MENU TUTUP

Dibubarkan, Massa ULMWP Lempari Aparat dengan Batu

Minggu, 16 Agustus 2020 | 14:05 WIB / Cholid
Dibubarkan, Massa ULMWP Lempari Aparat dengan Batu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd/Cholid

JAYAPURA,wartaplus - Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd mengungkapkan pihaknya sempat bentrok dengan kelompok ULMWP ketika hendak di bubarkan, lantaran tidak mengantongi ijin aksi dari pihak kepolisian.

"Setelah diberi peringatan waktu 15 menit orasi dan diingatkan lagi 5 menit terakhir ternyata mereka tidak indahkan. Dengan demikian kami bubarkan secara paksa dan terjadi perlawanan berakibat bentrok, dimana massa melempari aparat menggunakan batu," beber Kapolresta Minggu (16/8) pagi.

Menurutnya dalam aksi pembubaran itu pihaknya berhasil mengamankan tiga orang yang diduga sebagai koordinator aksi demo dan provokator bentrok. "Tiga orang yakni MG alias Mai (27), AYP (24) dan NP (20) sudah dipulangkan setelah menjalani proses pemeriksaan oleh penyidik di Polsek Abepura," bebernya.

Ia pun menyampaikan sebelum dilakukan pembubaran paksa, sehari sebelum Kepolisian Polresta Jayapura Kota telah memberikan peringatan untuk tidak melakukan aksi lantara pihaknya telah mengeluarkan surat penolakan aksi terhadap kelompok yang mengatas namakan ULMWP.

"Mereka sebelum telah memasukkan surat tapi kami telah membalas surat itu dengan penolakan, namun mereka tetap melaksanakan. Oleh karena itu kami tetap tindak tegas dengan pembubaran," tegasnya.

Bahkan Kapolresta pun menyampaikan tidak akan memberi ijin aksi kepada semua kelompok apabila ingin menggelar aksi yang mengumpulkan massa di kondisi pandemi saat ini. "Segala bentuk permintaan ijin kami secara otomatis akan tolak. Terkecuali melakukan audiens terkait kepentingan masyarakat," bebernya.*


BACA JUGA

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:14 WIB

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:07 WIB

Kapolda Sebut Tidak Ada Aksi Demo di Peringatan Hari Buruh Internasional di Papua

Rabu, 01 Mei 2024 | 18:55 WIB

KKB Berulah di Intan Jaya, Bakar Sekolah Negeri Pogapa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:34 WIB

Sungai Mamberamo Meluap, Ratusan Rumah di Tujuh Kampung Terendam Banjir

Selasa, 30 April 2024 | 17:28 WIB
TERKINI

Satu Orang Diamankan Saat Pengejaran Pelaku Penyerangan Patroli Satgas 527/BY di Paniai

5 Jam yang lalu

Pangdam Cenderawasih Dampingi Kasad Kunker ke Wilayah Merauke Papua Selatan

5 Jam yang lalu

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

19 Jam yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

19 Jam yang lalu

Memikul Tanggung Jawab Renteng Pendidikan Akhlak Generasi Emas

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com