MENU TUTUP

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB / Andi Riri
Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua Tryout UTBK SNBT 2024 yang berlangsung di Jayapura, Sorong dan Timika/Humas Telkomsel

JAYAPURA, wartaplus.com – Telkomsel bersama Kuncie dan Ilmupedia berkomitmen untuk mendukung kesiapan pelajar (siswa/siswi) sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Jayapura, Sorong dan Timika dalam menyambut pelaksanaan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024, yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 30 April hingga Mei mendatang.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan “Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia & Ruangguru”, sebuah program tahunan yang diadakan oleh Ilmupedia Telkomsel bersama Ruangguru untuk memberikan wadah bagi siswa/siswi dalam mengasah kemampuan menyelesaikan soal-soal SNBT UTBK 2024.

Pendaftaran peserta dibuka melalui aplikasi Ruangguru yang bisa diakses melalui smartphone mulai dari 1 Maret - 24 April 2024. Sebanyak lebih dari 2000 siswa/siswi dari Jayapura, Sorong dan Timika telah mendaftar dan mengikuti program Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia & Ruangguru yang berlangsung pada Kamis (25/4).

Untuk memacu semangat kompetisi, Telkomsel, Kuncie, Ilmupedia dan Ruangguru turut mempersiapkan hadiah dengan total nilai jutaan Rupiah bagi para peserta yang berhasil mendapatkan skor tertinggi.

Komitmen Telkomsel

General Manager Consumer Business Telkomsel Region Maluku and Papua, Fajri Adi Firmansyah mengatakan, penyelenggaraan program Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia & Ruangguru ini merupakan wujud komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco untuk membuka kesempatan bagi para siswa/i Papua dalam mengasah kemampuan melalui pemanfaatan akses teknologi berbasis digital.

"Kami pun merasa senang dapat menjalin kolaborasi dengan Ruangguru dalam memperkuat peran Telkomsel untuk mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia, khususnya di Papua melalui pemanfaatan teknologi terkini," katanya dalam rilis tertulis yang diterima wartaplus.com, Kamis (25/04/2024).

"Semoga kolaborasi ini dapat berlanjut sehingga akan tercipta program-program baru yang lebih berdampak untuk sektor pendidikan di Papua," harapnya.

UTBK sendiri merupakan tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang harus dilalui siswa/i calon mahasiswa yang mendaftar jalur SNBT.

Siswa/i yang mendaftar jalur SNBT diharuskan untuk menjalani proses UTBK guna menentukan skor yang akan mempengaruhi penerimaan di PTN yang dipilih, dengan sebelumnya mengerjakan sejumlah soal menggunakan perangkat komputer.

"Program Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia & Ruangguru ini akan berfokus pada Tes Potensi Skolastik yang mencakup penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pemahaman kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum dan tes literasi yang mencakup literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan penalaran matematika," jelasnya.

"Semoga kesempatan ini dapat membantu para siswa/i untuk mengukur kemampuan dan meningkatkan daya saingnya ketika mengikuti SNBT UTBK 2024 nanti," sambungnya.

Program UTBK SNBT kali ini, Telkomsel melaksanakannya bersama Kuncie, sebuah platform yang fokus dalam membuka potensi setiap talenta di Indonesia melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang yang diminati untuk dapat menggapai impian dan kesuksesan yang diinginkan.

Selain itu, dalam proses pelaksanaan nya Telkomsel juga berkolaborasi dengan Ruangguru. Selain dilakukan secara offline di Kota Jayapura, Sorong serta Timika, Program Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia & Ruangguru ini juga diadakan di 8 Kota lainnya di Indonesia dengan total peserta mencapai 10 ribu peserta.

Selain melalui program ini, para siswa/i juga bisa melakukan latihan ujian soal UTBK 2024 sekaligus pembahasan soal dengan mengakses tautan ilmupedia.co.id/utbk2024.(rilis)


BACA JUGA

Paulus Waterpauw Bagai Meteor di Pilkada Papua

Minggu, 05 Mei 2024 | 02:41 WIB

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:14 WIB

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:07 WIB

Kapolda Sebut Tidak Ada Aksi Demo di Peringatan Hari Buruh Internasional di Papua

Rabu, 01 Mei 2024 | 18:55 WIB

KKB Berulah di Intan Jaya, Bakar Sekolah Negeri Pogapa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:34 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Bagai Meteor di Pilkada Papua

17 Jam yang lalu

Empat Hari Terkendala Pesawat, Jenazah Alexander Parapak yang Ditembak KKB Berhasil Dievakuasi

1 Hari yang lalu

Satu Orang Diamankan Saat Pengejaran Pelaku Penyerangan Patroli Satgas 527/BY di Paniai

2 Hari yang lalu

Pangdam Cenderawasih Dampingi Kasad Kunker ke Wilayah Merauke Papua Selatan

2 Hari yang lalu

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

3 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com