MENU TUTUP

Polres Mimika Resmi Kukuhkan Tim Papan di Pomako

Selasa, 08 Mei 2018 | 15:25 WIB / Tahir
Polres  Mimika Resmi Kukuhkan Tim Papan di Pomako Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu anggota Tim Papan/Tahir

TIMIKA,-Kepolisian Resort Mimika mengukuhkan Tim Pemuda Peduli Keamanan (PAPAN) di Mapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Selasa (8/5). Pengukuhan Tim Papan yang berjumlah 30 orang pemuda ini dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, SIK.

Kapolres Mimika AKBP Agung mengatakan sangat mengapresiasi gagasan dari Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako dengan membentuk Tim Papan, yang merupakan tindak lanjut program Kepolisian Masyarakat (Polmas).

"Dengan pembentukan Tim Papan ini akan membantu tugas Kepolisian di Pelabuhan Poumako Dimana diketahui bersama bahwa anggota Polsek Poumako sangat terbatas, yakni 13 personil. Sehingga sangat terbatas dengan jumlah penduduk yang ada,"kata Kapolres.

Menurut Agung, apalagi Pelabuhan Poumako merupakan salah satu titik keluar masuknya orang dan barang di Mimika dan juga sebagai sentral pendistribusian barang ke wilayah Pegunungan Tengah Papua, seperti Asmat, Nduga, Puncak, dan daerah lainnya.

"Dari kondisi tersebut, tentunya dibutuhkan peran serta dari masyarakat, dalam menjaga keamanan di wilayah Pelabuhan Poumako. Sehingga perekonomian di Mimika ini menjadi lancar dan baik," ungkapnya.

Hal yang sama Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Ipda Khairul Umam mengatakan, dibentuknya Tim Papan ini berasal dari keprihatinan dan kepedulian terhadap masyarakat di Pelabuhan Poumako. Dimana masyarakat disini memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan, seperti seni budaya dan olahraga.

"Dari potensi yang ada tersebut, kami memiliki ide untuk membentuk Tim Papan Pelabuhan Poumako. Yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan mengakomodir semua potensi yang ada,"kata Umam.

Ia menjelaskan Tim ini nantinya dibagi dalam tiga regu, dengan satu danton. Danton ini akan mengakomodir semua anggotanya untuk bisa membantu pelaksanaan tugas Kepolisian.

“Tiga regu tersebut menjalankan piket, mulai harian, lepas, dan cadangan. Yang tugasnya membantu kepolisian disaat ada kapal datang dan menginformasikan hal-hal yang mencurigakan,”ungkapnya.*


BACA JUGA

TERKINI

Pemda Puncak Jaya Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Konsultasi Publik

27 Menit yang lalu
Hanura: Peta Politik Papua Berubah

Paulus Waterpauw Jadi Kandidat Terkuat Gubernur Papua

7 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

21 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

22 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com