MENU TUTUP

Peringati Hut ke-78, TNI di Papua Komitmen Jaga Kedamaian Pemilu 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:19 WIB / Andy
Peringati Hut ke-78, TNI di Papua Komitmen Jaga  Kedamaian Pemilu 2024 Prajurit Batalyon R 751/VJS saat defile di upacara Hut ke-78 TNI/Andy

SENTANI, wartaplus.com - Peringatan Hut ke-78 TNI, 5 Oktober  2023 di Provinsi Papua digelar dalam upacara yang dipimpin Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, bertempat di lapangan Rugby, kompleks Lanud Silas Papare, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dalam amanatnya, Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Izak Pengemanan, meminta seluruh personil TNI dari tiga matra TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara yang bertugas di Papua untuk mengamankan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang.

“Kita bersama dengan Polri sudah berkomitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Kita juga terus memberikan arahan dan mengawasi anggota kita untuk tidak boleh terlibat dalam pesta demokrasi nanti,” tegasnya.

Selain itu, Pangdam meminta seluruh prajurit TNI untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pangdam berharap kedepannya tidak ada lagi korban jiwa baik itu masyarakat maupun prajurit TNI-Polri akibat kekrasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata.

“Tadi kita sudah mengheningkan cipta bagi prajurit-prajurit yang sudah memberikan nyawanya bagi negara ini. Kita berharap kedepan tidak ada lagi korban-korban di pihak TNI-Polri dan masyarakat. Mari kita jaga kedamaian di Tanah Papua ini,” ajaknya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri yang hadir bersama jajaran Pejabat Utama menyampaikan ucapan selamat kepada TNI yang merayakan dirgahayu ke-78  tahun.

"Kami menyampaikan selamat ulang tahun kepada teman-teman TNI. Mereka luar biasa menjaga Papua tetap berada dalam wilayah NKRI," ucapnya.

Kapolda berharap sinergi yang telah berjalan baik selama ini, agar tetap dijaga. Terutama dalam menghadapi pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang.

"Mari kita jaga kebersamaan, ketentraman di tanah Papua. Karena TNI Polri adalah pilar utama dalam menjaga keamanan di negara ini," ajaknya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw.

"Semoga TNI tetap konsisten dalam menjalankan tugas menjaga keamanan masyarakat di Papua serta membantu pemerintah daerah dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua," harapnya.

Peringatan Hut ke-78 TNI tahun ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

"Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dalam sambutannya di Hut ke-78 TNI tahun 2023. **


BACA JUGA

Tahun Baru 2024, TNI AD Berikan Kado Istimewa untuk Masyarakat Kaureh Papua

Jumat, 05 Januari 2024 | 07:03 WIB

Kodam Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Dipimpin Irdam Brigjen TNI Mukhlis

Jumat, 10 November 2023 | 18:09 WIB

Hut ke-78 TNI, Pj Bupati Puncak Jaya Ajak Sukseskan Pemilu Serentak 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:45 WIB

Sehari Jelang Hut ke-78 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih Ziarah ke TMP Kusuma Trikora

Rabu, 04 Oktober 2023 | 19:16 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com