MENU TUTUP

Laju Inflasi 2023 Papua Melandai Berkat Sinergitas Program TPID dengan Berbagai Pihak

Rabu, 06 Desember 2023 | 17:02 WIB / Andi Riri
Laju Inflasi 2023 Papua Melandai Berkat Sinergitas Program TPID dengan Berbagai Pihak Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Thomy Andryas menyerahkan penghargaan BI Papua Awards 2023 dan bantuan PSBI kepada perwakilan sekolah dan swasta/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus - Guna mencapai inflasi yang rendah dan stabil, Bank Indonesia yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Papua, telah melaksanakan sejumlah sinergi program bersama berbagai pihak terkait.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya dalam sambutan yang dibacakan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Thomy Andryas, pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar secara hybrid pada Senin (04/12) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua. 

Tema PTBI Papua 2023 yaitu "Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional".

Thomy menyebut, sinergi dan koordinasi yang dilakukan telah menunjukkan hasil yang positif, tercermin dari laju inflasi 3 (tiga) kota IHK di Papua (Kota Jayapura, Timika, dan Merauke) yang melandai menuju rentang target inflasi nasional.

"Berbagai upaya untuk memperkuat struktur perekonomian juga telah dilakukan, baik melalui upaya dalam meningkatkan peran UMKM, mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru, dan memfasilitasi berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah," paparnya.

Berdasarkan asesmen, lanjut Thomy, terdapat beberapa sektor potensial dalam mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru, antara lain: perikanan, pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dorong Digitalisasi

Sementara itu, upaya mendorong digitalisasi, khususnya sistem pembayaran, telah diwujudkan melalui pembentukan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) di beberapa daerah di wilayah Papua, dan implementasi QRIS.

"Sebagai salah satu bukti keberhasilan upaya tersebut, Kota Jayapura berhasil mendapatkan penghargaan sebagai TP2DD terbaik tingkat Kab/Kota wilayah Papua, Nusa Tenggara, dan Maluku," sebutnya.

Selain digitalisasi transaksi, Bank Indonesia bersama stakeholders berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan kondisi yang layak edar, serta mendukung kedaulatan Rupiah khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil).

Dalam Forum PTBI kali ini dihadiri oleh Pj Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun, perwakilan Forkompimda, Kepala Daerah Kabupaten/Kota, Pimpinan Instansi Vertikal, Organisasi Perangkat Daerah, Perbankan, Media, Perguruan Tinggi dan Korporasi di Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Juga Masyarakat umum dan dan mahasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) juga mengikuti rangkaian PTBI tersebut melalui siaran langsung pada kanal media sosial Bank Indonesia Papua.

BI Papua Awards 2023

Di kesempatan itu, Bank Indonesia Papua juga memberikan penghargaan Bank Indonesia Awards tahun 2023 kepada 8 mitra strategis yang berasal dari UMKM, korporasi, dan pemerintah daerah,

"Ini sebagai bentuk apresiasi dan wujud terima kasih karena telah berkontribusi terhadap Perekonomian Papua dan membantu Bank Indonesia dalam menjalankan peran dan tugasnya," ungkap Thomy.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada 15 sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta di Papua sebagai wujud dedikasi kepada negeri yang diharapkan dapat bermanfaat dalam mewujudkan generasi muda penerus bangsa yang kompeten.**


BACA JUGA

Sidak ke Pasar Tradisional dan Modern, Pj Gubernur Papua Pastikan Stok Bapok Aman

Jumat, 16 Februari 2024 | 12:34 WIB

Kenaikan Harga Bapok dan Langkanya BBM di Puncak Jaya, Pemda Langsung Gelar Rakor

Rabu, 07 Februari 2024 | 14:07 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Resmi Jabat Kepala Perwakilan BI Papua, Faturachman Siap Lanjutkan Tugas dan Raih Prestasi

Jumat, 19 Januari 2024 | 20:56 WIB

Pertumbuhan Ekonomi di Papua 2024 Diperkirakan Capai 5,25 Hingga 6,25 Persen

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:53 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com