MENU TUTUP

Meski Belum Ada Aturan Hukum, Pecandu Lem Aibon Harus Ditindak

Kamis, 01 November 2018 | 14:57 WIB / Albert
Meski Belum Ada Aturan Hukum, Pecandu Lem Aibon Harus Ditindak Kepala SMA YPK Oikumene, Arius Mofu/Albert

MANOKWARI,- Maraknya pengguna lem Aibon yang menyasar anak-anak dan remaja asli Papua di Kabupaten Manokwari, kini menjadi perhatian publik, bahkan suara guru di tingkat SMA pun angkat bicara tentang masalah ini.

Kepala SMA YPK Oikumene Manokwari, Arius Mofu sangat prihatin dengan kondisi anak-anak Papua yang sudah terjerumus menggunakan lem aibon. Bahkan, kata Mofu, lem aibon itu ditingkatkan kadar dengan cara mencampur bahan bakar minyak ( BBM) jenis premium.

Padahal lem aibon ini, menurut Arius Mofu masuk kategori zat adiktif, apalagi dengan campuran kadar bensin, justru berdampak persis dengan pecandu Narkotika.

Dijelaskan bahwa, di saat pengguna lem Aibon ini sudah teler, maka berdampak elusi dan tidak lagi mengontrol diri. Bahkan pengguna lem aibon ini membawa hayalan kepada si pengguna.

Oleh karena itu, kata Mofu, tidak ada alasan untuk lem aibon ini masuk ke dalam kategori zat adiktif, sehingga aparat keamanan dalam hal ini polisi dan BNN untuk mengambil tindakan tegas kepada para pengguna lem aibon yang bukan saja menyasar usia anak, tapi remaja dan dewasa.

"Akibat pengguna lem aibon ini merusak kesehatan dan membuat mereka yang pecandu semacam orang ling lung, maka tidak ada alasan untuk tidak proses pecandu lem aibon," katanya.

Mofu mengaku bahwa sampai sekarang belum ada aturan hukum yang dipake penegak hukum untuk menjerat mereka yang mengisap lem aibon, namun setidaknya ada tindakan lain yang diambil untuk mencegah dan menyelamatkan anak Papua dari masalah lem aibon.

Selain tindakan kepolisian, perang penting instansi terkait di provinsi, kabupaten, kota untuk segera dicari solusinya. Entah membuat perda atau menggunakan aturan mana, asalkan ada aturan yang menyelamatkan mereka yang kerap mengisap lem.

Sementara itu, Anton Rumbruren, SH salah satu dosen STIH Manokwari itu menjelaskan bahwa belum ada aturan hukumnya.  Akan tetapi peran penting pengawasan orangtua dan aparat pemerintah agar mengawasi pergerakan anak-anak Papua dari ancaman sosial, salah satunya mengisap lem. *


BACA JUGA

TERKINI

Satu Orang Diamankan Saat Pengejaran Pelaku Penyerangan Patroli Satgas 527/BY di Paniai

14 Jam yang lalu

Pangdam Cenderawasih Dampingi Kasad Kunker ke Wilayah Merauke Papua Selatan

15 Jam yang lalu

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

1 Hari yang lalu

Memikul Tanggung Jawab Renteng Pendidikan Akhlak Generasi Emas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com