MENU TUTUP

Dua Klinik Kolaborasi Pemkab Mimika-Freeport Indonesia Raih Kenaikan Akreditasi Kemenkes

Jumat, 04 Oktober 2024 | 13:34 WIB / Roberth
Dua Klinik Kolaborasi Pemkab Mimika-Freeport Indonesia Raih Kenaikan Akreditasi Kemenkes Suasana pelayanan kesehatan masyarakat di klinik Pemda Utikini SP 12 dan Wangirja SP 9/Corcom PTFI

TIMIKA,wartapluw.com – Sebanyak dua Klinik Kesehatan yang merupakan kolaborasi Dinas 
Kesehatan Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI) yakni Klinik Wangirja dan Klinik Utikini Baru meraih kenaikan akreditasi dari Kementerian Kesehatan.

“Freeport Indonesia akan terus mendukung operasional klinik dengan mendukung pemeliharan bangunan, tenaga kesehatan (mantri) serta mendukung pemenuhan kebutuhan obat-obatan agar selalu tersedia sesuai dengan perjanjian hibah klinik kepada pemerintah pada tahun 2021 lalu,”kata Direktur & Executive Vice President (EVP) Sustainable Development & Community Relations PTFI, Claus Wamafma. 

Klinik Wangirja yang berlokasi di SP 9 kini berstatus akreditasi Madya dan Klinik Utikini Baru yang berada di SP 12 menyandang berstatus akreditasi Utama. Kedua klinik ini berada di Kabupaten Mimika, tidak jauh dari wilayah dataran rendah PTFI. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengapresiasi pencapaian dari kedua klinik yang berada di Distrik Kuala Kencana 
dan Distrik Iwaka ini. 

“Hasil dari akreditasi Utama Klinik Pemda Utikini Baru SP 12 akan ada peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dengan hadirnya satu dokter spesialis bersertifikasi sesuai standar pemerintah. Sedangkan hasil dari peningkatan akreditasi Klinik Pemda Wangirja SP 9 menjadi status Madya, akan Dinkes akan mendapat memberi perhatian khusus dengan mengevaluasi perbaikan pelayanan dari Klinik ini di segala aspek,” kata Reynold Ubra.

Reynold menjelaskan dalam proses meraih akreditasi, kedua klinik telah melakukan pemenuhan standar sarana dan prasarana alat kesehatan, pemenuhan syarat Sumber Daya Manusia (SDM), penyusunan program rencana kerja, serta pengukuran indikator mutu dan insiden keselamatan 
pasien. Selain itu, proses akreditasi klinik ini diraih berdasarkan pemenuhan lima standard yang ditetapkan Pemerintah, yaitu regulasi, dokumen, observasi, wawancara dan simulasi. 

“Kami berharap agar status akreditasi Klinik ini dapat membantu perubahan status Klinik tersebut menjadi Puskesmas di kemudian hari,” pungkas Reynold Ubra. Untuk diketahui, proses akreditasi dua klinik dilakukan dua lembaga di bawah koordinasi Kemenkes. Proses akreditasi Klinik Wangirja SP 9 dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilator Kesehatan Indonesia (LAFKI).

Sementara itu, untuk proses akreditasi Klinik Utikini Baru SP 12  dilakukan oleh Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP).
“Kami berharap kedua klinik ini dapat terus memberikan pelayanan kesehatan yang lebih 
berkualitas bagi masyarakat sekitar sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Claus


BACA JUGA

Pertikaian Warga Lanny dan Nduga Berakhir, Kedua Kubu Sepakat Damai

Minggu, 06 Oktober 2024 | 05:48 WIB

Temui Warga Kampung Mandala Jayapura, Mari-Yo Janji Bakal Penuhi Kebutuhan Nelayan

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 19:37 WIB

Tokoh Agama: Papua Tanah Damai, Sebby Sambom Stop Bikin Gerakan Tambahan

Jumat, 04 Oktober 2024 | 06:46 WIB

DPKP: Lahan Tanah Biak Layak Dikembangkan Dukung Program "Food Estate"

Kamis, 03 Oktober 2024 | 09:17 WIB
TERKINI

Pertikaian Warga Lanny dan Nduga Berakhir, Kedua Kubu Sepakat Damai

29 Menit yang lalu

Temui Warga Kampung Mandala Jayapura, Mari-Yo Janji Bakal Penuhi Kebutuhan Nelayan

10 Jam yang lalu

Hut TNI ke-79, Kodim 1714/Pj Terima Penghargaan Samkarya Nugraha dari Presiden Jokowi

10 Jam yang lalu

Kondisi Papua Pegunungan Aman Pascakonflik Antar Warga

1 Hari yang lalu

Dua Klinik Kolaborasi Pemkab Mimika-Freeport Indonesia Raih Kenaikan Akreditasi Kemenkes

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com