MENU TUTUP

Sidak di Perusahaan Kayu, Aleda Yoteni Temukan Kayu Dikubur Dalam Tanah

Senin, 17 Agustus 2020 | 18:05 WIB / Albert
Sidak di Perusahaan Kayu, Aleda Yoteni Temukan Kayu Dikubur Dalam Tanah Anggota Pokja perempuan Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat dari wilayah adat Teluk Wondama Aleda Yoteni/Alberth

TELUK WONDAMA,wartaplus.com- Anggota Pokja perempuan Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat dari wilayah adat Teluk Wondama Aleda Yoteni melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu perusahaan kayu di kampung Simyei, distrik Wamesa, kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Minggu (16/8).

Di sana terdapat salah satu nama perusahaan yakni PT. Wijaya Sentosa yang sedang beroperasi mengolah kayu. Setelah melihat dekat pengolahan kayu di lokasi logpong, kata Aleda Yoteni, sangat disayangkan karena sebagian dari kayu tersebut dibuang atau afker dan dikubur kedalam tanah.

Padahal secara kasat mata masih ada kayu yang layak untuk bisa diolah. Aleda menyatakan, bahwa semestinya pihak perusahaan jangan membawa kayu yang kemudian nanti tidak diolah secara benar tetapi dibuang lagi. Artinya bahwa jangan merusak hutan dengan membawa kayu yang masih layak dipelihara.

"Sangat disayangkan kalau sebagian besar kayu dibuang dan ini sangat merugikan masyarakat adat setempat, termasuk merusak alam semesta Teluk Wondama" ungkap Aleda kepada wartaplus.com saat ditemui di Teluk Wondama, Senin (17/8).

Satu hal yang tidak dibayangkan oleh wakil anggota lembaga kultur ini adalah kayu-kayu olahan yang sudah tidak layak diolah langsung dikubur kedalam tanah. Tegas Aleda, kenapa membuang kayu tanpa diketahui oleh masyarakat adat setempat. Apalagi membuang kayu dengan cara mengubur kedalam tanah.

Semestinya, pihak perusahaan terbuka kepada masyarakat setempat, sehingga masyarakat bisa ketahui alasan pihak perusahaan mengubur kayu kedalam tanah. 

"Saya kesana tanpa diketahui oleh pihak perusahaan tersebut, nanti setelah melihat dan berdiskusi dengan beberapa karyawan disana untuk menanyakan pengelolaan kayu disana,  baru mereka kaget kalau ternyata saya dari MRP-PB. Itupun kami sudah mau pulang dari perusahaan baru mereka tahu" ungkap Yoteni.

Perempuan asli Teluk Wondama ini menjelaskan, sidak yang dilakukan ke perusahan sesuai dengan aspirasi masyarakat yang diterima, sehingga layak sebagai wakil adat di MRP mengawal setiap aspirasi yang masuk. 

Dia menambahkan, kayu yang dikelola oleh pihak PT Wijaya Sentosa di kabupaten Teluk Wondama dikirim ke Serui untuk diolah menjadi bahan siap pake disana.*


BACA JUGA

Lantamal X Jayapura dan Gakkum KLHK Gagalkan Penyelundupan 200 Kubik Kayu Merbau ke Jawa TimurĀ 

Jumat, 05 April 2024 | 07:56 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
Semoga Pemilu Aman

Pertamakalinya Paulus Waterpauw Gunakan Hak Pilihnya

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:35 WIB

Markas KST Manfred Fatem di Maybrat Digrebek, Dua Pemasok Logistik Ditangkap

Minggu, 28 Januari 2024 | 07:38 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

10 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

11 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

11 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

18 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com