MENU TUTUP

100 Diplomat Diberi Pembekalan Tentang Papua

Jumat, 30 November 2018 | 07:32 WIB / Andi Riri
100 Diplomat Diberi Pembekalan Tentang Papua Para diplomat yang akan mengemban tugas di luar negeri berfoto bersama pewakilan Kemenlu dan Badang Penghubung Pemda Papua/Istimewa

JAKARTA, -Kementerian Luar Negeri memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini melalui Kantor Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Papua di Jakarta yang telah memberikan pembekalan tentang Papua kepada sekitar 100 Diplomat yang akan segera mengemban tugas di Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

“Terima kasih kami ucapkan  atas nama Kementerian Luar Negeri kepada Kepala Badan Penghubung Pemda Papua yang telah berkenan untuk memberikan pembekalan tentang Papua kepada para diplomat kita”  ucap Duta Besar Nahari Agustini, yang mewakili Kementerian Luar Negeri pada acara Papua Culture & Coffee Festival “Kopi Papua untuk Diplomasi Pembangunan Papua” yang dilaksanakan Rabu, 28 November 2018.

Dalam rilis yang diterima wartaplus.com, Jumat (30/11), Nahari Agustini mengatakan, salah satu tugas diplomat adalah mempromosikan Indonesia di luar negeri. Sehingga diharapkan bahwa peserta orientasi mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai papua, baik itu perkembangan pembangunan  papua maupun mengenai seni budaya dan produk-produk unggulan papua. 

Dia juga berharap kegiatan semacam ini tidak hanya berhenti sebatas diskusi saja. Sebab masih banyak ruang  untuk peningkatan kerjasama Antara Kemlu dengan pihak-pihak di Pemerintah Daerah, khususnya dalam mempromosikan seni budaya, kuliner maupun keindahan alam untuk menjadi salah satu tujuan wisata.

Dalam pembekalan yang diberikan langsung oleh Kepala Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Papua, Alexander Kapisa, disampaikan data-data pembangunan, keberhasilan yang dicapai serta tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Papua dalam memacu pembangunan diberbagai sektor. “Para diplomat yang akan menjadi komunikator Indonesia di Luar Negeri, yang juga akan menjawab berbagai pertanyaan tentang papua sangat perlu mengetahui kondisi riil tentang papua saat ini, tentunya dengan mengacu pada data-data pembangunan yang adan" ujar Alex Kapisa

Pemerintah saat ini, lanjut dia, bersungguh-sungguh menghadirkan pemerataan pembangunan dan keadilan di Papua. 

“Salah satu bukti kesungguhan Pemerintah saat ini adalah dengan harga BBM yang sama dengan harga di Pulau Jawa. Masyarakat Papua sangat berterimakasih dengan kebijakan ini karena sangat mempengaruhi harga bahan pokok di daerah-daerah pegunungan dan terpencil yang sebelumnya sangat tinggi” bebernya

Dalam acara Papua Culture & Coffee Festival yang juga dihadiri Direktur Kerjasama Intrakawasan dan Antarkawasan Asia Pasifik dan Afrika, Andre Omer Siregar, Duta Besar Jonny Sinaga, dan beberapa peajabat di Kemlu disajikan kopi dan makanan dan hiburan tarian serta lagu-lagu khas papua. Acara ini merupakan rangkaian dari acara Papua Culture dan Coffe Festival yang digelar oleh Kantor Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Papua di Jakarta.

Papua Culture & Coffee Festival sebelumnya telah di gelar di Cilandak Town Square pada hari Jumat, 23 November 2018. Acara di Cilandak Town Square ini diadakan untuk mempromosikan Papua kepada masyarakat luas , khususnya kepada pencinta kopi dan penikmat kuliner. Selain kopi dan kuliner juga disajikan hiburan berupa tari-tarian dan musik yang menghadirkan musisi-musisi Papua seperti Frans Sisir, Lala Suages, Miki idol, Nobo Idol, Celo Epen Cupen, Mumu Stand Up Comedy, Tradisional Dance Nayak dan Mambefor serta Papua Original. 


BACA JUGA

TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

13 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

13 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

13 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com