MENU TUTUP

Gebyar 'Mama Papua Mampu' Korem 172/PWY Diapresiasi Pangdam Cenderawasih, Serahkan 1 Kios Motor

Selasa, 06 September 2022 | 14:21 WIB / Andi Riri
Gebyar 'Mama Papua Mampu' Korem 172/PWY Diapresiasi Pangdam Cenderawasih, Serahkan 1 Kios Motor Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa didampingi Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring menyerahkan simbolis motor kios kepada peserta Bimtek/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Korem 172/PWY kembali menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) yang merupakan rangkaian dari Kegiatan Gebyar Mama Papua Mampu, berlangsung di lapangan Makorem 172/PWY di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (06/09).

Kegiatan ini dihadiri langsung Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Secara simbolis, Pangdam menyerahkan satu unit sepeda motor Viar yang dimodifikasi menjadi kios berjalan, lengkap dengan isi barang jualan sehari hari.

Sebanyak lebih dari 100 peserta mama mama Papua, diajarkan cara pembuatan aneka kuliner seperti roti abon, martabak, selai, manisan, kue sagu, dan kue rumahan lainnya oleh para pengajar yang berkompeten di bidangnya. Bimtek berlangsung selama dua hari. Tampak hadir di acara pembukaan Kepala BI Papua bersama sejumlah pimpinan Perbankan, Kakanwil Kumham Papua, GM PLN, Ketua Kadin, IWAPI, para Perwira Utama Kodam Cenderawasih dan Ketua serta Pengurus Persit Kodam Cenderawasih.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Saleh Mustafa memberikan apresiasi kepada Danrem 172/PWY dan jajaran yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek ini.

"Terima kasih Danrem dan jajaran. Ini kegiatam cukup mulia, bermanfaat bagi kemaslahatan kita semua," ucap Pangdam.

Ia berharap kepada para mama Papua yang mengikuti kegiatan Bimtek ini, semoga bisa kemudian mempraktekkan ilmu yang telah didapat, sehingga nantinya bisa menghasilkan pendapatan untuk membantu perekonomian.

"Kalau nanti saya beli ole ole kalau ke Jakarta, saya beli dari mama mama yang ikut bimtek ini," tukasnya.

"Semoga niat baik kita dimudahkan, dilancarkan, hidup saling membantu tolong menolong, karena itulah sejatinya kehidupan yang diharapkan," ucap Pangdam Saleh.

Tambah Wawasan

Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring berharap melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dari mama Papua yang selama ini belum memiliki keahlian dalam membuat produk kuliner yang bisa menghasilkan uang.

"Ini tantangan buat kami, untuk bagaimana kita ( setelah bimtek,red) akan kita lanjutkan dalam melakukan pendampingan melalui Babinsa dan Danramil. Jadi setelah mereka selesai dan kembali ke rumah, tetap akan di monitor. Sesuai perintah saya, nanti didata mana yang punya kemauan, yang semangat punya kemauan, maka kita akan bantu untuk lanjutkan ke bank, agar nantinya bisa mendapatkan kredit untuk membantu usahanya," jelas Danrem.

Ia menambahkan, program Gebyar Mama Papua Mampu ini bekerjasama dengan perbankan, Kadin juga KanwilKumham dalam hal ini untuk pengurusan pendaftaran hak cipta melalui PT. Mandiri. 

"Kita berharap mereka bisa membantu keberlanjutan dari kegiatan ini. Jadi tidak hanya bimtek kuliner, tapi misalnya dari perbankan bisa memberikan pembekalan terkait pengurusan kredit, lalu dari BI Papua memberikan wawasan literasi tentang uang digital. Sehingga bimtek ini bisa menambah wawasan dari mama Papua," kata Danrem.

Salah satu peserta mama Papua, Tabita mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Korem 172/PWY yang telah menggelar kegiatan bimtek ini.

"Ini salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga. Nanti ketika kami pulang, kami akan lanjutkan lewat kelompok  usaha di kampung. Tentunya kami berharap, terus didampingi oleh Babinsa, untuk bagaimana kami bisa memasarkan hasil produk kami nantinya dan juga ada fasilitas yangg disediakan," harap Tabita yang berasal kelompok PKK Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.**     

 

 


BACA JUGA

Peringati Hut ke-78, Persit KCK Koorcab Rem 172 Sumbang 519 Kantong Darah

Selasa, 05 Maret 2024 | 19:18 WIB

Kompetisi Liga Topskor U-15 Papua Resmi Digelar

Minggu, 19 November 2023 | 11:07 WIB

Hadiri Syukuran HUT ke-60 Korem 172/PWY, Pangdam Tekankan Antisipasi Ancaman Krisis Pangan

Selasa, 07 November 2023 | 19:06 WIB

Aksi Donor Darah Korem 172/PWY, Peringati Hut ke-60

Jumat, 03 November 2023 | 19:11 WIB

Korem 172/PWY Gelar Pelatihan Kader Warga Terlatih Untuk Generasi Muda Papua

Selasa, 24 Oktober 2023 | 14:19 WIB
TERKINI

Satu Orang Diamankan Saat Pengejaran Pelaku Penyerangan Patroli Satgas 527/BY di Paniai

19 Jam yang lalu

Pangdam Cenderawasih Dampingi Kasad Kunker ke Wilayah Merauke Papua Selatan

19 Jam yang lalu

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

1 Hari yang lalu

Memikul Tanggung Jawab Renteng Pendidikan Akhlak Generasi Emas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com