MENU TUTUP

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

Senin, 29 April 2024 | 14:54 WIB / Andy
Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar Paulus Waterpauw dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/TKP

JAYAPURA,wartaplus.com- Menjadi Penjabat Gubernur di Provinsi Papua Barat hanya dua tahun, namun prestasi yang diukir Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si sangat membanggakan. Komjen Pol (Pur) Drs Paulus Waterpauw dilantik Mendagri Tito Karnavian pada 22 Mei 2022 lalu menjadi PJ Gubernur Papua Barat bersama empat pejabat gubernur lainnya yaitu PJ Gubernur Banten Dr Al Muktabar, PJ Gubernur Bangka Belitung Dr Ridwan Jamaluddin, PJ Gubernur Goron talo Hamka H Noer dan PJ Gubernur Sulawesi Barat Dr. Ahmad Malik.

‘’Ini Amanah yang harus dijalankan,’’ ujar Waterpoauw saat kembali dilantik menjadi penjabat Gubernur Papua Barat  berdasarkan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo Nomr 39/P Tahun 2023, 12 Mei 2022 lalu. Menyebut nama Komjen Paulus Waterpauw yang terbayang adalah sosok dengan capaian-capain karir yang gemilang. Sosoknya selain tinggi besar juga menginspirasi orang asli Papua, bahkan semua orang yang mengenalnya bahwa segala usaha yang dilakukan tidak akan mengecewakan. 

Setelah dilantik pada Mei 2022, Pulus bergerak cepat untuk penyelenggaraan dua iven internasional di Manokwari yaitu Pra KTT ke 4 Youth 20 dan Internasional Women atau W-20.

W-20  sukses diselengarakan pada 8-9 Juni 2022 disusul kesukseskan gelaran Y-20 pada 17-18 Juni 2022. NSepanjang dua tahun bertugas menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus setia menjalankan instruksi negara yang fokus pada pengentasan kemiskinan ekstrem, pengurangan stunting, ketahanan pangan hingga inflasi.

IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Papua Barat mengalami peningkatan dari 62,99 pada 2017 menjadi 65,89 pada 2022 dengan rata-rata peningkatan per tahun 0,84 persen.

Waterpauw bekerja keras untuk penurunan jumlah penduduk miskin di Papua Barat sebanyak 7.038 jiwa yaitu dari 221.136 jiwa pada Februari 2022 menjadi 214.098 jiwa pada Februari 2023.

Berdasarkan data Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGM) Dinas Kesehatan, ada 544 dari 2.659 balita stunting telah dinyatakan sembuh dengan tingkat keberhasilan 20,46 persen. Maka, angka prevalensi stunting Papua Barat saat ini turun menjadi 15,53 persen pada September 2023.

Ia melanjutkan keberhasilan lainnya yaitu merumuskan 21 peraturan daerah khusus (perdasus) dan peraturan daerah provinsi (perdasi) sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 106 dan 107 Tahun 2021. Perumusan produk hukum daerah tersebut merupakan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua.

Pada bidang infrastruktur, terdapat 9 proyek yang sementara diselesaikan yaitu perpanjangan landasan pacu Bandara Rendani Manokwari, pembangunan jalan lingkar luar Manokwari, dan pembangunan pasar sentral modern Sanggeng.

Selanjutnya revitalisasi ruang terbuka publik Lapangan Borarsi Manokwari, perbaikan gelanggang olahraga dan lapangan Sanggeng, dan pengaktifan balai latihan kerja.

Selama menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat, Waterpauw mendapatkan penghargaan di dalam negeri maupun luar negeri. Penghargaan dari pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi di awal 2022. Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM tahun 2022 terkait kebijakan perlindungan kekayaan intelektual (HAKI).

Dari luar negeri, ia meraih penghargaan Global Gold Blue Park dari Marine Conservation Institute tahun 2022 bersama pemerintah pusat dan Pemda Kabupaten Raja Ampat (Provinsi Papua Barat Daya). Masih ada lagi beberapa penghargaan seperti Jamsostek (2022), Menko Perekonomian (2022) terkait penyelesaian ketidaksesuaian pemanfaatan ruang. 

