MENU TUTUP

Balas Serangan KKB, Aparat Gabungan Berhasil Tembak Mati Lima Orang

Rabu, 24 Januari 2024 | 08:35 WIB / Andi Riri
Balas Serangan KKB, Aparat Gabungan Berhasil Tembak Mati Lima Orang Pantauan drone satu anggota KKB tewas dalam kontak tembak dengan aparat gabungan di Sugapa,Intan Jaya, Selasa (23/01/2024)/Humas DC

MIMIKA, wartaplus.com - Sebanyak 5  anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya dikabarkan tewas dalam kontak tembak dengan aparat gabungan TNI Polri di Distrik Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Sebelumnya, pada Minggu (21/01/2024) lalu, KKB melakukan penyerangan terhadap pos satgas TNI Polri di Sugapa yang kemudian direspon sehingga terjadi kontak tembak. Dikabarkan empat orang anggota KKB tewas.

Kaops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, mengungkapkan jika sebelumnya dilaporkan tiga anggota KKB tewas dalam kontak tembak, namun ternyata berjumlah empat orang.

"Identitas keempat anggota KKB yang tewas yaitu bernama Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones," ujar Kaops dalam rilis tertulisnya, Selasa (23/01/2024).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno menambahkan, usai kontak tembak pada Minggu, selanjutnya pada Selasa (23/01/2024) sekira pukul 09.30 WIT, KKB kembali melakukan penyerangan dengan menembaki pesawat yang ditumpangi personil Satgas Gakkum ODC-2024 saat mendarat di bandara Bilorai Sugapa.

"Saat itu personil langsung merespon dengan bantuan pos Pos Perimeter TNI Yon 330/TD. Diduga tembakan berasal arah dari gereja Katolik Santo Misael, Bilogai, ” ungkap Bayu.

Dalam upaya pembalasan, kata Bayu, aparat keamanan dari Pos Perimeter TNI Yonif 330/TD meresponsnya dengan melakukan serangan balasan terhadap aksi KKB tersebut.

"Hasil pantauan drone menunjukkan bahwa satu anggota KKB, bernama Melkias Maisani, tewas dalam serangan tersebut, baik jenazah maupun senjata api yang digunakan telah dibawa kabur oleh rekan KKB lainnya,” jelas Bayu.

Ia menambahkan, peristiwa ini menunjukkan upaya keras pasukan keamanan dalam menanggapi serangan dari kelompok bersenjata yang terus mengancam keamanan di wilayah Intan Jaya.

“Pihak berwenang terus mengintensifkan upaya untuk menangani situasi keamanan di daerah tersebut, sambil terus memantau perkembangan dan memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat setempat,” tutur Kastgas Humas Ops Damai Cartenz-2024.

“Kami juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang menyesatkan yang mungkin datang dari sumber yang tidak jelas,” imbaunya.**


BACA JUGA

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

6 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

8 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

9 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

10 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com