MENU TUTUP

Papua Berperan Penting Dalam Energi Baru Terbarukan

Kamis, 29 September 2022 | 08:41 WIB / roberth
Papua Berperan Penting Dalam Energi Baru Terbarukan Dewan Energi Nasional Nanang Kristanto saat memaparkan penyusunan RUED di Jayapura, Rabu (28/9) (ANTARA/ HO - Humas ESDM Provinsi Papua)

JAYAPURA,wartaplus.com - Dewan Energi Nasional (DEN) menyebutkan Papua mempunyai peran penting dalam mendukung tercapainya target penggunaan energi baru terbarukan sesuai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yaitu mencapai 23 persen pada 2025, serta 31 persen pada 2050.

Dewan Energi Nasional Nanang Kristanto di Jayapura, Papua, Rabu, mengatakan tujuan utama penyusunan Perda Rencana Umum Energi Daerah (RUED) untuk melihat seberapa besar kebutuhan energi di Papua hingga 2050, berdasarkan indikator pertumbuhan ekonomi, kependudukan dan rencana pembangunan.

“Dengan tahap penyusunan RUED ini akan dilihat seberapa besar kebutuhan energi, kemudian dapat proyeksikan, setelah itu kami siapkan di sisi suplai seberapa besar energi yang harus disiapkan,” katanya.

Menurut Nanang, Papua memiliki potensi melimpah untuk energi baru terbarukan dimana berdasarkan data yang dihimpun seperti potensi air, kemudian minihidro lalu ada juga Biomas dan beberapa energi baru terbarukan lainnya yang akan masuk dalam Perda RUED tersebut. "Sehingga target secara nasional pada 2059 Indonesia tidak lagi menggunakan pembangkit listrik tenaga batu bara," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak lupa mengakomodasi kearifan lokal karena Papua merupakan daerah otonomi khusus dimana dengan banyak kewenangan tersebut maka diperlukan keterlibatan wilayah adat, masyarakat, serta instansi terkait lainnya.*

"Kami berharap dengan penyusunan RUED yang direncanakan selesai pada awal tahun nanti dapat mengidentifikasi kebutuhan energi di Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan hingga kini sudah 27 provinsi yang telah menetapkan Perda RUED, untuk itu pihaknya berharap Papua juga bisa mempercepat penyusunan perda terkait hal tersebut.

Sebelumnya telah dilakukan Kick-Off dan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan RUED yang ikuti komisi adat, agama, perempuan, DPRD, Pemerintah Kota Jayapura, Akademisi dan Mitra Pembangunan Pemerintah di Kota Jayapura, Papua selama tiga hari dari Selasa (27/9) hingga Kamis (29/9).

 


BACA JUGA

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

Rabu, 30 November 2022 | 21:12 WIB

Antisipasi Korupsi Dana Otsus Jilid Dua, Aktivis Antikorupsi Papua Siap Jadi Mitra KPK

Rabu, 30 November 2022 | 07:36 WIB
Kunker Papua

Wapres Mengapresiasi Sinergitas Pemda, MRP dan DPR Papua Dalam Pengelolaan Otsus

Selasa, 29 November 2022 | 14:42 WIB

Jangan Lagi Ada Tindakan Makar, Mari Bangun Papua Untuk Masa Depan

Selasa, 29 November 2022 | 08:06 WIB

Ingin Papua Bersih dari Korupsi, Ini Harapan Pemuka Agama dari Keerom

Selasa, 29 November 2022 | 07:18 WIB
TERKINI

Jelang Hut OPM 1 Desember, Dandim Jayawijaya: Jangan Ada Bendera Berkibar Selain Merah Putih

9 Jam yang lalu

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

9 Jam yang lalu

Wujud Kepedulian TNI Terhadap Rakyat, Posramil Kanggime Bantu Warga Bangun Honai

9 Jam yang lalu

Sinergitas TNI Polri dan Pemkab Pegubin Wujudkan Keinginan Warga Kiwirok Kembali ke Kampung Halamannya

12 Jam yang lalu

Resmikan Kantor Klasis Gurage, Bupati Yuni Tekankan Ini ke Masyarakat

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com