MENU TUTUP

Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,2, Puskesmas Airu Rusak Ringan

Senin, 03 Juli 2023 | 17:05 WIB / Andy
Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,2, Puskesmas Airu Rusak Ringan Atap plafon di satu ruangan Puskesmas Airu berjatuhan akibat guncangan gempa, Senin (03/07) siang/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Airu, Kabupaten Jayapura dilaporkan mengalami rusak ringan berupa retak dibagian dinding bangunan, serta  atap plafon yang berjatuhan setelah diguncang gempa bumi Magnitudo 6,2.

Kerusakan ini diketahui setelah anggota Pos Pol Airu melakukan patroli dan monitoring usai gempabumi yang terjadi pada pada Senin (03/07) siang.

“Hasil monitoring dan patroli yang dilakukan personel dilapangan bahwa bangunan Puskesmas Airu terpantau rusak ringan. Dimana mengalami keretakan dibagian dinding bangunan serta terdapat sebagian plafon atap yang berjatuhan. Sementara untuk alat medis tidak ada yang mengalami kerurusakan dan pada saat kejadian gempa tidak ada pasien yang sedang berobat atau dirawat,” kata Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen dalam keterangan pers yang diterima wartaplus.com pada Senin sore.

Sementara untuk fasilitas umum lainnya seperti bangunan sekolah maupun perumahan serta jembatan masih dalam keadaan baik dan aman.

“Kalau fasilitas umum lainnya masih terpantau aman,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, patroli pasca gempa ini bertujuan untuk memastikan bahwa wilayah yang terkena dampak gempa tetap dalam keadaan aman dan tidak terjadi penjarahan atau kegiatan kriminal lainnya.

Petugas polisi dikerahkan ke pusat-pusat keramaian, pemukiman penduduk, untuk memberikan rasa keamanan kepada warga yang masih trauma akibat guncangan gempa.

“Selain itu, polisi juga memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada terhadap potensi gempa susulan dan memberikan informasi tentang langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat,” terangnya.

Ia berharap agar patroli pasca gempa ini dapat memberikan ketenangan dan pemulihan bagi warga yang terdampak. “Polisi akan terus melanjutkan patroli hingga situasi kembali pulih sepenuhnya, serta berkoordinasi dengan pihak terkait dalam upaya pemulihan pasca bencana ini,” tandasnya.

Sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan magnitudo M6,0 mengguncang Kabupaten Keerom, Papua pada Senin (03/07/2023) siang.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,78° LS ; 140,19° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 79 Km arah Barat Daya Keerom, Papua pada kedalaman 10 km.

Gempabumi ini dirasakan di daerah Wamena dan Sentani dengan skala intensitas III MMI dan daerah Jayapura dengan skala intensitas II - III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. **


BACA JUGA

Bertemu Para Tokoh Papua, Cawapres Gibran Janjikan Dorong RUU Masyarakat Hukum Adat

Jumat, 26 Januari 2024 | 14:41 WIB

Timsus Cyclop Polres Jayapura Bekuk Dua Pelaku Curanmor di Lokasi Kerusuhan Nimboran

Jumat, 05 Januari 2024 | 17:40 WIB

Pasca Rusuh, Danrem 172/PWY Kunjungi Distrik Namblong Pastikan Situasi Kondusif

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:03 WIB

Polda Papua Berbagi Kado Natal kepada Masyarakat di Kabupaten Jayapura

Senin, 18 Desember 2023 | 14:48 WIB

Tujuh Kantor Dinas Pemkab Jayapura Nyaris Dibakar OTK

Senin, 06 November 2023 | 13:06 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

9 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com