MENU TUTUP

Pilkada Serentak di Kabupaten Puncak Papua Berjalan Aman dan Lancar

Rabu, 27 Juni 2018 | 18:11 WIB / Andi Riri
Pilkada Serentak di Kabupaten Puncak Papua Berjalan Aman dan Lancar Calon Bupati Petahana, Willem Wandik bersama istri saat melakukan pencoblosan di salah satu TPS di kota Ilaga,Rabu (27/6)/Istimewa

JAYAPURA,– Situasi dan kondisi Kabupaten Puncak, pasca pemungutan suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati periode 2018 – 2023 dilaporkan berlangsung aman dan kondusif. 

Ketua KPU Kabupaten Puncak, Erianus Kiwak saat dikonfirmasi pers via telepon, Rabu (27/6) malam  mengungkapkan, meski sebelumnya sempat dikhawatirkan adanya kericuhan, menyusul penolakan sejumlah elemen masyarakat terhadap calon tunggal namun hal itu akhirnya tidak terbukti. 

“Situasi aman baik itu untuk Pilkada bupati dan juga Pilkada gubernur. Dari 335 TPS di 25 distrik dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 158.350 ditambah dengan dua persen menjadi 164.000 lebih DPT,” ungkap Erianus

Sementara itu berdasarkan laporan yang diterima wartaplus.com dari Ilaga ibukota kabupaten Puncak diketahui bahwa semua kepala kampung telah sepakat 100 person mendukung pasangan Willem Wandik – Pelinus Balinal sebagai calon tunggal dengan menggunakan sistem ikat (noken). 

Dari hasil hitung cepat, pasangan ini sudah dapat dipastikan menang melawan kotak kosong. Dimana sampai dengan Pukul 17:30 Wit sudah 30 persen surat suara yang diterima memenangkan pasangan ini. Kemungkinan hari Kamis dan Jumat pekan ini sudah bisa mencapai 70 persen surat suara yang masuk. 

“Tunggu hasil pleno penetapan, setelah semua distrik membawa hasil rekapan suara. Tetapi saya mau tegaskan bahwa situasi aman dan kondusif. Masyarakat dengan kesadaran sendiri datang mencoblos diberbagai TPS, tanpa ada paksaan,” katanya

Erianus menambahkan, sesuai jadwal KPUD Puncak akan melaksanakan pleno penetapan pada tanggal 5 Juli mendatang. Namun pihaknya berharap akan dipercepat dari jadwal. 

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Papua,  Isak Hikoyabi yang berada di Ilaga menegaskan, pelaksanaan Pilkada di Puncak berjalan  aman dan lancar. Tidak ada terjadi konflik atau kericuhan seperti yang diragukan sebelumnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kapolres Kabupaten Puncak,  AKBP AF Indra Napitupulu. Dia menyebutkan berdasarkan laporan sementara yang diterimanya, saat ini secara keseluruhan jalannya hari pencoblosan di wilayah pengamanannya berlangsung aman dan kondusif.  

Sedangkan Calon Bupati dari Petahana, Willem Wandik mengakui, target awal tim pemenangannya yang didukung 7 partai politik ini, memang menang 100 persen. Dihari pencoblosan itu, Willem Wandik ditemani sang istri ikut melakukan pencoblosan di TPS 1 Distrik Ilaga.* 

 


BACA JUGA

Trauma dengan Teror KKB di Pegunungan Bintang, Puluhan Warga Mengamankan Diri ke Jayapura

Sabtu, 11 Mei 2024 | 19:07 WIB

Kontak Tembak Aparat Gabungan dengan KKB Kembali Terjadi di Homeyo Intan Jaya

Sabtu, 11 Mei 2024 | 19:01 WIB

Nekat Bawa Kabur Mobil Dinas Brimob Polda Papua, Pemuda Ini Dilumpuhkan Timah Panas

Sabtu, 11 Mei 2024 | 18:58 WIB

Tim Nasional Memanggil Siswa Papua Football Academy

Sabtu, 11 Mei 2024 | 16:52 WIB

Resmikan SPBU Satu Harga di Puncak Jaya, Pj Bupati: Pelayanan Menyeluruh kepada Masyarakat

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:38 WIB
TERKINI

Trauma dengan Teror KKB di Pegunungan Bintang, Puluhan Warga Mengamankan Diri ke Jayapura

1 Hari yang lalu

Kontak Tembak Aparat Gabungan dengan KKB Kembali Terjadi di Homeyo Intan Jaya

1 Hari yang lalu

Nekat Bawa Kabur Mobil Dinas Brimob Polda Papua, Pemuda Ini Dilumpuhkan Timah Panas

1 Hari yang lalu

Tenaga Kesehatan Mimika Ikuti Konferensi Internasional Neurovaskular

1 Hari yang lalu

Tim Nasional Memanggil Siswa Papua Football Academy

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com