MENU TUTUP

Satu Anggota KKB Tewas, Dua Ditangkap Aparat Gabungan, Usai Membakar Puskesmas di Puncak

Minggu, 04 Februari 2024 | 13:52 WIB / Andi Riri
Satu Anggota KKB Tewas, Dua Ditangkap Aparat Gabungan, Usai Membakar Puskesmas di Puncak Satu anggota KKB yang tewas disemayamkan di pos aparat keamanan di Ilaga, Puncak/Humas DC 2024

ILAGA, wartaplus.com – Kontak tembak antara aparat gabungan TNI Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air dan menangkap dua orang lainnya, usai beraksi membakar puskesmas di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (03/02/2024) siang.

Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia dalam keterangannya menyatakan, menindaklanjuti laporan terjadinya aksi pembakaran yang dilakukan KKB Kepala Air pimpinan Jacky Murib, aparat gabungan merespon dan langsung bergerak menuju lokasi kejadian di Puskesmas Omukia.

Namun saat tiba di lokasi kejadian, aparat diberondong tembakan dari arah belakang puskesmas, sehingga terjadi kontak tembak.

"Suara tembakan terdengar dari belakang Puskesmas Omukia, dan terjadi kontak tembak antara personel TNI-Polri dengan kelompok KKB wilayah Kepala Air," ungkap Kapolres, seperti dikutip dari rilis Humas Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Minggu (04/02/2024) siang.

"Dalam pengejaran yang dilakukan, aparat berhasil menembak satu anggota KKB yang ternyata masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Ilaga bernama Warinus Murib,"aku Kapolres.

Sedangkan dua orang lainnya, AM dan DK, diduga merupakan anggota KKB kelompok Numbuk Telenggen, sambungnya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Dr. Bayu Suseno memberikan rincian barang bukti yang berhasil diamankan oleh aparat gabungan selama pengejaran.

"Dari tadi malam kami bersama sama dengan Satgas TNI Polri yg ada di Ilaga telah melakukan pengejaran dan penegakan hukum, kami berhasil menangkap 3 anggota KKB (satu tewas)," ujar Bayu.

Selain itu, aparat gabungan juga menyita barang bukti antara lain 1 pucuk senjata api jenis mouser, 2 pucuk senapan angin, 1 lembar bendera BK, 1 magazen jenis SS1 dan 17 butir amunusi kaliber 5,56, da 1 unit hp.

"Perlu diketahui bahwa dari 3 KKB didapati 1 KKB dalam keadaan tewas, sedangkan 2 KKB lainnya dalam keadaan terluka," terangnya.

Usai seorang rekannya tewas dan dua ditangkap, KKB melakukan aksi balasan dengan kembali membakar gedung puskesmas di Erobaga sekira pukul 20.15 Wit.

Kepala Operasi Damai Cartenz (Ka Ops), Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, menegaskan komitmen untuk terus mengejar KKB yang melakukan gangguan Kamtibmas, termasuk pembakaran puskesmas.

"Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB di Ilaga yang selama ini melakukan gangguan Kamtibmas berupa pembakaran puskesmas dan lain-lain. Apabila ada masyarakat yang memiliki informasi terkait KKB di Ilaga, jangan segan untuk memberi informasi kepada kami," tegas Faizal.**


BACA JUGA

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

Kamis, 25 April 2024 | 14:41 WIB

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

Rabu, 24 April 2024 | 12:23 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

Selasa, 23 April 2024 | 13:23 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

9 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

10 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

10 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com