MENU TUTUP

Kapolda Papua Harapkan Kesadaran Masyarakat Pesisir untuk Divaksin

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:43 WIB / Andi Riri
Kapolda Papua Harapkan Kesadaran Masyarakat Pesisir untuk Divaksin Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri saat mengunjungi gerai vaksinasi di Distrik Demtta, Kabupaten Jayapura, Jumat (20/05)/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengunjungi gerai vaksinasi di daerah pesisir Distrik Demta, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (20/05).

Dalam kesempatan itu, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Papua, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, Kepala Distrik Demta, Yoas Eybe dan para tokoh Distrik Demta.

Kapolda Papua mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan oleh Biddokes Polda Papua dan Polres Jayapura ini juga akan digelar di Distrik Refenirara.

"Vaksinasi ini akan lebih diutamakn untuk masyarakat dipesisir, saya berharap kepada masyarakat dipesisir kami datangi dan tidak perlu dimobilisasi untuk melakukan penyuntikan," katanya.

Ia berharap kepada kluster utama seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke pada akhir Mei sudah mencapai 90 persen untuk suntikan pertama, sedangkan suntikan kedua seharusnya mencapai 75 persen dan yang ketiga jika kedua dosis sudah dilaksanakan otomatis yang terakhir mengikuti.

"Kami berharap kegiatan yang kami lakukan baik dari Polri maupun TNI marilah kita bahu membahu untuk bisa mengangkat vaksinasi di wilayah Papua, tentunya kita perlu tenaga ekstra untuk melakukannya tetapi saya yakin kita semua bisa bahu-membahu dalam melayani masyarakat khususnya di bidang kesehatan," harapnya.

Kapolda Fakhiri menegaskan bahwa manfaat vaksin ini dapat membuat tubuh manusia menjadi sehat. 

“Saya sudah dua kali melaksanakan bahkan yang ketiga kali (booster) akan dilakukan dalam waktu dekat. Saya berani katakan pada masyarakat, vaksin ini aman pada saat ini di Demta yang dimulai dari daerah pesisir akan mendapatkan hadiah. Bagi yang beruntung bisa mendapatkan motor dan jonson bahkan dari Dirlantas Polda Papua akan menambahkan satu unit motor lagi,” bebernya.

Kendati lokasi vaksinasi kali ini jauh yang berada di pesisir Kabupaten Jayapura, namun pelayanan vaksinasi tetap harus dilakukan. Apalagi, Demta merupakan wilayah Kabupaten Jayapura yang pernah menjadi salah satu kluster penyelenggara PON XX Papua, sehingga diharapkan angka vaksinasi dapat mencapai 80-90 persen.

“Dengan booster maka herd immunity (kekebalan kelompok) akan bertambah dan di Papua saat ini masih terendah se Indonesia. Oleh sebab itu Polri/TNI dan pemerintah dapat mendongkrak vaksinasi. Kami akan bahu membahu meningkatkan vaksinasi,” ungkapnya.

Fakhiri juga mengatakan akan berkordinasi dengan pemerintah setempat soal jalan menuju Demta yang rusak.

"Dalam Gebyar vaksinasi di Distrik Demta, Polda Papua juga memberikan bantuan kepada 4 kelompok nelayan. Selain itu bagi warga yang ikut kegiatan vaksinasi juga di berikan 100 SIM gratis, 2 unit motor dan 1 unit motor jonson 15 PK yang bisa didapati dengan cara diundi," pungkas Kapolda.**


BACA JUGA

Bertemu Polisi New Zealand, Kapolda Papua: Ada Pihak Manfaatkan Isu Penyanderaan Kapten Philips

Senin, 26 Februari 2024 | 19:05 WIB

Sebanyak 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Mencoblos, Terbanyak Daerah yang Gunakan Sistem Noken

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:43 WIB

Mantan Kabid Humas Polda Papua Resmi Jabat Wakapolda

Rabu, 08 November 2023 | 21:14 WIB

Polda Papua Siap Salurkan Bantuan Logistik Warga Terdampak Cuaca Ekstrim di Amuma Yahukimo

Kamis, 26 Oktober 2023 | 17:06 WIB

Polda Papua Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Jayapura

Selasa, 17 Oktober 2023 | 05:04 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

14 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

14 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

14 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

21 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com