MENU TUTUP

Kapolda Papua Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolres Jajaran Polda Papua

Senin, 02 Agustus 2021 | 13:56 WIB / Reza
 Kapolda Papua Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolres Jajaran Polda Papua Upacara Serah terima Jabatan Kapolres Kapolres Jayawijaya, Kapolres Tolikara dan Kapolres Mamberamo Tengah, Senin (2/8/2021)  pagi  Aula Rasra Samara Polda Papua/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com  – Upacara Serah terima Jabatan Kapolres Kapolres Jayawijaya, Kapolres Tolikara dan Kapolres Mamberamo Tengah, Senin (2/8/2021)  pagi  Aula Rasra Samara Polda Papua.

Pelaksanaan Sertijab dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri S.I.K., di hadiri Para Pejabat Utama Polda Papua Wakapolresta Jayapura Kota, Wakapolres Jayapura dan Kapolres Keerom.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan, kegiatan serah terima jabatan dalam suatu Organisasi adalah merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi, juga memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi kedepan sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

“Selain itu tujuan mutasi pada suatu Jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas Kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun Operasional, sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat,”ujar Kapolda.

Diungkapkan, selaku pimpinan Polda Papua atas nama Kesatuan dan pribadi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja dan loyalitas yang baik kepada pejabat lama:

Kombes Pol. Dominggus Rumaropen, S.Sos., M.M. yang selanjutnya akan melaksanakan tugas sebagai Pamen Polda Papua (dalam rangka memasuki masa Purna Bakti) dan selamat atas anugerah kenaikan pangkat penghargaan dari AKBP menjadi Kombes Pol. 

“Tentunya dengan pangkat yang dicapai saat ini merupakan suatu kebanggan bagi Institusi kepolisian dan keluarga dimana saudara telah mengabdikan diri untuk berdinas di Kepolisian selama 32 tahun 4 bulan ini semua tidak lepas dari dukungan keluarga khususnya Bhayangkari Ny. Dominggus Rumaropen, mudah-mudahan anugerah ini dapat menambah kebahagiaan bagi segenap keluarga, begitu pula kepada AKBP Dr. Yuvenalis Takamully, S.H.,M.H. dan AKBP Simon Sahureka yang selanjutnya akan memasuki masa purnabhakti  dan terima kasih atas pengabdiannya di lingkungan Polda Papua selama ini semoga sukses dalam menjalani hari-hari kedepan dengan kesibukan yang baru. 

Kepada pejabat yang baru  AKBP Muh. Safei S.B.,S.E., yang selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Ps. Kapolres Jayawijaya, lalu AKBP Muhammad Jafar yang selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Ps. Kapolres Tolikar dan AKBP Rahmat Kaharuddin, S.H. yang selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Ps. Kapolres Mamberamo Tengah.

“Atas nama pribadi dan Kesatuan saya ucapkan selamat kepada pejabat yang baru atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Kapolres di jajaran Polda Papua, saya mengharapkan untuk segera beradaptasi dilingkungan kerja yang baru dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan saya harapkan dapat ditingkatkan, saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,”tukasnya.

Prioritas

Selain dari pada itu kita dituntut untuk mendukung program Prioritas Kapolri dalam melayani masyarakat serta mewujudkan Polri yang Presisi  “Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan” yang bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang unggul di era Police 4.0.

Dalam beberapa bulan ini dinamika perkembangan situasi Kamtibmas di Provinsi Papua  sangat meningkat seiring terjadinya atau dampak dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) serta banyaknya kejadian di beberapa Polres/Kabupaten, baik yang menimpa anggota Polri maupun masyarakat sipil serta isu-isu yang berkembang dan berita hoaks yang beredar di Media Sosial kian memicu situasi Kamtibmas.

“Maka diperlukan antisipasi, komunikasi serta kemitraan kepada seluruh muspida di wilayah masing-masing serta para tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh Adat dan organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada guna mempermudah dalam penanganan permasalahan dan penegakan hukum serta peningkatan Keamanan. Selain itu, kita juga masih dihadapkan pada pemungutan suara ulang di Kabupaten Nabire dan pandemi Covid-19 yang saat ini semakin meningkat. Meski kita sudah divaksin namun kita terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan Masker dan Social Distancing serta kita juga akan mengawal pelaksanaan program Pemerintah daerah yang akan meperlakukan PPKM di wilayah Provinsi Papua guna mempersiapkan pelaksanaan Pon XX yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 dan Peparnas 2021 di Provinsi Papua,”ujar Kapolda

Dilihat dari dinamika di atas, saya mengharapkan agar saudara-saudara dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing dimana saudara menjabat, serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan Keamanan yang terjadi diwilayah hukum Polda Papua, selain dari pada itu kepada seluruh personel Polda Papua, saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua,”harap Kapolda.* 

 


BACA JUGA

Rencana Aksi Unras Terkait Video Kekerasan Oknum TNI, Ini Penegasan Kapolresta Jayapura

Senin, 01 April 2024 | 18:24 WIB

Safari Ramadhan Ke-4, Kapolda Duduk Bareng Tokoh Muslim  dan  Adat di Jayapura

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:16 WIB

Kuota 70 Persen Anak-Anak Asli Papua Jadi Polisi, Frits Ramandey: Kebijakan Yang Perlu Didukung

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:15 WIB

Safari Rhamadan, Mathius Fachiri Beri Bantuan di Masjid Agung Keerom

Rabu, 27 Maret 2024 | 20:00 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

1 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

1 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

1 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

8 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

23 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com