MENU TUTUP

Polda Papua Siap Salurkan Bantuan Logistik Warga Terdampak Cuaca Ekstrim di Amuma Yahukimo

Kamis, 26 Oktober 2023 | 17:06 WIB / Andi Riri
Polda Papua Siap Salurkan Bantuan Logistik Warga Terdampak Cuaca Ekstrim di Amuma Yahukimo Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Polda Papua siap menyalurkan 4 ton bantuan logistik dari Pemerintah Pusat untuk warga terdampak cuaca ekstrem di Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menjelaskan, 4 ton logistik yang terdiri dari beras, mie instan serta obat obatan tersebut akan dikirim menggunakan helikopter  ke lokasi yang terdampak.

“Proses pendistribusiannya, kita akan bekerjasama dengan Tim Gabungan Tanggap Darurat Pemda Yahukimo, yang nantinya dibawa menggunakan helikopter mengingat akses yang terbatas ke daerah tersebut. Bantuan ini diberikan dalam upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak cuaca ekstrim," ungkap Kombes Benny.

Menurut informasi yang didapat dari Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo, sejak Bulan Agustus 2023 sampai dengan saat ini terdapat 24 orang meninggal dunia dari 13 Kampung yang terletak di Distrik Amuma dengan penyebab kematian yang bervariasi yakni akibat sakit dan faktor lanjut usia.

Dukung Penuh

Secara terpisah, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri menyebut, personil Polres Yahukimo dan Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo yang akan turun langsung menyalurkan bantuan logistik ini.

Kapolda menegaskan, pihaknya akan mendukung penuh pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan di Papua, sehingga jangan sampai kejadian yang sama terulang di kemudian hari.

“Kami berharap bantuan ini akan memberikan bantuan yang signifikan kepada masyarakat yang terdampak, dan Polda Papua akan terus berupaya untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem dan berbagai faktor lainnya di Papua,” harapnya.

Bantahan Bupati Yahukimo

Sementara itu Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli dalam rilis tertulisnya membantahnya adanya kejadian bencana kelaparan yang menyebabkan jatuhnya korban di Distrik Amuma.

"Tidak ada bencana kelaparan yang menyebabkan kematian di Distrik Amuma," tegas Didimus.

Terkait adanya data kematian rentan waktu Februari hingga Oktober 2023, 11 orang dewasa (termasuk lansia 4 orang)  dan 11 anak-anak yag tersebar di sejumlah kampung, diakui Didimus, itu disebabkan karena sakit, dan terjadi bukan ditempat yang sama secara massal karena lapar.

"Pemerintah menganggap hal itu sebagai spekulasi yang sangat luar biasa untuk menjatuhkan wibawa pemerintah daerah," katanya menyayangkan.

Didimus menambahkan, terkait masalah ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian yang dikoordinir oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.**


BACA JUGA

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB

Seorang PNS di Yahukimo Tewas Ditikam OTK

Kamis, 04 April 2024 | 19:12 WIB

Jhonsep Salempang Dianiaya OTK Hingga Tewas di Yahukimo

Minggu, 31 Maret 2024 | 18:54 WIB

Massa Ngamuk di Kantor KPU Yahukimo, Minta Digelar PSU, Satu Pegawai Terluka

Senin, 04 Maret 2024 | 09:41 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

12 Menit yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

41 Menit yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

1 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

15 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com