MENU TUTUP

Pj Gubernur Limbong Berharap Kampung Bring jadi Kampung Percontohan di Papua

Jumat, 13 September 2024 | 20:32 WIB / Andi Riri
Pj Gubernur Limbong Berharap Kampung Bring jadi Kampung Percontohan di Papua Pj Gubernur Papua, Ramses Limbong didampingi Pj Bupati Jayapura, Samuel Siriwa saat panen padi di Distrik Kemtuk Gresi/Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong berharap Kampung Brin yang ada di Kabupaten Jayapura, menjadi contoh kemandirian yang dapat ditiru oleh daerah lainnya di Bumi Cenderawasih, dalam hal peningkatan ekonomi secara luas.

Limbong mengapresiasi masyarakat, kepala kampung, aparat pemerintah, serta tokoh adat dan agama setempat yang telah bekerja sama dalam mewujudkan Kampung Mandiri Bring sebagai Pilot Project Kampung Mandiri Ekonomi di Provinsi Papua.

"Kita apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam persiapan dan pelaksanaan program ini sebagai bagian dari langkah strategis untuk membangun kemandirian kampung," ucap Pj Gubernur saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jayapura, Jumat (13/09/2024).

"Harapan untuk masa depan, kita berharap kampung ini menjadi model kampung mandiri yang dapat ditiru oleh daerah lain di Papua," harapnya.



Menurut Limbong, Pemprov Papua saat ini terus berupaya melakukan penguatan ekonomi lokal lewat pemberdayaan berbasis potensi yang diantaranya melalui pengembangan UMKM.

Kemudian penguatan ekonomi kreatif yang didorong sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja di kampung.

Sementara untuk ketahanan pangan lokal, Pemprov Papua terus menjamin ketahanan pangan masyarakat serta menumbuhkan ekonomi kampung yang mandiri.

Upaya itu diantaranya lewat diversifikasi pangan lokal, termasuk pengolahan dan distribusi hasil pertanian dengan pelibatan warga kampung mulai dari tahap pembangunan hingga pelaksanaannya.

"Pemprov Papua disini memberikan bantuan teknis, program pendampingan, serta dukungan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kampung. Pemerintah daerah juga akan memastikan akses terhadap modal, teknologi, dan pelatihan untuk memberdayakan masyarakat kampung," terangnya.



Sehingga dengan demikian, diharapkan Kampung Bring dapat menjadi contoh nyata keberhasilan pembangunan kampung yang mandiri dan berkelanjutan.

"Karena kemandirian kampung bukan hanya tentang ekonomi, tetapi juga tentang keberdayaan masyarakatnya dalam menciptakan masa depan yang lebih baik," tukas Pj Limbong.

Dikesempatan yg sama Pj Gubernur juga meminta kepada Bank Indonesia, Bank Papua dan Bank BNI yg ikut dalam kunjungan tersebut memberikan kontribusi aktif untuk membantu hal hal yang dibutuhkan dan pengembangan  Kampung Bring  terlebih pengembangan ekonomi rakyat

Diketahui Pj Gubernur Limbong dalam kunjungan kerjanya di dampingi istri dan Kepala OPD Pemprov Papua. Gubernur Limbong sebelumnya sudah mengunjungi Kabupaten Supiori dan Biak Numfor.**



BACA JUGA

Kuasa Hukum KPU PBD Ingatkan Bapaslon Tuntaskan Masalah Utang Piutang Sebelum Pleno Penetapan

Kamis, 19 September 2024 | 06:07 WIB

Sem Kogoya Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai di Papua

Rabu, 18 September 2024 | 15:07 WIB

KPU PBD: Jika ada yang Merasa Dirugikan Terkait Paslon Pilgub, Silahkan Tempuh Jalur Hukum

Rabu, 18 September 2024 | 12:43 WIB

Telkomsel Gelar Program CSR Papua Maluku Digital Bootcamp Season 2

Rabu, 18 September 2024 | 08:17 WIB
Pilkada Papua

MDF Ziarah ke Makam Ondofolo dan Kunjungi Situs Bersejarah di Wilayah Ifar Besar Danau Sentani

Rabu, 18 September 2024 | 07:51 WIB
TERKINI

Kuasa Hukum KPU PBD Ingatkan Bapaslon Tuntaskan Masalah Utang Piutang Sebelum Pleno Penetapan

9 Menit yang lalu

Sempat Disandera OPM di Sinak, Karyawan PT.Jayakarta Jasa Bakti Akhirnya Dibebaskan

14 Jam yang lalu

Sem Kogoya Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai di Papua

15 Jam yang lalu

KPU PBD: Jika ada yang Merasa Dirugikan Terkait Paslon Pilgub, Silahkan Tempuh Jalur Hukum

17 Jam yang lalu

Telkomsel Gelar Program CSR Papua Maluku Digital Bootcamp Season 2

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com