MENU TUTUP

TPNPB Organisasi Papua Merdeka Klaim Senjata di Helikopter MI-17 Yang Jatuh Ada Ditangan Mereka

Sabtu, 15 Februari 2020 | 15:33 WIB / Andy
TPNPB Organisasi Papua Merdeka Klaim Senjata di Helikopter MI-17 Yang Jatuh Ada Ditangan Mereka Foto senjata yang berada di Helikopter MI-17 diklaim berada ditangan TPNPB-OPM/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com-10 pucuk senjata api milik anggota TNI yang jadi korban jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI AD di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, tidak ditemukan di antara puing-puing jatuhnya helikopter. Tim evakuasi dari TNI yang berhasil mencapai titik jatuhnya heli MI-17 pada Jumat (14/2), sudah menyisir puing-puing heli, namun tidak mendapati keberadaan senjata api yang dibawa oleh para korban.

Juru Bicara Komando Nasiona Tentara Pembebasan Nasional  Papua Barat (TPNPB)- Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom kepada wartaplus.com menegaskan,  senjata semua jenis dan amusnisi diambil oleh pasukan TPNPB. “ Tidak ada yang sisa,”ujarnya, Sabtu (15/2) sore.

Sebelumnya Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, memastikan bahwa 10 pucuk senjata api milik anggota TNI yang jadi korban jatuhnya Helikopter MI-17 milik TNI AD di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, tidak ditemukan di antara puing-puing hekikopter.

Pangdam mengaku, tim evakuasi yang berhasil mencapai titik jatuhnya heli MI-17 pada Jumat (14/2), sudah menyisir puing-puing heli, namun tidak mendapati keberadaan senjata api yang dibawa oleh para korban.

“Pada saat pengambilan jenazah, tim evakuasi tidak menemukan adanya senjata dilokasi jatuhnya heli MI-17,” kata Pangdam di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Sabtu (15/2) siang.

Mantan Pangdam Tanjungpura ini meyakini 7 senapan laras panjang dan 3 pistol yang hilang tersebut sudah diamankan oleh masyarakat yang melintas di kawasan jatuhnya Heli MI-17. Ia optimis bahwa 10 pucuk senjata tersebut akan dikembalikan.

“Dari informasi yang kami dapatkan bahwa senjata tersebut sudah diamankan oleh masyarakat setempat, sehingga kami akan melakukan pendekatan kekeluargaan agar dalam 1-2 minggu ini bisa dikembalikan,”ujarnya.*


BACA JUGA

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

Rabu, 24 April 2024 | 17:06 WIB
TERKINI

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

2 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

4 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

19 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com