Menangkan Partai Golkar

Setelah pensiun dari pemerintahan  Jenderal Berbintang Tiga didaulat pimpin Partai Golkar, dan partai yang dipimpin Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw Golkar meraih kemenangan mutlak dalam Pemilu 2024 di provinsi Papua Barat. Juga berhasil meraih kursi terbanyak di DPR Papua Barat dan meraih satu kursi DPR RI.

Dengan ini, Partai Golkar akan kembali memegang kendali kebijakan politik daerah lima tahun ke depan. Partai Golkar memperoleh dukungan besar dari rakyat, yang memberi pengakuan dan kepercayaan dalam memimpin dan mewakili aspirasi rakyat.

Kemenangan golkar adalah hasil kerja keras dan dedikasi kader Partai Golkar, simpatisan, tokoh-tokoh Golkar, fungsionaris Golkar dan tak kalah penting, tangan dingin sang ketua-ketua DPD Golkar bekerja sama selama masa kampanye hingga pelaksanaan Pemilu. 

Sosok di balik kemenangan partai berlambang pohonberingin adalah, Jenderal bintang tiga, Ketua DPD I Partai Golkar Papua Barat yang anak asli Papua ini memiliki pengalaman luas dimasyarakat dan pemerintahan. 

Kemenangan Partai Golkar di bawah kepemimpinannya membuktikan sebagai partai yang mementingkan kepentingan rakyat, makanya menjadi paling banyak
dipilih rakyat, dibanding memilih partai lain, sehingga wakil tujuh (7) Partai Golkar di parlemen akan membawa suara rakyat untuk pembangunan berkelanjutan. 

Dalam Pemilu 2024, Ketua DPD Partai Golkar berhasil membawa visi ekonomi, kesejahteraan rakyat, penekanan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim sebagai fokus utama kampanye. Partai Golkar yang inklusif dan progresif, serta komitmen memperjuangkan kesejahteraan, kemajuan daerah, telah menarik perhatian pemilih dari berbagai kalangan.

Dukungan nyata masyarakat menggambarkan kepercayaan tinggi terhadap partai yang dipimpin mantan Kapolda empat kali ini yang lebih dikenal sebagai seorang yang bernama Paulus Waterpauw.

Kemenangan Partai Golkar dalam Pemilu ini tidak hanya berarti keberhasilan mereka, tetapi juga merupakan kesempatan bagi mereka membuktikan komitmen mereka dalam membangun Papua Barat yang lebih baik.

Partai Golkar memiliki tanggung jawab besar mewujudkan janji-janji kampanye mereka dan memberikan perubahan positif bagi Papua Barat dan rakyat. Warga Papua Barat dengan penuh harapan melihat masa depan yang cerah dengan kepemimpinan Partai Golkar. Semua berharap, bahwa partai Golkar dapat menjalankan perannya dengan integritas, transparansi, dan kebijakan yang bijaksana.

Dalam menjalankan tugasnya, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Paulus Waterpauw diharapkan dapat mengatasi berbagai kesenjangan lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, ekonomi sebagai tantangan kemenangan Partai Golkar dalam Pemilu ini tidak hanya berarti keberhasilan mereka, tetapi juga merupakan kesempatan bagi mereka membuktikan komitmen mereka dalam membangun Papua Barat yang lebih baik. 

Partai Golkar memiliki tanggung jawab besar mewujudkan janji-janji kampanye mereka dan memberikan perubahan positif bagi Papua Barat dan rakyat. Warga Papua Barat dengan penuh harapan melihat masa depan yang cerah dengan kepemimpinan Partai Golkar. 

Semua berharap, bahwa partai Golkar dapat menjalankan perannya dengan integritas, transparansi, dan kebijakan yang bijaksana. Dalam menjalankan tugasnya, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Paulus Waterpauw diharapkan dapat mengatasi berbagai kesenjangan lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, ekonomi sebagai tantangan besar yang dihadapi masyarakat dan kader Paartai Golkar terpilih menyuarakan, mendorong pertumbuhan berkelanjutan bagi Papua Barat.

