MENU TUTUP

Seleksi PFA: 50 Peserta Siap Bersaing Jadi Penghuni Mimika Sport Center

Senin, 19 Juni 2023 | 12:29 WIB / Andi Riri
Seleksi PFA: 50 Peserta Siap Bersaing Jadi Penghuni Mimika Sport Center Sebanyak 50 peserta Papua Football Academy siap bersaing di babak final/Humas PFA

JAYAPURA, wartaplus.com — Sebanyak 50 peserta, yang  dinyatakan lolos seleksi pemain Papua Football Academy (PFA), akan kembali bersaing dan unjuk kemampuan untuk menjadi 30 pemain di fase final camp yang akan digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, mulai hari ini, Senin (19/06/2023).

Dipimpin Direktur Akademi, Coach Wolfgang Pikal, dan Pelatih Kepala PFA, Coach Ardiles Rumbiak sebelumnya, pencarian bakat sepakbola putra Papua telah digelar di 7 lokasi dari 8 kota dan kabupaten di 3 provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

Pencarian bakat ini berlangsung sejak Mei dan Juni di kota Timika, Nabire, Jayapura, Merauke, Waropen, Serui, dan Biak Numfor selama Mei dan Juni 2023 dan diikuti 1.445 peserta. Untuk diketahui, PFA adalah akademi sepak bola yang disponsori PT Freeport Indonesia.

Ke-50 peserta ini akan bersaing mendapatkan status penghuni Mimika Sport Complex (MSC), markas PFA di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

"Kami berterima kasih kepada orang tua peserta, juga pengurus Asprov, Askab, pemerintah daerah, dan para pelatih sepak bola atas kerja sama yang baik selama pencarian bakat. Mari kita bersama-sama membantu dan mengembangkan sepak bola di Papua," kata Wolfgang Pikal.

Kesempatan Asah Skill

Menurutnya, walau masih tergolong mentah, talenta sepak bola di Papua sungguh baik.

"Inilah kesempatan besar mengasah skill sepak bola anak Papua bersama PFA. Juga dapat tetap mengikuti sekolah formal dan belajar banyak keterampilan yang menjadi bekal hidup mereka nanti," ujar Wolfgang Pikal.

Bagi mereka yang tidak lolos ke fase final, coach Wolfgang berharap para orang tua dan pembina sepak bola di daerahnya tetap membantu mendukung anak-anaknya melakoni hobi bermain sepak bola. Karena lewat sepak bola, anak-anak belajar banyak hal positif, dari kedisiplinan, sportivitas, persaingan, hingga menghargai orang lain.

"Jangan patahkan harapan dan semangat mereka," pesannya.

Ke-50 pemain PFA telah berkumpul di Jayapura bersama para pendamping dari daerah masing-masing, sejak Minggu (18/6/2023) kemarin. Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari.

Untuk peserta yang lolos PFA Cari Bakat Final Camp 2023 di Jayapura, mantan asisten pelatih timnas Indonesia asal Austria berharap mereka tidak malu-malu menunjukkan kemampuan bermain sepak bola, serta mental dan perilaku yang turut menjadi bagian penilaian para pelatih.

"Selain itu, mereka juga harus menjalani tes sidik jari, psikologi, dan kesehatan sebagai bagian dari persyaratan untuk dapat lolos sebagai pemain PFA," kata Donny Fahrochi, Manajer Papua Football Academy.

Peserta Asal Sorong

Selain peserta yang mengikuti kegiatan PFA Cari Bakat 2023 di 7 lokasi, terdapat juga 2 peserta Final Camp asal Sorong. Keduanya merupakan hasil pantauan coach Wolfgang Pikal dan Ardiles Rumbiak saat berkunjung ke Provinsi Papua Barat tersebut.

"Slogan dari tanah Papua untuk Indonesia itu punya makna besar. Kehadiran PFA adalah kesempatan besar bagi putra-putra Papua untuk lebih banyak lagi masuk ke tim nasional Indonesia di setiap kelompok usia," ujar George Weyasu, Sekum KONI Provinsi Papua, dalam sambutannya membuka secara resmi PFA Cari Bakat Final Camp 2023 pada Minggu (18/6/2023).
Lewat PFA, George Weyasu berharap pesepak bola Papua dapat mengharumkan nama Indonesia di level Internasional.

"Manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jadikan para pelatih dan staf di PFA sebagai orang tua kalian. Bangun dan bentuk karakter yang baik demi masa depan. Kesempatan ini tidak akan terulang, jangan disia-siakan, karena kalian adalah mutiara dari Papua," tegasnya.**


BACA JUGA

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

Senin, 29 April 2024 | 16:42 WIB

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

Senin, 29 April 2024 | 14:54 WIB

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

Senin, 29 April 2024 | 13:07 WIB

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

Senin, 29 April 2024 | 12:49 WIB

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

Minggu, 28 April 2024 | 17:38 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

3 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

4 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

6 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

6 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com