MENU TUTUP

Polda Papua akan Kirim Penguatan Personil ke Intan Jaya

Rabu, 24 Januari 2024 | 20:02 WIB / Andi Riri
Polda Papua akan Kirim Penguatan Personil ke Intan Jaya Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Dalam rangka upaya penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang telah melakukan aksi penyerangan terhadap aparat keamanan dan pembakaran rumah dinas DPRD di Intan Jaya, Polda Papua akan mengirimkan tim Satgas Ops Damai Cartenz untuk memperkuat Polres setempat dalam melakukan proses penyelidikan dan penyidikan. Ini ditegaskan Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri kepada wartawan di Jayapura, Selasa (24/01/2024).

“Kita akan perkuat dari pihak keamanan termasuk dalam waktu dekat dari Tim Satgas Damai Cartenz 2024, saya minta untuk memback up Polres dahulu supaya proses-proses penyelidikan dan penyidikan berjalan sebagaimana kita harapkan,” kata Kapolda.

Berkaitan dengan itu, Kapolda meminta Polres Intan Jaya bisa mengambil keterangan sebanyak banyaknya darii masyarakat ataupun saksi yang berada di lokasi kejadian.

“Proses penyelidikan tersebut telah berjalan, saya minta untuk tidak ada lagi yang dipelintir dengan isu-isu lain yang tidak berdasar,” tegas pintanya.

Kapolda Fachiri berharap, situasi di wilayah hukum Polda Papua bisa dijaga kondusifitasnya karena kurang beberapa hari, kegiatan pendistribusian logistik Pemilu akan berlangsung.

“Untuk Polres Intan Jaya tentunya saya akan mengirim perkuatan perbantuan apa yang saya sampaikan dalam rangka penyelidikan secara menyeluruh terkait dengan dua kasus yang terjadi kemarin,” tegasnya lagi.

“Supaya fakta-fakta hukum yang nanti kita sampaikan kepada publik tidak adanya simpang siur berita yang tidak berdasar sesuai fakta-fakta dari penyeldikan pihak Kepolisian,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (19/01/2024) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penyerangan terhadap pihak keamanan yang menyebabkan satu personel Operasi Damai Cartenz 2024, Bripda Alfandi Steve Karamoy meninggal dunia.

Tidak sampai disitu, keesokan harinya, Sabtu (20/01/2024) KKB kembali beraksi dengan membakar rumah dinas ASN DPRD setempat. KKB juga pos aparat keamanan, sehingga terjadi kontak tembak yang menyebabkan 4 anggota KKB dilaporkan tewas. Identitas keempatnya yaitu Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones.

Terakhir, pada Selasa (23/01/2024) kemarin, KKB kembali melakukan penyerangan dengan menembaki pesawat yang ditumpangi personil Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz-2024 saat mendarat di bandara Bilorai Sugapa. Dengan bantuan Pos Perimeter TNI Yon 330/TD, melakukan serangan balik. Dimana satu anggota KKB bernama Melkias Maisani tewas.**


BACA JUGA

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

1 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

3 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

4 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

5 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

23 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com