MENU TUTUP

Hari Ini, 11 Negara Ikuti Papua Barat Surfing International Competation

Selasa, 27 Desember 2022 | 06:55 WIB / Cholid
Hari Ini, 11 Negara Ikuti Papua Barat Surfing International Competation Foto Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Sebanyak 11 negara akan mengikuti surfing international di Pantai Amban, Manokwari. Bentangan pantai sekira 900 meter di Tanjung Pepaya, Kampung Petrus Kafiar, pantai Amban, Manokwari, Papua Barat itu akan menjadi tempat terakhir pelaksanaan Surfing internasional di wilayah Asia yang akan di helat 27,28 dan 29 Desember 2022.

Panitia surfing telah mencatat 25 peserta dari 11 Negara untuk mengikuti kompetisi internasional diakhir tahun 2022. Ketua Panitia, Ronald Theodor Oldet,  menyebut, 11 negara yang teregiserter itu diantaranya Australia, Swiss, Jepang, Prancis, Belanda dan beberapa peselancar lain yang sebelumnya sudah berada di Pulau Bali.

Kata dia, pihak panitia sudah berkoordinasi dengan Asian Surfing Championship (ASC) sebagai badan asosiasi yang mengcover pelaksanaan surfing di dunia, khusus wilayah Asia.

"11 negara dengan peserta sekira 25 orang, ditambah official dan Judge dari luar dan juga PSOI (Persatuan Selancar Olahraga Indonesia) yang ikut hadir untuk turut membantu pelaksanaan ini," ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan itu digelar pada tanggal 27,28, dan 29 Desember karena merupakan event terakhir Surfing Internasional di wilayah Asia yang di gelar di Manokwari, Papua Barat.

Dalam pelaksanaannya nanti, akan ada peserta lokal dengan kelas eksebisi yang disertakan di dalam kompetisi. Mereka berasal dari 6 club di Papua dan Papua Barat, yakni Manokwari Surfing Club, Abasi Surfing Club, Papua Resin Surfing, Amban Surfing Club, Yenbabo Surfing Club dan Bakaro Surfing Club.

"Untuk lokal, kita gabung untuk satu kategori yang namanya Open Man Devision untuk Devisi papan pendek laki laki. Diantara mereka ada Grommet (Peserta mudah dalam olahraga extreem dengan umur sekira 5-12 tahun)," terangnya.

Sedangkan untuk kelas internasional, kata dia, ada dua kategori yang dilaksanakan, yaitu Man Devision Shortboard (kategori papan pendek untuk laki laki) dan Women Devision Shortboard (Kategori papan pendek untuk perempuan)

"Di Tanjung Pepaya, dengan bentangan 900 meter, ada 4 spot terbaik, mulai dari spot ombak extreem, lalu ombak standar untuk beginner (pemula), kemudian ombak sedang. Ini adalah potensi yang sudah dimiliki. Event ini diharapkan menjadi kran bagi terbukanya destinasi wisata surfing yang ada di Manokwari," bebernya.

"Bayangkan, satu server rata rata memikiki pengikut melebihi 60.000. Mereka akan memosting daerah ini sebagai tempat pelaksanaan surfing dan itu akan sangat membantu memperkenalkan tempat ke negara negara di dunia,"ujarnya.*


BACA JUGA

Ratusan ASN Pemprov Papua Berunjuk Rasa Tuntut Penjabat Gubernur dan Penjabat Sekda Papua Dicopot

Selasa, 26 Maret 2024 | 00:47 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB

Calon Gubernur Papua Harus Sosok Yang Peka Terhadap Kondisi Masyarakat Baik Ekonomi Hingga Sosial

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:10 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

15 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

15 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

18 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

18 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

18 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com