MENU TUTUP

Lantamal X Jayapura Gelar Lomba Renang Laut 2024, Jaring Atlet Muda Papua Berprestasi

Minggu, 30 Juni 2024 | 08:28 WIB / Andi Riri
Lantamal X Jayapura Gelar Lomba Renang Laut 2024, Jaring Atlet Muda Papua Berprestasi Ratusan peserta lomba renang laut yang digelar Lantamal X Jayapura, Sabtu (29/06/2024)/Pen Lantamal X

JAYAPURA, wartaplus.com - Lantamal X Jayapura menggelar event "Danlantamal X Cup Swimming Oven Water" tahun 2024, dalam menumbuh kembangkan kecintaan Bahari Nusantara serta untuk menjaring altet Renang generasi muda Papua.

Lomba Renang Laut digelar Kegiatan lomba renang berlangsung di Teluk Jayapura depan kantor gubernur Papua, jalan Soa Sio  Dok II  Jayapura Papua, Sabtu (29/06/2024).

Lomba ini mendapat antusias luarbiasa dari masyarakat.  Sebanyak  180 peserta  yang terdiri dari peserta  perorangan   dan beberapa Club  Swimming, baik dari Kota Jayapura, kabupaten Jayapura,  kabupaten Sarmi, Merauke , Papua Selatan, bahkan dari Makassar Sulawesi Selatan.

Adapun lomba renang yang dilaksanakan terbagi dari 2  katagori tanpa Pin dan Snorkle Jarak 500 meter untuk usia 13 tahun dan jarak 1000 meter untuk usia 14 -17 tahun, sedangkan  katagori 2  pakai Pin dan Snorkle jarak 1000 meter dengan usia 13 tahun  serta jarak 2000 meter untuk usia 14 -17 tahun.

Lomba renang dengan tangan serta beresiko tinggi ini di buka oleh  Staf Ahli Gubernur Yan Piet Rawar mewakili Pj. Gubernur Papua dengan didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla., bersama Forkopimda Papua.



Danlantamal X dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan open water swimming Danlantamal X cup ini,  merupakan  bentuk  kepedulian   TNI AL khususnya Lantamal   X   dalam upaya menumbuhkan  kecintaan  terhadap budaya MARITIM  Nusantara,   serta sebagai salah satu upaya mengkampanyekan budaya laut bersih, 

"Karena laut memiliki arti penting bagi kehidupan manusia yang  menyimpan  potensi  kekayaan  alam sangat besar sehingga kita wajib  menjaga  kelestariannya," katanya.

Disamping itu, lomba renang ini merupakan langkah  nyata  TNI-AL khususnya Lantamal X untuk memasyarakatkan olahraga renang bagi generasi muda dengan harapan dari perlombaan ini akan didapatkan atlet-atlet berprestasi dari wilayah Papua khususnya di Jayapura yang siap mengikuti perlombaan baik ditingkat nasional  maupun  internasional. 

Seluruh peserta lomba dapat senantiasa menjaga semangat dan menjunjung tinggi sportifitas meraih prestasi dalam berlomba.

Sementara itu Pj. Gubernur Papua yang di wakili staf ahli mengaku bangga dan mengapresiasi upaya dan kerja keras dari Lantamal X dan seluruh panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

"Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan pengalaman yang berkesan bagi kita semua dan secara khusus kepada para peserta," harapnya.

Adapun sebagai pemenang untuk kategori tanpa Pin dan Enorkle  500 meter 13 tahun Putra Juara 1 Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS, Juara 2 Lorenzo dari CSC dan juara 3 Rafael Marselino Z. Gabur dari CSC.

Kategori tanpa Pin dan Snorkle  500 meter 13 tahun puteri, Juara 1 Nathania Z. Wohel  CSC, Juara 2 Friskilla Linda Qandibodibo dari ODC dan juara 3 Felycia Lovania Abel dari BMJ.

Kategori tanpa Pin dan snorkle  1.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Muhammad Rizky dari TCSC, Juara 2 Raditya Vedrodova S. dari VJS, dan juara 3 Lukas Bual Paotere Merauke.

Kategori tanpa Pin dan snorkle  1000 meter 14-17 tahun puteri  Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC.

Kategori menggunakan  Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun putera Juara 1 Jesen Henega dari BMJ, Juara 2  Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS dan juara 3 Farel Alif Kurniawan dari CDC.



Kategori pakai Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Azkia Aulya Ramadhan VJS SC, Juara 2 Chaityne Parhasian M. dari CDS, dan juara 3 Nathania Z. Wohel  CSC.

Kategori pakai Pin dan snorkle  2.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC. Juara 2 Yosephine Awi dari BMJ, dan juara 3 Pascha E. Infandi   BMJ.

Serta kategori pakai Pin dan Snorkle  2.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Speniel Yarangga BMJ,  Juara 2 Alfi Dzaki Riyalam dari BMJ, dan juara 3 Oscar Roberth H. Sinaga dari CDC.

Pada acara lomba renang ini ada yang menarik perhatian dengan perenang termuda atas nama M. Zakwan Abrizam Said usia  5 tahun masih duduk di TK dan Assifa usia 7 tahun dari Cenderawasih Swimming Club' (CSC) Kabupaten Merauke Papua Selatan.

Kedua Peserta termuda ini mendapatkan Hadiah dan perhatian khusus dari Komandan Lantamal X Jayapura karena di usia masih belia mampu berenang 500 meter tanpa Pin dan Snorkle

Acara juga di meriahkan penampilan atlet para motor TNI/Polri Papua dan Porlasi Papua hampir 90 persen atlet-atletnya adalah Putra/Puteri anggota Lantamal X Jayapura.(rilis)


BACA JUGA

Tabur Bunga di Laut, Cara Lantamal X Jayapura Bersama Forkopimda Kenang Pertempuran Laut Aru

Senin, 15 Januari 2024 | 17:42 WIB

Peringati Hut Kemerdekaan RI, Lantamal X Jayapura Gelar Upacara Dibawah Laut

Rabu, 16 Agustus 2023 | 14:35 WIB

Sebelum Pindah Tugas, Brigjen Marinir Feryanto Marpaung Sambangi Panti Asuhan di Sentani

Senin, 10 April 2023 | 07:33 WIB

Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Jenazah Nelayan Hilang 2 Hari di Pantai Holtekamp

Minggu, 26 Maret 2023 | 12:35 WIB
TERKINI

Papua Pegunungan menjadi Provinsi dengan Presentase Penduduk Miskin Tertinggi di Indonesia

7 Jam yang lalu

Danseskoad Kunjungi Pasis Dikreg Seskoad LXIV 2024 yang sedang KLK Wilhan di Kodim 0619/Purwakarta

8 Jam yang lalu

Plt.Kadis PMK Tolikara Warning 541 Kepala Kampung Penerima Dana Desa

16 Jam yang lalu

Pemkab Tolikara Salurkan Dana Desa Tahap Pertama Bagi 541 Kampung Total Rp217,497 Miliar

16 Jam yang lalu

Pemda Tolikara Bersama Kepolisian Siap Bersinergi Amankan Pilkada Damai 2024

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com