MENU TUTUP

Pj Gubernur Lepas 325 Atlet Papua, Siap Berlaga di PON XXI Aceh - Sumut

Rabu, 21 Agustus 2024 | 17:10 WIB / Andi Riri
Pj Gubernur Lepas 325 Atlet Papua, Siap Berlaga di PON XXI Aceh - Sumut Penyerahan bendera kontingen Papua dari PJ Gubernur Papua, Ramses Limbong kepada Ketua Kontingen, Derek Hegemur/dok:Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua, Ramses Limbong secera resmi melepas 325 atlet yang akan berlaga di 50 cabang olahraga, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh - Sumatera Utara. Upacara pelepasan berlangsung di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Rabu (21/08/2024).

Dipimpin Asisten III Setda Provinsi Papua, Derek Hegemur (Ketua Kontingen,red), total kontingen Papua berjumlah 506 orang terdiri dari 325 atlet,  pelatih 69 orang, asisten pelatih 43 orang. Lalu 40 orang ofisial Non In Campus, sehingga keseluruhan berjumlah 546 orang.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong memberikan semangat dan meyakinkan para atlet bahwa mereka mampu menorehkan prestasi terbaik di pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut.

"Suarakan semangat nyata di Aceh dan Sumut. Tidak ada yang kebetulan dan tidak ada yang mustahil dalam hidup. Proses itu tidak akan ada yang mengkhianati hasil, selama ini proses itu akan membawa hasil yang bagus," ujarnya.



Dengan kerja keras dan berlatih, ucap Pj Gubernur, ia meyakini para atlet mampu membuat yang terbaik untuk Papua.

"Tujuan kita hanya satu untuk membanggakan dan membawa nama baik Papua," serunya.

"Jadi tidak ada kata lain, itu lah misi kita berangkat dari sini dengan keyakinan dan tunjukkan yang terbaik. Masyarakat Papua menunggu hasil yang akan diraih oleh kalian semua. Kami menunggu Papua berkibar di Aceh maupun Sumut," serunya lagi.

Sementara itu, Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya menyampaikan rasa syukur Papua akhirnya bisa mengikuti PON XXI.
Kenius menuturkan, awalnya atlet yang telah lolos mengikuti PON XXI sebanyak 374 atlet.

"Namun kami seleksi dengan kondisi yang ada, menjadi 325 atlet. Terdiri dari 51 cabor dan disiplin yang akan diikuti. Pelatih 69, asisten 43, masseur 19 orang, teknisi 22 orang, pembantu 28 orang dan total ofisial 506 orang. Di tambah dengan ofisial KONI non in campus 40 orang, total 546 orang," sebutnya.

Untuk diketahui wilayah Aceh akan mempertandingkan 23 cabor, 29 disiplin, 130 nomor pertandingan, dan kemudian jumlah 180 atlet dan ofisial 107.

Sedangkan wilayah Sumut, 9 Kabupaten kota, 20 cabor, 22 disiplin, dan 66 nomor pertandingan, jumlah atlet 145 atlet dengan 74 ofisial.

"Dari sekian yang kita kirim, kami sudah menganalisis dari performa atlet dan kesiapan mereka, setelah kita verifikasi ada atlet yang jadi unggulan kami," ungkapnya.

"Ada 22 cabor potensi dari 47 pertandingan yang ada. 64 atlet yang kita proyeksi medali karena mereka ini beberapa waktu yang lalu mengikuti TC atau pun Pelatnas. bahkan empat orang di antaranya ikut tes Olimpiade dan satu yang lolos dari Panahan," sambungnya.

Kenius menambahkan, pihaknya menargetkan 42 emas. "Kita estimasi sementara bisa berkurang dan bertambah, karena atlet yang kami kirim harus jujur kami sampaikan bahwa selama ini belum TC dengan baik. Ada yang berlatih secara mandiri , tapi saya percaya dengan semangat yang ada adik-adik atlet kita ini akan mengharumkan nama Papua," tukasnya.

Kenius berharap dukungan Gubernur untuk memberikan semangat kepada patriot olahraga Bumi Cenderawasih yang akan berlaga di PON XXI.**


BACA JUGA

Rakerkesda ke II Tahun 2024 Provinsi Papua Tengah, Menkes: Utamakan Aksi Promotif dan Preventif

Kamis, 19 September 2024 | 06:18 WIB

Kuasa Hukum KPU PBD Ingatkan Bapaslon Tuntaskan Masalah Utang Piutang Sebelum Pleno Penetapan

Kamis, 19 September 2024 | 06:07 WIB

Sem Kogoya Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai di Papua

Rabu, 18 September 2024 | 15:07 WIB

KPU PBD: Jika ada yang Merasa Dirugikan Terkait Paslon Pilgub, Silahkan Tempuh Jalur Hukum

Rabu, 18 September 2024 | 12:43 WIB

Telkomsel Gelar Program CSR Papua Maluku Digital Bootcamp Season 2

Rabu, 18 September 2024 | 08:17 WIB
TERKINI

Rakerkesda ke II Tahun 2024 Provinsi Papua Tengah, Menkes: Utamakan Aksi Promotif dan Preventif

2 Jam yang lalu

Kuasa Hukum KPU PBD Ingatkan Bapaslon Tuntaskan Masalah Utang Piutang Sebelum Pleno Penetapan

2 Jam yang lalu

Sempat Disandera OPM di Sinak, Karyawan PT.Jayakarta Jasa Bakti Akhirnya Dibebaskan

16 Jam yang lalu

Sem Kogoya Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai di Papua

17 Jam yang lalu

KPU PBD: Jika ada yang Merasa Dirugikan Terkait Paslon Pilgub, Silahkan Tempuh Jalur Hukum

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com