MENU TUTUP

Manajemen Persipura Kirim Surat Terkait Investigasi Pertandingan Persib vs Barito Putra

Rabu, 06 April 2022 | 13:26 WIB / Roberth
Manajemen Persipura Kirim Surat Terkait Investigasi Pertandingan Persib vs Barito Putra Tim Persipura Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano mengatakan, manajemen hari ini, Rabu, 6 April 2022 kirim surat Permohonan investigasi 2 (dua) Pertandingan di week 34 antar Persib Bandung VS Barito Putra, dan PSS Sleman VS Persija Jakarta.

“Termasuk investigasi oknum personil klub, terkait dugaan pelanggaran fair play, dan dugaan pelanggaran regulasi BRI Liga 1 2021/2022, permohonan kami ajukan kepada Komisi Disiplin dan Komite Etik, bila nantinya ada pelanggaran etik ya bisa sekaligus ditangani,” ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, Rabu, 6 April 2022.

Dikatakan, ada beberapa hal yang menurut pihaknya patut menjadi sorotan investigasi misalnya, dugaan ada klub yang tidak memainkan tim/pemain terbaiknya, itu kan pelanggaran regulasi. 

“Sementara ramai beredar di ruang publik bahwa ada beberapa klub yang memiliki koneksi atau hubungan kepemilikan atau sejenisnya,” lanjut Pria asal Kampung Tobati, Kota Jayapura ini.

Dirinya menilai,  ada dugaan lub atau oknum klub yang secara sengaja mempengaruhi hasil pertandingan, itu termasuk pelanggaran regulasi. Termasuk pemain yang diduga dengan sengaja tidak memasukan bola ke gawang lawan, saat memiliki beberapa peluang emas, termasuk pinalti 'aneh'.

Di potongan video yang beredar di publik terlihat jelas bagaimana reaksi pemain tersebut saat rekannya menciptakan gol, patut diinvestigasi juga. Kalau kamu benar - benar mau menang pasti kamu gembira saat temanmu bikin gol, iya kan.

Termasuk pelatih, kalau benar mau menang kan pasti kecewa atau sedih saat pemainmu gagal pinalti.

“Kami juga mempertanyakan reaksi perangkat pertandingan saat pinalti aneh itu terjadi.," katanya.
Latar belakangnya adalah penjelasan dan penegasan Ketua Umum PSSI, bahwa perangkat pertandingan ditambah jumlahnya agar lebih teliti dan tidak salah mengambil keputusan, tapi yang terjadi justru berbeda, sebanyak itu perangkatnya masa tidak ada yang lihat ada lebih dari 1 pelanggaran saat pinalti itu,”ujarnya.

Disampaikan, dugaan pelanggarannya menurut kami adalah, sebelum bola ditendang, 2 (dua) pemain lawan sudah masuk area 16 meter, serta penjaga gawang lawan sudah bergerak atau berpindah posisi sebelum bola ditendang. Itu sangat jelas terlihat di rekaman video.

“Nah, dengan tambahan jumlah perangkat yang disampaikan Ketua Umum PSSI apakah tujuannya terlaksana, bagi kami tidak, terutama pada pertandingan tersebut,” katanya.

“Yang kami pertanyakan juga tidak ada protes dari personil Persib atas pelanggaran pinalti tersebut, entah kenapa, kami tidak tahu,”ungkapnya.

Kedua pertandingan itu sudah menjadi pembicaraan publik, hingga menimbulkan banyak reaksi dan pertanyaan, bahkan dari internal mereka, untuk itu demi menjaga azas fair play, integritas dan profesionalitas kompetisi, kami ajukan permohonan ini, kami justru sedang bantu PSSI.

Harusnya PSSI sebagai federasi pro aktif, tapi tidak ada, karena kami lihat federasi tenang-tenang saja saat integritas sepabola dipertanyakan publik, maka kami bergerak untuk membantu PSSI. 

“Bantuan kami ini sudah seharusnya didukung oleh PSSI,  karena terkait football integrity yang selalu mereka dengung-dengungkan,” harap Benhur Tomi Mano.*


BACA JUGA

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

Rabu, 24 April 2024 | 17:06 WIB
TERKINI

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

4 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

6 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

7 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

22 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com