MENU TUTUP

BI Papua dan DPD Aprindo Gelar Kompetisi Duta QRIS dan CBP Kasir Retail se-Jayapura 2024

Jumat, 07 Juni 2024 | 06:36 WIB / Andi Riri
BI Papua dan DPD Aprindo Gelar Kompetisi Duta QRIS dan CBP Kasir Retail se-Jayapura 2024 Foto bersama panitia dan peserta Duta QRIS dan CBP Kasir Retail se-Jayapura 2024 yang digelar BI Papua bekerjasama dengan DPD Aprindo/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua (KPwBI Papua) bersinergi dengan DPD Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Papua menyelenggarakan kompetisi duta QRIS dan Cinta Bangga  Paham Rupiah (CBP) Kasir Retail se-Jayapura 2024.

Kompetisi ini sebagai bagian untuk mendukung perluasan ekonomi digital, peningkatan pemahaman CBP, dan efisiensi transaksi dagang di sisi pelaku usaha retail.

Kepala KPwBI Papua, Faturachman mengatakan, dalam upaya meningkatkan akseptasi QRIS di masyarakat, Bank Indonesia Provinsi Papua bersinergi dengan menggandeng DPD APRINDO Papua untuk menyelenggarakan Kompetisi Duta QRIS dan CBP Kasir Retail se-Jayapura 2024.

"Kompetisi ini dimulai pada 4 Juni 2024 hingga 3 Agustus 2024 setelah diawali kegiatan Technical Meeting bersama perwakilan tim peserta di KPw BI Papua," kata Faturachman.

Ia menyebut ada sebanyak 57 peserta kasir retail yang terkumpul dalam 19 Tim, siap berkompetisi memperebutkan gelar juara sebagai Duta QRIS dan CBP Kasir.

"Dalam kompetisi ini, selain melakukan edukasi bagi konsumen agar membiasakan menggunakan pembayaran QRIS, kompetisi ini sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan literasi CBP bagi masyarakat, dimana para peserta kompetisi juga melakukan edukasi CBP Rupiah baik melalui edukasi langsung dan melalui penyediaan media edukasi CBP Rupiah di masing-masing toko retail," jelasnya.

Faturachman menambahkan, sejak Januari hingga April 2024, capaian jumlah volume transaksi QRIS se-tanah Papua mencapai 3,7 juta transaksi dengan nilai Rp608 miliar. Adapun nilai transaksi QRIS Jayapura (Kota/Kabupaten) mencapai Rp411 miliar, sehingga capaian tersebut menempatkan Jayapura (Kota/Kabupaten) menjadi daerah dengan transaksi QRIS terbesar se-tanah Papua.**


BACA JUGA

Transaksi Kopi Papua pada World of Coffee Copenhagen Capai Rp1,45 Miliar

Rabu, 03 Juli 2024 | 05:30 WIB

KPw BI Papua Bersama Botasupal Gelar Edukasi CBP Rupiah dan Sosialisasi QRIS

Senin, 01 Juli 2024 | 09:59 WIB

Papua Terpilih Mewakili Indonesia di Ajang World of Coffee 2024 di Copenhagen Denmark

Jumat, 21 Juni 2024 | 07:58 WIB

Bank Indonesia Distribusikan 19 Hewan Kurban di seluruh DOB Tanah Papua

Selasa, 18 Juni 2024 | 06:40 WIB
TERKINI

Polisi Berhasil Menangkap Empat Pelaku Utama Bentrok Warga di Nduga

14 Jam yang lalu

Kedatangan Prajurit TNI Membawa Misi Kemanusiaan, Disambut Haru Masyarakat Agandugume

1 Hari yang lalu

Seorang Warga Tewas dalam Kebakaran Hebat di Mamberamo Raya

1 Hari yang lalu

Freeport & Pemda Mimika Gelar Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

1 Hari yang lalu

Semarak Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Gelar Panggung Prajurit Tampilkan Band Armada

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com