MENU TUTUP

Komposer Erwin Gutawa Bakal Gelar Konser Orkestra di Papua

Selasa, 31 Mei 2022 | 22:45 WIB / Andi Riri
Komposer Erwin Gutawa Bakal Gelar Konser Orkestra di Papua Komponis Erwin Gutawa dalam acara sharing diskusi berama para seniman dan musisi di tanah Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Maestro musik Indonesia Erwin Gutawa Sumapradja berencana akan menggelar konser Orkestra di Papua pada Agustus 2022 mendatang.

Dalam konser yang bertajuk "Simphony di Tanah Papua" ini akan berkolaborasi dengan para seniman musik yang ada di bumi cenderawasih.

Dalam jumpa pers yang berlangsung usai kegiatan diskusi bersama para seniman Papua, Selasa (31/05) di Kota Jayapura, Erwin berharap rencana gelaran orkestra bisa terwujud.

Erwin yang dikenal sebagai seorang kompones, pencipta lagu dan produser ini menuturkan, dalam konser nantinya akan berkolaborasi dengan musisi dan senimana tanah Papua. 

"Dalam konser nantin, kita akan memboyong 50 musisi dari Jakarta yang akan berkolaborasi dengan 50 musisi tanah Papua. Dimana akan membawakn lagu lagu khas Papua," ujar Erwin.

Erwin Gutawa berfoto bersama Kapolda Papua Irjen Mathius Fachri bersama para seniman dan musisi  di tanah Papua

Aransemen Musik Papua

Ia mengaku sangat berkesan dengan musik dari tanah Papua. Bahkan ia pernah mengaransemen lagu musik asal Papua seperti pangkur sagu. 

"Intinya, saya ingin musisi dan seniman di Papua punya semangat dan pengalaman baru dalam berkarya," ujarnya.

Jack Demotouw seorang musisi senior Papua yang juga personel grup vokal Rio Grime menyambut baik rencana konser orkestra ini.

"Kami sangat bersyukur Papua masih memiliki orang-orang baik. Saya sangat yakin setelah ini akan terjadi hal-hal besar bagi musisi dan seniman Papua," ungkap Jack yang menganggap rencana konser ini diluar pemikirannya. 

Personel Papua original, Domie Abreso mengatakan ini merupakan kesempatan besar bagi anak-anak di Papua untuk mencintai lagu-lagu Papua lewat konser besar. 

"Mungkin saat ini anak-anak muda jarang mengenal lagu-lagu Papua. Makanya kami ingin mengajak mereka (anak muda) untuk memiliki motivasi dalam berkarya dan mengenal lagu-lagu Papua," ajaknya.

Sementara itu. Mathius Fakhiri selaku inisiator rencana konser berharap gelaran konser ini nantinya bisa menjadi daya ungkit para musisi dan seniman di tanah Papua, untuk berkarya lebih baik lagi dan dikenal tidak hannya di Papua ataupu Indonesia tetap juga di dunia internasional.

"Kita berharap kolaborasi musik musisi dan seniman Papua bersama Erwin Gutawa ini bisa menjadi lompatan bagi anak muda yang memiliki nilai seni kreatif untuk bisa menampilkan dirinya sebagai talenta muda," harap Mathius yang juga dikenal sebagai Kapolda Papua.

 "Inilah kesempatan baik. Semoga para musisi muda dan senior terpakai semua. Saya yakin ke depan akan muncul artis-artis tanah Papua yang sangat luar biasa," optomisnya.**


BACA JUGA

Kolaborasi Apik Erwin Gutawa Orkestra dan Ratusan Seniman Papua Memukau Ribuan Penonton

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:35 WIB

Konser Erwin Gutawa di Papua: Bakal Ada Tarian Yospan Diiringi Musik Orkestra

Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:50 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

9 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

9 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

11 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

11 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

12 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com