MENU TUTUP

Dandim Yahukimo Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor Jelang Peringatan Detik detik Proklamasi

Kamis, 17 Agustus 2023 | 05:35 WIB / Andi Riri
Dandim Yahukimo Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor Jelang Peringatan Detik detik Proklamasi Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo menyalakan api obor setiap perwakilan yang akan mengikuti pawai/Penrem172

DEKAI, wartaplus.com – Ratusan personel gabungan TNI-Polri, ASN Pemerintah Kabupaten Yahukimo,  anggota pramuka dan para pelajar mengikuti pelaksanaan Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan Pawai Obor yang berlangsung pada Rabu (16/8) sore, bertempat di Halaman Asrama Koramil Dekai, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo, yang turut dihadiri oleh Bupati Didimus Yahuli, S.H. bersama jajaran Forkopimda, serta unsur pimpinan, dan OPD lingkup Pemkab Yahukimo.

Pelaksanaan Upacara Taptu dan Pawai Obor tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka memperingati detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Yahukimo.

Pada kesempatannya, Dandim menuturkan bahwa upacara Taptu merupakan salah satu sarana untuk memaknai diri sendiri sebagai wujud kerja keras dalam mempertahankan kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan terdahulu, sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang bekerja keras berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.



“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan para generasi muda untuk ikut mengisi kemerdekaan dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dan memahami setiap makna kemerdekaan bangsa yang telah diraih,” ujar Dandim.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

“Mari kita ciptakan momen yang berarti dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Saya juga berharap agar semangat kebersamaan dan persatuan tetap terjaga dalam menjaga keutuhan Indonesia pada umumnya dan menjaga kedamaian serta keamanan di wilayah Yahukimo pada khususnya,” ajaknya.

Setelah pelaksanaan upacara Taptu, Dandim lantas menyalakan obor perdana kepada perwakilan obor dan melepas peserta pawai.

Arak-arakan Pawai Obor yang diiringi lagu-lagu perjuangan, dengan rute keluar dari Asrama Koramil Dekai Jalan Jenderal Sudirman menuju depan Rumah Sakit Dekai, Jam Kota dan kembali finish di lokasi yang sama.**


BACA JUGA

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

Kamis, 18 April 2024 | 15:54 WIB

Pasca Gangguan KST, TNI Dampingi Warga yang Mengungsi Kembali ke Distrik Serambakon

Selasa, 17 Oktober 2023 | 05:30 WIB

Meriahkan Hut Kemerdekaan, Korem 172/PWY Gelar Berbagai Lomba Bersama Masyarakat

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:56 WIB

Di Waropen, Sang Merah Putih yang Dikibarkan saat Upacara Kemerdekaan Dijaga Masyarakat Adat

Minggu, 20 Agustus 2023 | 19:05 WIB

TNI Bersama Masyarakat Gelar Upacara dan Bentangkan Bendera Raksasa Diatas Puncak Gunung Enarotali

Kamis, 17 Agustus 2023 | 19:15 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

30 Menit yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

19 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com