MENU TUTUP

Kunker ke Mimika, Gubernur Ribka Sedih Masih Banyak Masyarakat Miskin

Jumat, 26 Juli 2024 | 19:29 WIB / Andi Riri
Kunker ke Mimika, Gubernur Ribka Sedih Masih Banyak Masyarakat Miskin Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk saat mendampingi Ketua Umum TP-PKK, Ny.Tri Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya ke Timika/Humas Papua Tengah

MIMIKA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM dibuat pusing dengan tidak meratanya pembangunan di Kabupaten Mimika. Padahal Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki kota emas itu cukup besar.

Menurut Ribka, seharusnya di Kabupaten Mimika sudah tidak ada lagi masyarakat miskin.

Hal itu dikatakan Ribka saat mendampingi Kunjungan Kerja Ketua Umum TP-PKK Pusat, , Ny. Tri Tito Karnavian di Distrik Kwamki Narama, Timika, Jumat (26/07/2024). Kegiatan PKK ini masih dalam rangkaian HUT Hari Anak Nasional.

“Kabupaten Mimika ini APBD-nya besar, tapi nyatanya yang kita lihat pembangunan tidak merata, masyarakat seharusnya mendapatkan standar kesehatan dan kesejahteraan yang tinggi. Harusnya tidak ada lagi anak putus sekolah dan tidak boleh ditemukan lagi ada masyarakat miskin,” ungkapnya prihatin.

Menurut Ribka Haluk, kesejahteraan mayarakat Kabupaten Mimika seharusnya di atas rata-rata, pasalnya daerah ini merupakan wilayah tambang emas terbesar di dunia yang mana perusahaan yang melakukan penambangan adalah PT Freeport Indonesia.

“Sehingga ini menjadi pergumulan kita semua,  karena anggaran cukup tinggi di Kabupaten Mimika, tapi yang kita lihat jurang pemisah antara yang mampu dan tidak mampu cukup besar, ini ironis. Orang hidup di tanah emas, seharusya kesejahteraan di atas standar rata rata,” ujarnya.

Pj Gubernur mengingatkan seharusnya tidak ada anak yang kurang gizi dan tidak ada anak yang tidak sekolah. Namun nyatanya anak kurang gizi dan tidak sekolah di Mimika sangat banyak.

“Saya tidak menyalahkan siapa-siapa tapi saya instruksikan untuk ini menjadi perhatian kita semua, disinikan ada OPD. Tolong perhatikan rumah yang tidak layak huni, anak-anak yang tidak sekolah dan lain-lain. Masyarakat kita masih hidup dalam kemisikinan,” tegas pintanya.



Ia meminta kepada semua Ketua PKK di setiap Distrik di Mimika untuk mendorong program-program yang menyentuh masyarakat, sebab PKK ini yang berurusan dengan masyarakat dan anak-anak dari bawah.

“Saya yakin PKK ini juga mendapatkan dana dari Pemerintah Daerah, jadi tolong programnya yang menyentuh masyarakat, tidak perlu kegiatan yang besar-besar, kegiatan yang lihat anak-anak, kegiatan kesehatan atau kegiatan pendidikan,” ungkapnya.

Ribka Haluk dalam sambutannya tak lupa mengucapkan selamat datang untuk Ketua PKK Pusat, Ny. Tito Karnavian dan rombongan  di Distrik Kwamki Narama.

Ia mengatakan kehadiran Ketua PKK Pusat memberikan semangat baru bagi pemerintah untuk terus memperjuangkan masa depan yang cerah bagi anak-anak Indonesia yang ada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

“Tema Hari Anak Nasionak  tahun ini, Anak Terlindungi, Indonesia Maju, mengingatkan kita tentang tanggung jawab bersama untuk menciptakan  lingkungan yang aman, mendidik dengan penuh kasih sayang generasi penerus bangsa,” terangnya.

Melalui kunjungan kerja Ketua PKK Pusat diharapkan dapat menggali  lebih dalam kerja sama berkelanjutan dalam upaya meningatkan  prioritas kehidupan anak –anak di Papua Tengah dengan sinergi yang kuat  antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serat masyarakat.

“Kita dapat bersama sama mencapai tujuan memastikan  setiap anak mendapatkan perlindungan yang mereka butuhkan dalam  kesempatan untuk berkembang  secara optimal,” kata Ribka yang oleh kepala suku se-Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk diberi gelar nama adat Deerowuni Yum Meumau yang artinya perempuan tua Papua/noken pertama.(adv)


BACA JUGA

Valentinus Sudarjanto Sumito Dilantik Sebagai Pj Bupati Mimika

Jumat, 06 September 2024 | 18:47 WIB

Lantik Pengurus FKUB Papua Tengah, Ini Pesan Pj Gubernur Ribka

Kamis, 05 September 2024 | 21:27 WIB

Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Papua Tengah dan Papua Selatan

Kamis, 05 September 2024 | 21:21 WIB

Seorang Warga Sipil Tertembak di Dogiyai Papua Tengah

Senin, 02 September 2024 | 07:31 WIB

Ini Penghargaan Kemendagri dan Tempo Media Grup untuk Pj Gubernur Ribka Haluk

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 18:25 WIB
TERKINI

Akhiri Masa Tugas Sebagai Kapolda Papua, Komjen Fakhiri Serahkan Pataka Rastra Samara

1 Hari yang lalu

Valentinus Sudarjanto Sumito Dilantik Sebagai Pj Bupati Mimika

1 Hari yang lalu

Lantik Pengurus FKUB Papua Tengah, Ini Pesan Pj Gubernur Ribka

2 Hari yang lalu

Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Papua Tengah dan Papua Selatan

2 Hari yang lalu

Hari Pelanggan Nasional, Sejumlah Direktur Telkomsel Turun Langsung Sebagai Agen Customer di GraPARI

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com