersihan karena biasanya jika musim penghujan, sampah-sampah yang dibuang sembarangan akan dibawa air laut hingga ke pesisir pantai," terang wanita yang akrab disapa Dian ini.

Menurut ia, aksi pembersihan kali ini difokuskan pada sampah plastik yang nantinya bisa di daur ulang. Sehingga diharapkan ke depan, kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan dapat dikurangi.

"Kami juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi banyak pihak dalam menyukseskan kegiatan ini, hal ini menjadi bukti bahwa masih banyak orang yang peduli dengan kebersihan lingkungan," ucapnya.

Dian menambahkan dalam kegiatan itu selain Komunitas Rumah Bakau Jayapura, beberapa mitra juga ikut berpartisipasi yakni Bank Indonesia Perwakilan Papua bersama mahasiswa binaannya (Genbi), Telkomsel Papua, Bank Mandiri Cabang Ruko Jayapura, Econusa, Ikatan Jurnalis Pelajar Indonesia (IJPN), perwakilan Lemhanas RI, perwakilan siswa SMP 45 Entrop, TVRI Papua dan rekan-rekan jurnalis lainnya di Jayapura.

Sementara itu, Perwakilan Komunitas Rumah Bakau Jayapura Gamel Abdel Nasser mengatakan aksi yang dilaksanakan saat ini tidak dapat langsung membersihkan sampah yang selalu ada khususnya di pesisir pantai Kota Jayapura.

"Namun setidaknya bisa sedikit mengurangi volume sampah yang setiap hari dihasilkan oleh masyarakat," katanya.

Menurut Gamel, pihaknya mengapresiasi Kantor Berita Antara Biro Papua yang tidak menciptakan sampah baru dengan membawa galon air atau tempat minum untuk konsumsi setelah kegiatan bersih-bersih.

"Karena biasanya setelah bersih-bersih rombongan membawa air minum kemasan plastik yang secara tidak langsung justru menyebabkan sampah baru lagi," katanya.**


BACA JUGA

Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Jenazah Nelayan Hilang 2 Hari di Pantai Holtekamp

Minggu, 26 Maret 2023 | 12:35 WIB

Jelang Kunjungan Presiden, Jalan Holtekamp Dipalang, Berhasil Dibuka Lewat Diskusi Para para Numbay

Senin, 20 Maret 2023 | 13:25 WIB

Situasi Kamtibmas dan Arus Lalu Lintas di Kawasan Holtekamp Aman dan Lancar

Sabtu, 02 Januari 2021 | 18:13 WIB

Korban Tenggelam di Pantai Holtekamp Ditemukan Meninggal Dunia

Minggu, 09 Februari 2020 | 17:26 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

3 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

4 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

13 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

13 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com