MENU TUTUP

Lawan Petugas saat Demo, Sebanyak 8 Mahasiswa Simpatisan KNPB Diamankan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:08 WIB / Andi Riri
Lawan Petugas saat Demo, Sebanyak 8 Mahasiswa Simpatisan KNPB Diamankan Kapolresta Jayapura Kombes Pol Victor Mackbon saat merilis penangkapan simpatisan KNPB di Mapolresta Jayapura, Sabtu sore/dok:Humas Resta JYP

JAYAPURA, wartaplus.com - Sebanyak 8 mahasiswa yang diketahui berafiliasi dengan kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) diamankan petugas saat berunjuk rasa (demo,red) memperingati Hari HAM se-dunia yang diperingati hari ini, Sabtu, 10 Desember 2022. Aksi unjuk rasa berlangsung di enam titik di Kota Jayapura, Papua

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon dalam keterangan persnya di Mapolresta Jayapura, Sabtu sore mengatakan, aksi unjuk rasa tersebut tidak mendapatkan ijin dari Kepolisian. Meski begitu, pihaknya tetap memberikan ruang untuk menyampaikan aspirasinya.

Sayangnya, aksi tersebut diciderai oleh oknum-oknum yang berafiliasi dengan KNPB dengan melawan petugas yang melakukan pengamanan. Mereka melawan petugas, karena hendak melakukan aksi longmarch dari kampus Uncen Abepura menuju kantor DPR Papua.

"Disana (kampus Uncen bawah,red) kami mengamankan lima orang pendemo. Namun kemudian, aksi berkembang di seputaran Waena dengan pembakaran ban, pemalangan jalan dengan penggunaan kayu sehingga berdampak pada kepentingan umum, untuk itu kami ambil langkah tegas dengan kembali mengamankan tiga oknum mahasiswa dari kelompok aksi, dan kini sedang dilakukan pemeriksaan, tegas Kapolresta didampingi Kabag Ops AKP M.B.Y Hanafi dan Kasi Humas Ipda Sarah Kafiar.

Kapolresta menegaskan, selama ini pihak Kepolisian selalu membuka ruang penyampaian aspirasi. Namun bila ditunggangi oleh KNPB maka sudah diketahui ujungnya akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan karena ada tindakan provokatif didalamnya. 

"Kita akan kembangkan hal ini, dengan memanggil penanggung jawab aksi demo hari ini untuk dapat mintai penjelasan terkait peristiwa tersebut," tegasnya. 

Mantan Kapolres Jayapura ini menyayangkan kegiatan-kegiatan KNPB yang selama ini selalu melakukan pergerakan pro kemerdekaan Papua, sudah masuk ke lingkungan kampus-kampus dan mempengaruhi mahasiswa.

"Jadi delapan orang yang diamankan merupakan mahasiswa yang berafiliasi dengan KNPB," bebernya.

Mereka masing masing berinisial OP, TK, EY, YD, SP diamankan di Uncen Bawah dan tiga lainnya yakni DT, AT dan AS di Perumnas I Waena.

"Saat ini mereka masih dalam pemeriksaan intesif oleh penyidik," pungkas Kapolres Mackbon.**

 


BACA JUGA

Mahasiswa Aktif

Kecewa Dengan Kebijakan Pemerintah, Seorang Anggota KNPB Bakar Kantor Bupati Jayapura 

Senin, 11 Desember 2023 | 12:04 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Kembali Amankan Satu Terduga Pelaku Pembunuh Michele Kurisi

Sabtu, 11 November 2023 | 06:00 WIB

Titus Sewa, Militan KNPB Penyerang Pos Koramil di Maybrat Divonis 18 Tahun Penjara

Minggu, 25 Juni 2023 | 06:28 WIB

Polisi Pastikan Aksi Demo Tolak KTT G20 Disusupi KNPB

Kamis, 17 November 2022 | 14:49 WIB
TERKINI

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

3 Jam yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

3 Jam yang lalu

Memikul Tanggung Jawab Renteng Pendidikan Akhlak Generasi Emas

3 Jam yang lalu

MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia

8 Jam yang lalu

Kukuhkan Organisasi Keagamaan, Pj Bupati: Harus Berinovasi Angkat Nama Baik Puncak Jaya

8 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com