MENU TUTUP

Pesan Tokoh Adat Kepada Warga Papua Agar Sukseskan Pemilu 

Selasa, 17 Oktober 2023 | 17:35 WIB / Cholid
Pesan Tokoh Adat Kepada Warga Papua Agar Sukseskan Pemilu  Herman Yoku

JAYAPURA,wartaplus.com - Herman Yoku selaku tokoh adat berpengaruh di tanah Tabi dan Saireri berpesan kepada warganya khusus di Kabupaten Keerom dan Tanah Papua pada umumnya agar mendukung dan menyukseskan pemilu serentak yang akan digelar pada tahun 2024.

"Sebagai Kepala Suku Besar Wikaya di Kabupaten Keerom, saya mau berpesan  kepada segenap masyarakat saya dimana saja, termasuk di tanah Tabi dan Siareri serta tanah Papua pada umumnya, bahwa pemilu serentak 2024, agar berpartisipasi terutama yang punya hak pilih, agar menggunakannya," kata Herma Yoku, Selasa 17 Oktober 2023.

Kata dia, dalam pemilu sudah pasti semua pihak punya calon atau kandidat yang akan dipilih, sehingga sudah sepatutnya menyalurkan hak pilih dengan baik. Jangan saling menyudutkan satu sama lainnya soal kandidat masing-masing, karena perbedaan visi misi.

"Tetapi gunakanlah hak pilih, siapapun dia, pilihlah sesuai hati nurani, berbeda itu biasa, intinya pemilu harus aman dan damai, karena suara yang dicoblos dalam bilik suara menentukan masa depan bangsa," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pemilu 2024 akan digelar secara serentak yang saat ini proses pentahapan sedang berlangsung yang akan diawali dengan pendaftaran Capres dan Cawapres pada 19 Oktober 2023, lalu untuk Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024 hingga pemilu kepala daerah pada 17 November 2024. "Jadi, mari kita jaga kebersamaan dalam pesta demokrasi, jaga keberagaman dan keamanan agar pemilu ini berjalan aman dan lancar," ajaknya.

"Saya berharap masyarakat membantu menjaga keamanan hingga di TPS, jangan terpengaruh dengan isu atau ajakan yang tidak baik. Jika ada hal yang kurang pas terkait pemilu ada baiknya lakukan secara elegan, bisa dialog ataupun dengan cara menempuh jalur hukum," sambungnya.

Herman Yoku juga meminta kepada masyarakat agar bersama-sama TNI dan Polri untuk mendukung Kamtibmas yang aman dan kondusif agar pesta rakyat ini bisa berjalan dengan aman dan lancar. "Mari kita semua ikut membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan agar pemilu ini bisa berjalan lancar," pintanya.(*)


BACA JUGA

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

Jumat, 26 April 2024 | 13:27 WIB

Danlanud Silas Papare Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara

Selasa, 23 April 2024 | 06:46 WIB

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

Kamis, 18 April 2024 | 16:36 WIB

Konflik Sosial Akibat Pemilu Terus Berlanjut di Kenyam Nduga, Ini Langkah Tegas Aparat Keamanan

Rabu, 17 April 2024 | 08:29 WIB

Pemuda Katolik Dorong Penanganan Kasus Penyiksaan Oknum Aparat Terhadap Warga

Selasa, 09 April 2024 | 20:46 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

7 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

8 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

10 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

11 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com