Partai Golkar yang menang dalam Pemilu dan meraih kursi terbanyak memberikan harapan baru yang nyata bagi Papua Barat.
Dengan sosok seorang Paulus Waterpauw, serta tujuh Ketua DPD II diharapkan pemilih dan rakyat Papua Barat Patai Golkar dapat melihat masa depan yang lebih baik, lebih sejahtera bagi Papua Barat.

SUARA DAN CALEG DPR DARI PARTAI GOLKAR PAPUA BARAT PEMILU 2024
DAPIL 1 PAPUA BARAT KABUPATEN 

MANOKWARI:

Terdapat 12 kursi dengan perolehan suara parpol tertinggi adalah Partai Golkar sebanyak 15.855 suara, Perolehan suara calon legeslatif, Ahmad Kuddus 3.571 suara dan Andrianus Mansinam sebanyak 2.646 suara.

DAPIL 2 PAPUA BARAT MANOKWARI SELATAN DAN PEGUNUNGAN ARFAK: 

Alokasi 5 kursi, perolehan suara parpol tertinggi yaitu, partai Golkar 15.444 suara.Untuk perolehan suara caleg tertinggi yaitu, Orgenes Wonggor partai Golkar sebanyak 11.075
suara.

DAPIL 3 PAPUA BARAT KABUPATEN TELUK BINTUNI:

Alokasi Lima Kursi 5 kursi, perolehan suara Parpol tertinggi yaitu, partai Golkar sebanyak 11.971 suara, perolehan suara caleg tertinggi yaitu, Erwin Beddu Nawawi partai Golkar sebanyak7.158 suara.

DAPIL 4 PAPUA BARAT KABUPATEN FAKFAK:

Alokasi 6 kursi, perolehan suara partai Golkar sebanyak 5.935, untuk perolehan suara caleg yaitu, Amin Ngabalin Partai Golkar sebanyak 2.564 suara.

DAPIL 5 PAPUA BARAT KABUPATEN TELUK
WONDAMA DAN KAIMANA: 

Alokasi 7 kursi, perolehan suara Parpol tertinggi yaitu, partai Golkar sebanyak
12.442, untuk perolehan suara caleg tertinggi yaitu, Fery Deminikus Auparay Golkar sebanyak 4.669 suara dan Philip Heinrich partai Golkar sebanyak 3.936.

Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 untuk Caleg DPRD Papua Barat partai Golkar memperoleh 7 kursi, sama dengan PDIP 7 kursi.*


BACA JUGA

Penutupan Musrembang RPJD Papua Tengah, Hasilkan Visi Adil, Berdaya Saing Maju dan Berkelanjutan

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:57 WIB

163 Pelajar Ikut Seleksi Tim Paskibraka 2024 Provinsi Papua Tengah

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:54 WIB

BI Papua akan gelar Festival Cenderawasih, Diharapkan dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Baru

Selasa, 14 Mei 2024 | 07:51 WIB

Pelepasan Tim ERB 2024, Bawa Uang Layak Edar Rp13,8 Miliar ke 5 Wilayah Terluar Papua

Senin, 13 Mei 2024 | 17:05 WIB

Musyawarah RPJPD Papua Tengah, PJ Gubernur Berharap Penyusunan Berdasarkan Aspirasi Masyarakat

Senin, 13 Mei 2024 | 11:35 WIB
TERKINI

Silaturahmi Bersama Jurnalis Jayapura , Satgas Humas DC- 2024 Berharap Satu Persepsi dalam Pemberitaan

34 Menit yang lalu

Berikan Kenyamanan Bagi Jemaah Haji, Telkomsel Hadirkan Ragam Produk dan Layanan Unggulan

1 Hari yang lalu

Penutupan Musrembang RPJD Papua Tengah, Hasilkan Visi Adil, Berdaya Saing Maju dan Berkelanjutan

1 Hari yang lalu

163 Pelajar Ikut Seleksi Tim Paskibraka 2024 Provinsi Papua Tengah

1 Hari yang lalu

BI Papua akan gelar Festival Cenderawasih, Diharapkan dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com